TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Aplikasi yang Dapat Mendorong Self-Development, Bisa Diunduh Gratis!

Langsung coba, yuk

ilustrasi kumpulan aplikasi (unsplash.com/Yura Fresh)

Dewasa ini, perkembangan teknologi yang pesat berhasil melahirkan inovasi baru berupa ponsel pintar yang memungkinkan kita melakukan segala sesuatu dalam genggaman. Namun bagai pedang bermata dua, kehadiran benda ini perlu dimanfaatkan secara bijak.

Selain untuk kebutuhan hiburan, kamu juga dianjurkan menggunakannya untuk mendorong pengembangan diri atau self-development. Ini bisa dilakukan dengan mengunduh beberapa aplikasi yang dapat membawa dampak positif, baik di kehidupan sehari-hari maupun di masa mendatang.

Lantas, apa saja rekomendasi aplikasi self-development yang wajib kamu miliki di ponselmu? Simak daftarnya berikut ini.

1. Duolingo

Duolingo (duolingo.com)

Di era globalisasi ini, menguasai berbagai macam bahasa tak lagi menjadi nilai tambah, tapi sebuah kebutuhan. Sebab, kemampuan ini berpotensi membuka banyak peluang di masa mendatang. Dengan mahir berbahasa asing, kamu mampu berkomunikasi secara efektif dan kesempatan untuk bekerja di berbagai perusahaan multinasional bisa terbuka lebar.

Nah, Duolingo merupakan aplikasi yang tepat untuk membantumu mempersiapkan hal ini. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mempelajari 19 bahasa berbeda dengan cara yang unik dan interaktif. Karenanya proses pembelajaran akan berjalan menyenangkan sehingga lebih mudah dipahami.

Baca Juga: 5 Jenis Rasa Malas yang Wajib Diterapkan, Bagus untuk Self-Development

2. Linkedin Learning

Linkedin Learning (linkedin.com)

Tentunya setiap orang memerlukan bekal untuk terjun ke dunia profesional. Ada berbagai kemampuan yang perlu dipelajari, baik yang bersifat soft skill atau kemampuan yang berkaitan dengan kecerdasan sosial dan emosional, maupun hard skill atau pengetahuan atau kemahiran teknis.

Selain itu, dunia juga mengalami perkembangan pesat. Setiap harinya muncul banyak hal baru yang perlu kamu pelajari agar bisa terus beradaptasi. Karenanya, Linkedin Learning menjadi solusi tepat dalam hal ini. Sebab, platform ini menyediakan berbagai kelas yang dipimpin langsung oleh para ahli di bidangnya.

3. Forage

Forage (theforage.com)

Ingin mengintip dunia profesional lebih dekat? Unduh Forage untuk merasakan pengalaman bekerja virtual di perusahaan bergengsi yang memasuki daftar Fortune 500. Ini merupakan sebuah daftar tahunan yang dirilis majalah Fortune yang mengurutkan 500 perusahaan terbaik di seluruh dunia.

Mengikuti kelas-kelas yang tersedia di platform ini tentunya dapat memberikan insight mengenai jalur karier yang kamu minati. Kamu juga akan memperoleh pengetahuan terkait kemampuan yang harus dipersiapkan, tugas dan pekerjaan posisi yang diinginkan, dan lain sebagainya. 

4. Balance

Balance (balanceapp.com)

Pengembangan diri seharusnya tak hanya difokuskan pada peningkatan kemampuan dan pengetahuan. Ini juga harus meliputi adaptasi kebiasaan yang berdampak positif pada sisi psikologis dan mendukung kematangan emosional. Tanpa disadari, hal ini dapat meningkatkan kualitas diri dan membantu kita mencapai tujuan.

Manajemen stres, mengendalikan mood, serta tidur cukup adalah tiga contoh kebiasaan yang bisa diterapkan. Dalam hal ini, Balance dapat membantumu konsisten dalam menjalankan ketiganya. Sebab, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk melakukan meditasi serta melacak mood dan waktu istirahatmu setiap hari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Online Terbaik dan Legal

Verified Writer

Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya