TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fungsi Desain Web Mobile First agar Penjualan eCommerce Melejit!

Jangkauan audiens bisa lebih luas

Ilustrasi tampilan situs web (pexels.com/Monoar Rahman)

Intinya Sih...

  • Desain mobile-first memperhatikan pengalaman pengguna (UX) dengan responsif, navigasi lancar, dan antarmuka intuitif.
  • Situs yang dioptimalkan untuk perangkat seluler meningkatkan aksesibilitas dan jangkauan merek, serta mendapatkan peluang lebih besar dalam SEO.
  • Fitur khusus seluler seperti bilah pencarian, notifikasi push, dan personalisasi produk juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas merek.

Akibat dari dunia e-commerce yang terus berkembang, kemudahan akses dari perangkat seluler menjadi kunci kesuksesan. Banyak pembeli online kini lebih memilih menggunakan smartphone dibandingkan komputer untuk berbelanja.

Namun, apa sebenarnya yang membuat desain mobile-first begitu penting dalam meningkatkan penjualan e-commerce? Mari bahas lebih lanjut lewat ulasan tujuh peran desain mobile-first pada peningkatan penjualan e-commerce 

1. Mengoptimalkan pengalaman pengguna (UX)

Ilustrasi pengguna situs (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Desain mobile-first sangat memperhatikan pengalaman pengguna (UX). Dengan mengutamakan desain yang responsif dan mudah digunakan, pengguna akan merasa lebih nyaman saat berbelanja melalui ponsel mereka. Navigasi yang lancar, antarmuka yang intuitif, dan kinerja yang cepat adalah beberapa faktor utama yang meningkatkan UX. Ketika pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan, mereka lebih cenderung untuk melakukan pembelian.

UX yang baik juga mengurangi tingkat pengabaian keranjang belanja. Pelanggan yang frustrasi dengan situs yang lambat dan rumit cenderung meninggalkan proses pembelian. Jika desain telah dioptimalkan untuk perangkat seluler, kamu bisa memastikan setiap langkah dari penjelajahan hingga checkout berjalan lebih mulus.

Baca Juga: 7 Alasan Strategi SEO Kamu Gagal pada 2024

2. Tingkatkan keterlibatan audiens dan jangkauan luas

Ilustrasi jangkauan yang luas (pexels.com/Pixabay)

Situs yang dioptimalkan untuk perangkat seluler tidak hanya meningkatkan UX, tetapi juga meningkatkan aksesibilitas. Berbekal elemen seperti teks alternatif untuk gambar, skema warna kontras tinggi, dan tipografi yang mudah dibaca, lebih banyak orang dapat mengakses dan menggunakan situs kamu. Ini termasuk orang dengan disabilitas yang mungkin kesulitan menggunakan situs web biasa.

Setelah meningkatkan aksesibilitas, kamu juga memperluas jangkauan merek kamu. Lebih banyak orang yang dapat mengakses situs kamu berarti potensi peningkatan jumlah pelanggan dan penjualan. Ini juga membantu memperbaiki reputasi merek kamu sebagai bisnis yang inklusif dan peduli terhadap semua pelanggannya.

3. Mengoptimalkan SEO seluler

Orang menggunakan perangkat mobile (pexels.com/Plann)

Pengindeksan mobile-first oleh mesin pencari berarti situs yang dioptimalkan untuk seluler memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian. SEO yang baik meningkatkan visibilitas situs kamu dan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Dengan konten yang relevan dan UX yang hebat, situs kamu bisa naik ke posisi teratas di halaman hasil mesin pencari. Lebih banyak visibilitas berarti lebih banyak pengunjung dan potensi penjualan. Lewat strategi SEO yang tepat, termasuk riset kata kunci seluler dan metadata yang dioptimalkan, kamu bisa memastikan situs kamu menarik lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan konversi.

4. Menggunakan fitur khusus seluler

Ilustrasi melihat konten marketing (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Fitur khusus seluler seperti bilah pencarian yang ramah seluler, tombol call-to-action (CTA) yang mudah diakses, notifikasi push, dan dompet seluler membuat pengalaman berbelanja lebih nyaman. Fitur-fitur ini dirancang untuk memudahkan navigasi dan proses pembelian di layar yang lebih kecil. Sebagai contoh, bilah pencarian yang intuitif memudahkan pengguna menemukan produk yang mereka cari. Notifikasi push bisa mengingatkan pelanggan tentang penawaran atau produk baru untuk mendorong pelanggan kembali ke situs kamu dan berbelanja lagi.

5. Pelanggan semakin puas

Ilustrasi berinteraksi dengan audiens (pexels.com/Jack Sparrow )

Kepuasan pelanggan adalah kunci untuk membangun loyalitas dan meningkatkan penjualan. Dengan desain mobile-first, kamu bisa memastikan pelanggan merasa puas dengan pengalaman berbelanja mereka. Situs yang mudah digunakan dan diakses dari ponsel membuat pelanggan lebih cenderung kembali untuk berbelanja lagi. Pelanggan yang puas juga cenderung merekomendasikan situs kamu kepada teman dan keluarga. Langkah ini bisa meningkatkan jumlah pelanggan baru yang datang ke situs kamu sekaligus meningkatkan penjualan dan memperkuat merek kamu.

6. Mendorong personalisasi

Ilustrasi personalisasi (pexels.com/SHVETS production)

Desain mobile-first memungkinkan tingkat personalisasi yang lebih tinggi. Dengan data yang dikumpulkan dari perangkat seluler, kamu bisa memberikan rekomendasi produk yang lebih relevan dan penawaran yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Personalisasi ini meningkatkan peluang pelanggan untuk menemukan produk yang mereka suka dan melakukan pembelian. Personalisasi juga meningkatkan keterlibatan pelanggan. Ketika pelanggan merasa situs kamu memahami kebutuhan dan preferensi mereka, mereka akan lebih tertarik untuk menjelajah dan berbelanja lebih banyak.

Verified Writer

Muhammad Alfi

Life is a choice

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya