TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Ubah File PDF Daftar CPNS ke Versi 1.6 Tanpa Aplikasi

Calon peserta seleksi CPNS 2024 wajib simak

Ilustrasi pendaftaran. (Pexels.com/[Cytonn Photography])

Intinya Sih...

  • Pendaftaran Tes Seleksi CPNS 2024 sudah dibuka sejak 20 Agustus 2024, dengan persyaratan dokumen PDF versi 1.6 atau di atasnya.
  • Untuk mengonversi file PDF ke versi 1.6, dapat menggunakan situs konversi seperti DocuPub.com dan PDF2Go.com, serta fitur PDF reader Microsoft Edge.
  • Proses konversi file PDF ke versi 1.6 bisa dilakukan dengan mudah melalui langkah-langkah yang disediakan oleh masing-masing situs dan aplikasi.

Mulai 20 Agustus 2024 lalu pendaftaran untuk Tes Seleksi CPNS 2024 telah dibuka. Para pelamar sudah bisa registrasi ke laman SSCASN BKN. Selain registrasi, calon peserta seleksi juga harus mengunggah dokumen dalam format PDF.

Salah satu ketentuan untuk dokumen tersebut adalah format PDF harus versi 1.6 atau di atasnya. Salah satu alasan menggunakan versi PDF minimal 1.6 adalah karena optimalisasi kompabilitas dan kompresi. Ini membuat file-nya lebih ringan tetapi masih jelas untuk diverifikasi, terutama untuk file yang menggunakan E-Materai.

Bingung file PDF kamu versi berapa? Amannya, kamu konversi saja file kamu ke PDF versi 1.6 dan seterusnya. Caranya mudah, kok! Ada yang gak perlu pakai aplikasi, lho! Yuk, simak tutorialnya berikut!

1. Menggunakan website DocuPub

Tampilan laman konversi DocuPub.com. (docupub.com)

Cara ampuh untuk mengonversi file PDF ke versi 1.6 adalah dengan menggunakan website konversi dokumen. Dari sekian banyak situs konversi online, website DocuPub.com adalah salah satu yang memberikan opsi untuk konversi PDF. Ini cocok buat kamu yang masih ragu mengonversi file PDF secara manual.

Caranya juga gak ribet. Yuk, simak tutorial konversi PDF di DocuPub di bawah ini!

  • Buka web docupub.com.
  • Pilih menu Document Converter, lalu akan muncul beberapa konfigurasi yang perlu kamu atur.
  • Atur sebagai berikut: Output format: PDF, Compatibility: Acrobat 9.0 (PDF 1.6), Auto-Rotate Pages: Page by Page, Resolution: 300.
  • Lalu, pada menu Select the File to convert, klik Choose File, lalu pilih file PDF kamu.
  • Klik Upload & Convert dan tunggu beberapa saat.
  • Setelah notifikasi dokumen berhasil dikonversi, klik pada judul file dan unduh file kamu yang sudah berubah menjadi PDF 1.6.

Baca Juga: Cara Cek Versi PDF 1.6 untuk Pendaftaran CPNS, Wajib Simak!

2. Menggunakan website PDF2Go

Laman konversi PDF di PDF2Go. (pdf2go.com)

Website terpercaya lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengonversi file PDF kamu ke versi 1.6 adalah PDF2Go.com. Ini adalah web konversi yang harusnya sudah gak asing lagi buat pelajar. Keunggulan layanan konversi online adalah navigasi situsnya yang simpel dan mudah dimengerti. Waktu konversinya juga terbilang cepat.

Bagaimana cara konversi PDF versi lama ke versi 1.6 dengan PDF2Go? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut!

  • Buka web pdf2go.com. Kamu akan diberikan banyak opsi konversi.
  • Klik pada Convert From PDF Online. Ia akan langsung membawamu ke laman konversi.
  • Klik pada Choose File, pilih file PDF dari direktori komputer kamu.
  • Sebelum kamu klik tombol start di bawahnya, kamu gulir dulu halamannya untuk melihat pilihan pengaturan
  • Pilih pengaturan sebagai berikut: Convert PDF file(s) to: pilih PDF, pilih Convert with OCR, Apply Filter: pilih No Filter, lalu di Optional Settings pada menu Version of the PDF: pilih PDF 1.6.
  • Double check, jika sudah sesuai klik tombol Start.
  • Kamu akan dibawa ke halaman pengunduhan. Klik pada download dan simpan file PDF 1.6 kamu ke direktori yang sudah kamu tentukan.

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya