TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cek Apa Kamu Sudah Terjaring Piloting PPG atau Belum

Bisa kamu lihat di laman gtk.kemendikbudristek

PPG Kemendikbud (ppg.kemdikbud.go.id)

Intinya Sih...

  • PPG adalah program pelatihan untuk tenaga pendidik guna mencetak guru yang profesional dan berhadiah tunjangan sertifikasi.
  • Kemendikbudristek telah memulai tahapan Piloting PPG dan mengundang 61.853 guru yang memenuhi persyaratan administrasi.
  • Pemanggilan untuk Piloting Tahap 3 sudah mulai dilaksanakan, cara melihat apakah kamu termasuk sasaran Piloting PPG Tahap 3 atau tidak dapat dilihat di web gtk.belajar.kemdikbud.go.id.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pelatihan untuk tenaga pendidik guna mencetak guru yang profesional. Menyelesaikan PPG juga berhadiah tunjangan sertifikasi untuk tenaga pendidik terkait. Pada 2024 ini, PPG untuk guru dalam jabatan kembali digelar setelah absen pada 2023.

Berganti istilah dari PPG Daljab menjadi PPG Bagi Guru Tertentu, Kemendikbudristek sudah memulai tahapan Piloting PPG dan mengundang 61.853 guru yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi. Sudah berjalan dua tahap, apakah kamu pingin tahu apakah kamu termasuk guru yang masuk kriteria untuk Piloting PPG Tahap 3? Yuk, simak caranya berikut ini!

1. Semua informasi tentang profesi keguruan bisa kamu lihat di akun GTK

Info akun GTK (gtk.belajar.kemdikbud.go.id)

Kabar tentang Piloting PPG Tahap 3 memang memicu antusiasme para guru yang belum mendapat kesempatan sertifikasi atas pengabdian mereka. Karena administrasi pendidikan telah beralih ke platform digital, maka penting sekali untuk merawat dan mengelola akun Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Segala informasi tentang profesi keguruan bisa kamu lihat di akun GTK.

Untuk Piloting PPG ini, mekanismenya adalah undangan melalui akun Sistem Informasi Manajemen Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). Tentunya, akun SIMPKB kamu harus disinkronasi terlebih dahulu dengan web vervalptk dan Dapodik. Untuk tenaga pendidik yang belum mengetahui akun GTK miliknya, ada baiknya meminta informasi kepada operator sekolah. Pasalnya, operator hanya bertugas dalam peremajaan data dan tidak berkewajiban untuk mengecek undangan pribadi dari masing-masing tenaga pendidik.

Baca Juga: Piloting PPG Tahap 3: Link, Jadwal dan Panduan Lengkap

2. Cara lihat apakah kamu termasuk sasaran Piloting 3 atau bukan

tampilan info GTK (gtk.belajar.kemdikbud.go.id)

Pemanggilan untuk Piloting Tahap 3 sudah mulai dilaksanakan. Apakah kamu jadi salah satu yang akan terpanggil? Untuk mengetahuinya, kamu harus mengakses akun SIMPKB kamu. Berikut ini merupakan cara melihat apakah kamu termasuk sasaran Piloting PPG Tahap 3 atau tidak:

  • Bukan Portal Layanan Program GTK Kemendikbud pada web gtk.belajar.kemdikbud.go.id.
  • Klik pada Pencarian Data GTK
  • Isi kolom pencarian dengan data kamu, mulai dari Nama GTK / No. Peserta UKG / NUPTK / NIK, sampai wilayah instansi dai status akun SIMPKB. 
  • Klik cari GTK 
  • Gulir ke bawah, maka data kamu akan ditampilkan di bawah.
  • Lihat pada bagian "Status"
  • jika ada keterangan bertuliskan Sasaran PPG Daljab 2023 Tahap 3 dengan centang berwarna biru, maka kamu adalah peserta Piloting PPG Tahap 3.

Jika akun kamu sudah memiliki keterangan tersebut, langkah selanjutnya adalah cek akun kamu. Langsung saja cek pada laman web ppg.simpkb.id. Login menggunakan email Belajar.id atau akun SIMPKB. Cek secara berkala sampai ada notifikasi pemanggilan.

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya