TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Qualcomm Dilaporkan Tengah Mempersiapkan Snapdragon X Plus

Punya strategi yang sama seperti Apple

ilustrasi prosesor Qualcomm Snapdragon (pixabay.com/Monoar_CGI_Artist)

Intinya Sih...

  • Qualcomm akan meluncurkan prosesor Snapdragon X Plus series untuk laptop Windows ARM.
  • Chip ini memiliki efisiensi daya yang baik, dengan CPU 10 inti dan unit pemrosesan AI serta GPU yang lebih hemat biaya.
  • Strategi Qualcomm mirip dengan Apple, menawarkan harga terjangkau untuk memperluas pasar laptop Windows ARM.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa Qualcomm akan meluncurkan prosesor Snapdragon X Plus series. Chip ini berpotensi menyasar segmen laptop Windows kelas menengah yang ditenagai arsitektur ARM.

Sifat chip yang didukung ARM diketahui memberikan efisiensi daya yang jauh lebih baik namun tetap menghasilkan banyak daya.

Lini ini mungkin akan debut di Computex pada Juni 2024, bersama rekannya yang berperforma tinggi, Snapdragon X Elite, mengutip situs Gizchina.

Sebelumnya sudah rilis Snapdragon X Elite

Pada acara Snapdragon Summit 2023 yang digelar tahun lalu, Qualcomm sudah memperkenalkan Snapdragon X Elite. Inovasi baru dari Qualcomm ini memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk menghadirkan kinerja CPU yang maksimal. Snapdragon X Elite juga diklaim sebagai salah satu prosesor paling efisien dengan daya tahan lebih lama.

Kehadiran AI yang tengah ramai di kalangan masyarakat dan industri telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan PC. Ini menjadi alasan Snapdragon X Elite dirancang untuk mendukung pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan buatan dan daya besar di masa depan.

Harapannya, kehadiran prosesor ini bisa menghadirkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman hiburan yang lebih baik di mana saja.

"Pengalaman on-device AI yang canggih akan memungkinkan multitasking yang lancar dan tanpa hambatan, serta pengalaman pengguna baru yang intuitif," ujar Kedar Kondap , Senior Vice President dan General Manager of Compute & Gaming, Qualcomm Technologies, Inc., dalam keterangan tertulis. 

Perangkat PC yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite ditargetkan untuk meluncur pada pertengahan tahun 2024. Kamu bisa melihat spesifikasi dan informasi lengkap tentang Snapdragon X Elite di halaman website mereka.

Baca Juga: Perbandingan Snapdragon 8S Gen 3 vs Snapdragon 7+ Gen 3

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya