TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pertanyaan 'Konyol' Soal Foto Ini Paling Menyebalkan bagi Fotografer

Jangan ditanya terus dong, coba pelajari sendiri ya

pexels.com/@photocollections

Fotografi yang tadinya sebuah aktivitas yang hanya dilakukan oleh kalangan tertentu, tak disangka sekarang mulai digeluti oleh banyak orang dari kalangan usia. Era digital membuat perubahan besar pada dunia fotografi, dimana membuat alat seperti kamera semakin canggih dan mudah digunakan.

Apalagi dengan adanya fasilitas kamera pada handphone yang mempunyai kualitas gambar yang semakin bagus, membuat banyak orang menjadi fotografer dadakan. Namun, kemudahan itu justru membuat banyak fotografer profesional sebal dengan pertanyaan seputar fotografi dari orang yang belum paham apa itu fotografi. Apa aja sih pertanyaanya?

1. Kamera dslr yang murah dan cocok untuk pemula apa ya?

pexels.com/@thepaintedsquare

Sebagai orang awam yang belum tahu banyak tentang fotografi, sah-sah saja bertanya perihal kamera apa yang ingin dibeli. Namun, ada saja orang-orang yang membuat jengkel para fotografer dengan pertanyaan di atas.

Pada dasarnya semua kamera yang dijual di pasaran adalah bagus. Jika tidak bagus, tidak mungkin dijual kan? Dan soal murah atau mahal, tinggal disesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan untuk apa membeli sebuah kamera. Karena setiap kamera difasilitasi fitur dan kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, Semua kamera cocok untuk pemula kok.

2. Kamera yang bisa bikin foto bagus itu kamera merek apa ya?

pexels.com/@samerdaboul

Sebagai seorang fotografer yang sudah paham fotografi, pasti kamu akan jengkel dengan pertanyaan di atas. Foto bagus itu juga relatif, setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam menilai sebuah foto.

Secara teknis, kamera memang mempunyai peran dalam membuat sebuah karya foto. Akan tetapi bagus tidaknya sebuah foto tergantung pada kreativitas sang fotografer itu sendiri. Seperti kata Anton Ismael selaku pendiri kelas pagi “Foto yang bagus adalah foto yang sudah sesuai seperti yang kita mau”.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Fotografi di Alam Terbuka untuk Fotografer Pemula

3. Kalau motret model bagusnya pake lensa fix atau zoom?

pexels.com/@hanif-1033187

Pakai lensa fix atau zoom? Semua tergantung selera masing-masing dan sesuai kebutuhan. Lensa zoom biasanya lebih bagus digunakan untuk foto portrait atau close up setengah badan. Lensa fix, lebih bagus digunakan untuk full body. Karena jika membuat foto portrait menggunakan lensa fix, wajah sang model akan terkena distorsi lensa dan mengubah bentuk wajah model jadi lonjong ataupun lebar.

4. Settingan kamera, bagusnya auto atau manual ya?

pexels.com/@ihasdslr

Kalau kamu sudah paham mode manual dan auto pada kamera, kamu akan dianggap menyebalkan jika masih menanyakan ini pada fotografer. Soal settingan kamera mana yang bagus buat motret, semua tergantung apa yang ingin di foto.

Jika hanya sekedar memotret moment,settingan auto sudah cukup. Jika menggunakan mode manual, kamu harus mengatur iso, apperture, dan shutter speed terlebih dahulu. Yang ada malah kehilangan moment yang mungkin tidak akan terulang lagi bukan.

Baca Juga: 10 Tips Ambil Foto dengan Kamera Smartphone, Hasilnya Bak Fotografer 

Writer

Manarul hidayah

Saya hanya seorang fotografer hewan amatir dan juga penulis recehan yang sedang berusaha berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya