TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Link dan Cara Membeli e-Meterai untuk Daftar CPNS 2024

Pelamar wajib tahu

Ilustraasi e-meterai (e-meterai.co.id)

Pada pendaftaran CPNS 2024, e-Meterai menjadi salah satu syarat wajib pada kelengkapan dokumennya. Nantinya, beberapa dokumen penting seperti halnya surat pernyataan serta surat lamaran yang hendak diunggah ke website pendaftaran memerlukan e-Meterai.

Berhubung bersifat elektronik, e-Meterai hanya bisa dibeli secara daring. Untuk mendapatkannya pun tidak bisa asal, lantaran sudah diatur di PP Nomor 86 Tahun 2021. Lantas, bagaimana cara membeli e-meterai untuk daftar CPNS? Biar tidak bingung apalagi keliru, ketahui dulu aturan dan step by step penggunaannya di sini. 

Link dan Cara membeli e-meterai untuk daftar CPNS 2024

ilustrasi e-meterai (IDN Times/Aditya Pratama)

Kementerian Keuangan merilis e-Meterai sebagai bentuk pengesahan dokumen digital yang terutang bea meterai. Oleh karena itu, beberapa dokumen pendaftaran CPNS 2024 diwajibkan untuk dilengkapi e-Meterai. 

Penggunaan meterai digital ini terhitung sah, selama pembelian dilakukan sebagaimana ketentuan yang ditetapkan. Nilai meterainya pun sama dengan versi fisik, yakni Rp10 ribu. Adapun cara membeli e-meterai untuk daftar CPNS 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser di gawaimu
  2. Kunjungi situs e-meterai.co.id Pastikan alamat yang kamu tuju benar 
  3. Login menggunakan alamat email dan password
  4. Bagi yang belum punya, bisa register atau daftar terlebih dahulu dengan klik ‘Daftar di sini’. Kamu akan diminta mengunggah foto KTP dan melakukan verifikasi
  5. Setelah berhasil masuk, akan muncul dua menu ‘Pembelian dan Pembubuhan’
  6. Jika hendak membeli, maka pilih ‘Pembelian’
  7. Masukkan jumlah meterai yang ingin dibeli, misalnya satu. Nantinya, setiap keping meterai hanya bisa dibubuhkan sekali
  8. Selanjutnya, klik ‘Bayar’, lalu kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran
  9. Di halaman baru, tertera jumlah e-meterai yang hendak dibeli, merchant pembelian, serta biaya yang harus dibayar. Kamu juga bisa memilih metode pembayaran. Ada via transfer bank (BNI, Mandiri, Permata) dan QRIS 
  10. Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih
  11. Jika sudah berhasil, akan muncul notifikasi di browser yang menampilkan situs e-meterai. 

Setelah pembelian berhasil, kamu juga bisa mengeceknya melalui menu ‘riwayat pembelian’. Opsi ini terdapat di menu titik tiga pojok kanan atas halaman beranda e-meterai.co.id milikmu. 

Baca Juga: Cara Membeli e-Meterai Untuk CPNS Lewat Website Peruri

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya