TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa TikTok Tidak Bisa Dibuka? Ini 6 Cara Mengatasinya

Wajib tahu, barangkali kamu mengalaminya juga

ilustrasi aplikasi TikTok (pexels.com/Solen Feyissa)

Berencana mengisi waktu luang dengan scroll TikTok, eh, pas dibuka malah tidak bisa?Ketika cek media sosial lain tidak ada pemberitahuan kalau server TikTok eror. Terus kenapa, ya? 

Well, ada beberapa hal yang mungkin menjadi alasan kuat kenapa TikTok tidak bisa dibuka. Berikut penjelasannya lengkap dengan cara mengatasi TikTok tidak bisa dibuka tersebut.

Kenapa TikTok tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya

Dunia digital memang canggih. Namun, tidak menutup kemungkinan terkadang mengalami eror yang membuat berbagai aplikasi, termasuk TikTok, akhirnya ngadat. Penyebab eror tersebut beragam, bisa karena server atau yang paling sering adalah galat jaringan. Berikut beberapa penyebab TikTok tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. 

1. Gangguan server TikTok

ilustrasi aplikasi TikTok (unsplash.com/May Gauthier)

Begitu TikTok tidak bisa dibuka, coba cek media sosial lain dulu. Apakah bisa? Selanjutnya, cari tahu apakah ada obrolan trending yang membahas keluhan server TikTok eror dari pengguna lain. Jika yang kesulitan membuka TikTok bukan hanya kamu, bisa jadi memang ada gangguan server.

Lalu, bagaimana solusinya? Sayang sekali, jika eror tersebut disebabkan oleh gangguan server, maka kita harus menunggu. Biasanya pemulihannya tidak akan lama, kok. Jadi, kamu bisa menunggu dengan melakukan aktivitas lain dulu, ya.

2. Gangguan jaringan

Penyebab kenapa TikTok tidak bisa dibuka yang paling sering terjadi adalah gangguan jaringan. Kalau hal tersebut benar alasannya, pengguna dengan provider internet lain mungkin tidak akan mengalami gangguan. 

Jika sudah begini, cek kembali jaringan internetmu. Apabila masalahnya ada di WiFi, gunakan jaringan telepon terlebih dahulu. Begitu juga sebaliknya. Selain itu, cek apakah ponselmu dalam mode pesawat atau tidak, ya.

3. Aplikasi kedaluwarsa

ilustrasi aplikasi TikTok (pexels.com/Solen Feyissa)

Coba cek versi aplikasi yang kamu gunakan. Bisa jadi alasan kenapa TikTok tidak bisa dibuka adalah aplikasi sudah kedaluwarsa. Biasanya, pihak pengembang secara rutin memperbarui versi aplikasi untuk menghindari bug atau masalah lainnya.

Nah, kalau aplikasi TikTok-mu belum pernah diperbarui, coba di-update dulu. Kamu bisa buka toko aplikasi > cari TikTok > klik tombol 'Perbarui Aplikasi'. Tunggu hingga proses unduhan pembaruan selesai. Lalu, coba buka TikTok kembali.

Baca Juga: 2 Cara Menghapus Video di TikTok yang Sudah Diunggah dan Draft

4. Sistem operasi ponsel belum diperbarui

Selain aplikasinya, sistem operasi ponsel pun harus rutin diperbarui, lho. Kalau sistem operasimu masih versi lawas, bisa saja tidak support dengan aplikasi versi terbaru. Alhasil, malah muncul eror dan TikTok pun tidak bisa dibuka.

Cara memperbarui sistem operasi bisa beragam tergantung ponsel yang kamu gunakan. Namun, sebagian besar langkahnya meliputi buka 'Pengaturan' > Tentang Ponsel > Sistem Operasi > Perbarui Sistem Operasi.

5. Penumpukan cache

ilustrasi TikTok (pexels.com/Cottonbro Studio)

Setiap kali berjalan, aplikasi akan menghasilkan berbagai file. Fail-fail tersebut ada yang bersifat sementara dan ketika tidak lagi digunakan akan menumpuk menjadi sampah alias cache. Jika cache terlalu banyak, maka bisa mempersulit kinerja aplikasi.

Nah, untuk mengatasinya, bisa hapus cache dari aplikasi TikTok terlebih dahulu. Caranya, buka 'Pengaturan' > buka Apps > klik TikTok > pilih 'Clear Cache'. Coba buka kembali aplikasi TikTok.

6. Aplikasi tidak diberi akses

FYI, setiap aplikasi yang kita pasang perlu mendapat permission alias izin akses dari kita. Kalau izin tersebut tidak diberikan, maka aplikasi bisa saja tidak bisa terbuka. Biasanya opsi ini muncul setelah pemasangan aplikasi. Meski demikian, kamu bisa memberikannya lagi bahkan lama setelah aplikasi diinstal, kok.

Caranya, buka 'Pengaturan' > cari 'Aplikasi' > buka 'TikTok' > berikan akses yang dibutuhkan. Biasanya, izin akses meliputi kamera, kontak, mikrofon, foto, dan penyimpanan. 

Di atas adalah beberapa alasan kenapa TikTok tidak bisa dibuka. Jika sudah dicoba, tetapi tidak ada perubahan, coba instal aplikasi TikTok versi Lite agar tetap bisa menggunakan TikTok, ya.

Baca Juga: Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok alias Batal Repost

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya