TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Fungsi Google Drive Offline dan Cara Menggunakannya

Bantu pekerjaanmu, lho

ilustrasi Google Drive (freepik.com/Ijeab)

Selama ini kamu menggunakan Google Drive untuk apa? Sebagian besar dari kita pasti tahunya aplikasi ini untuk penyimpanan secara daring. Padahal, fungi Google Drive bisa lebih dari itu, lho.

Ada fungsi Google Drive offline yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Ya, karena offline, layanannya memungkinkan untuk diakses tanpa harus terhubung ke jaringan interenet. Nah, bisa buat apa saja, sih?

Fungsi Google Drive offline

Pengguna Android pasti akrab dengan Google Drive yang biasanya secara default terinstal pada ponsel. Sejatinya, Google Drive merupakan layanan yang disediakan oleh Google agar bisa menyimpan banyak fail menggunakan sistem cloud.

Selain akses online, faktanya Google Drive bisa dimanfaatkan secara offline juga, lho. Fasilitas ini memungkinkanmu melakukan pekerjaan bahkan saat tidak terhubung ke jaringan internet dan tetap akan tersimpan.

1. Membuka fail tanpa koneksi internet

aplikasi Google Drive (IDN Times/Eka Amira)

Benar, kamu perlu internet untuk bisa mengunggah fail dari Google Drive. Meski demikian, fail yang sudah berada di dalam Google Drive tetap bisa diunduh tanpa harus terhubung ke jaringan internet, lho.

Untuk mengunduh fail yang sudah ada di Google Drive secara offline pun sama ketika terhubung ke internet. Cukup buka failnya, klik unduh, lalu cek di penyimpanan unduhan pada ponsel atau perangkatmu lainnya.

2. Mengedit dokumen secara offline

Tidak hanya membuka dan mengunduh, fail yang sudah terunggah di Google Drive juga bisa diedit secara offline. Fail yang bisa diedit tersebut bisa dalam bentuk Google Docs, Sheet, Slides, dan layanan lain yang terintegrasi dengan Google One. 

Nantinya, perubahan yang kamu lakukan selama perangkat offline akan disimpan lokal. Ketika sudah ada internet lagi, Google Drive otomatis melakukan sinkronisasi untuk menyimpan pembaruan secara daring.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Google Drive Limit, Gak Harus Langganan

3. Sinkronisasi otomatis

Google Drive (IDN Times/Eka Amira)

Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, salah satu fungsi Google Drive offline adalah sinkronisasi otomatis. Nantinya, perubahan pada tiap fail yang tersimpan di Google Drive secara langsung tersimpan di penyimpanan awan ketika perangkat terhubung ke internet.

Untuk penggunannya, kamu tidak perlu melakukan pengaturan apa pun. Cukup aktifkan cara menggunakan Google Drive offline di bagian akhir pembahasan ini, ya.

4. Meningkatkan produktifitas

Dengan fungsi Google Drive offline yang dijelaskan sebelumnya, secara keseluruhan ini akan meningkatkan produktivitas. Kamu bisa dengan mudah mengakses dokumen dan melakukan perubahan tanpa khawatir fail tidak tersimpan bahkan ketika tak terhubung jaringan internet. 

Google Drive juga bisa digunakan ketika harus tetap produktif meski jaringan internet tidak mendukung. Kalau tiba-tiba inspirasi datang, tinggal ketik-ketik pada fail yang sudah tersimpan di Drive saja, deh.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya