TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Update PeduliLindungi ke SatuSehat, Ada Fitur Tambahan

Gak perlu uninstall, cukup update PeduliLindungi saja

ilustrasi aplikasi SatuSehat (apps.apple.com)

Berangsur pulih pasca pandemi Covid-19, pemerintah pun mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat. Tak sekadar untuk login lokasi, perangkat lunak ini disebut bisa mempermudah pencatatan rekam medis dan akses layanan kesehatan. 

Kamu gak perlu uninstall aplikasi lawas, cara update PeduliLindungi ke SatuSehat bisa dilakukan secara otomatis. Begini langkah-langkahnya, plus fitur baru yang disematkan.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Minta Pengguna Migrasi ke Satu Sehat Mobile 

Cara update PeduliLindungi ke SatuSehat

Per 1 Maret 2023, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan meluncurkan versi upgrade dari PeduliLindungi yang bernama SatuSehat. Aplikasi ini mulai bisa diakses melalui perangkat berbasis iOS, lalu menyusul pada smartphone Android. 

Untuk mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat pun gak rumit, kok. Tinggal update aplikasi, lalu relogin menggunakan akun PeduliLindungi-mu. Begini langkah-langkahnya:

  1. Kalau sudah instal aplikasi PeduliLindungi, cukup buka toko aplikasi resmi di ponselmu. Bisa PlayStore ataupun AppStore
  2. Selanjutnya, cara 'PeduliLindungi' atau versi terbarunya yakni 'SatuSehat'
  3. Klik 'Perbarui' untuk mulai meng-update perangkat lunak. Sebelumnya, pastikan jaringan internetnya bagus
  4. Tunggu hingga proses update selesai
  5. Setelah berhasil, kamu bisa langsung membuka aplikasi atau kembali ke halaman beranda ponsel. Kamu akan mendapati aplikasi PeduliLindungi telah berubah ikon dan nama menjadi SatuSehat. 

Setelah menerapkan cara update PeduliLindungi ke SatuSehat, kamu sudah bisa langsung menggunakannya. Untuk memakainya, cukup relogin menggunakan identitas yang terdaftar pada PeduliLindungi agar bisa mengakses layanan di SatuSehat. 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya