TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Mengubah PDF ke Versi 1.6 untuk Daftar CPNS 2024

Agar dokumen terbaca sistem

ilustrasi PDF (freepik.com/pvproductions)

Sejumlah dokumen diperlukan untuk mendaftar CPNS 2024. Dalam proses mengunggahnya, peserta diminta untuk mengompres fail PDF dengan ukuran tertentu. Bukan hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan versi PDF-nya. Disarankan untuk mengunggah dokumen dengan format PDF setidaknya versi 1.6, ya. 

Lantas, bagaimana jika dokumen yang digunakan tidak sesuai dengan versi yang diminta? Kamu bisa lakukan cara mengubah PDF ke versi 1.6 dengan langkah berikut. Penting dilakukan agar dokumenmu terbaca oleh sistem.

Cara mengubah PDF ke versi 1.6

ilustrasi PDF (freepik.com/freepik)

Serba digital, semua syarat pendaftaran CPNS 2024 kini diminta berformat PDF dan diunggah ke situs SSCASN. Namun, proses unggahannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Selain ukuran, BKN mengimbau pendaftar untuk mengunggah dokumen dengan versi PDF minimal 1.6.

Mengikuti imbauan tersebut, sangat disarankan untuk memastikan format PDF dokumen sudah sesuai. Kalau belum kamu bisa menggunakan cara mengubah PDF ke versi 1.6 atau lebih dengan langkah berikut:

  1. Buka dokumen PDF menggunakan PDF reader yang ada di perangkatmu. Kamu bisa memanfaatkan fitur Microsoft Edge, Google Chrome, atau Adobe Reader
  2. Pilih opsi 'Print' untuk mencetak dokumenmu. Tenang, langkah ini tidak harus pakai mesin pencetak, kok
  3. Pada menu pencetak, pilih 'Save as PDF'
  4. Klik 'Save' 
  5. Ubah nama jika perlu dan pilih folder penyimpanan
  6. Klik 'Save' untuk menyimpan.

Setelahnya, kamu bisa cek kembali apakah dokumenmu sudah versi 1.6 ke atas. Caranya, bisa cek di bagian selanjutnya, ya. 

Nah, sebenarnya kenapa harus PDF 1.6? PDF versi ini mendukung enkripsi yang lebih kuat. Dengan demikian, perlindungan akan informasi di dalamnya pun konon lebih baik. Selain itu, PDF versi 1.6 kompatibel dengan lebih banyak perangkat sehingga dokumen bisa dibuka tanpa masalah. 

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan versi lebih baru, ya. Syarat yang diimbau oleh BKN adalah versi PDF 1.6 atau ke atas. 

Baca Juga: Cara Membubuhkan e-Meterai CPNS 2024 dari Platform Resmi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya