TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Mengubah PDF Jadi Mind Map dengan AI agar Mudah Dipahami

Pejuang skripsi mari merapat!

ilustrasi mind map (unsplash.com/rivage)

Saat menyusun karya ilmiah seperti skripsi atau tesis, mahasiswa biasanya diharuskan membaca banyak sumber referensi. Jika dulu harus pakai buku, sekarang referensi umumnya sudah digital atau berbentuk PDF. Memang lebih mudah ditemukan, tetapi tetap jadi PR besar karena harus membaca banyak dokumen sekaligus. 

Nah, kini kamu bisa melakukannya secara mudah dengan mengubah PDF menjadi peta konsep. Cara mengubah PDF jadi mind map dengan AI ini sangat sederhana. Kamu bisa ekstrak poin-poin pentingnya agar jadi makin cepat dan mudah dipelajari.

Cara mengubah PDF jadi mind map dengan AI

ilustrasi mindmap (pixabay.com/BiljaST)

Sebuah artificial intelligence disematkan pada situs bernama map-this.com. Sesuai namanya, situs ini mampu mengubah dokumen PDF menjadi peta konsep alias mind map yang lebih sederhana. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mempelajarinya. 

Sebelum mengaksesnya, persiapkan dokumennya terlebih dahulu, ya. Disarankan mengunggah fail PDF yang tidak lebih dari 50 halaman untuk menampilkan hasil terbaik. Jika kamu ingin membuat peta konsep dari chapter pada sebuah buku, usahakan memotong halaman PDF pada bagian yang dikehendaki saja. 

Jika sudah siap, tinggal ikuti langkah-langkah berikut untuk mengekstrak PDF menjadi mind map:

  1. Buka peramban dan kunjungi situs map-this.com
  2. Login terlebih dahulu. Jika belum punya akun bisa registrasi terlebih dahulu, ya
  3. Setelah berhasil masuk, klik 'New'
  4. Pilih kategori dokumen, ada 'Upload' karenakamu hendak mengunggah PDF
  5. Pillih dokumen PDF dari komputermu
  6. Tunggu hingga proses loading selesai
  7. Klik 'Map This' untuk mulai membuat peta konsep
  8. Kamu bisa menambahkan instruksi khusus apabila perlu. Klik 'Continue without instructions' kalau ingin mengabaikannya
  9. Tunggu proses pembuatan mind map. Jangan refresh halamannya, ya 
  10. Setelah loading selesai, AI akan menampilkan mind map lengkap sesuai dokumen PDF yang diunggah di layar.

Kamu bisa melanjutkan cara mengubah PDF jadi mind map dengan menerjemahkannya ke bahasa yang lain, menambahkan halaman baru, atau membagikannya. Jika kamu pengguna premium, bisa juga melakukan editing secara langsung pada hasil mind map dari AI tersebut.  

Selain, membuat mind map dari PDF, situs ini juga punya fitur From Text apabila kamu ingin membuat kerangka pikir dari keterangan tulisan. Ada pula fitur AI Magic yang memungkinkanmu memasukkan beberapa kata kunci, lalu secara otomatis tools AI akan membuat mind map-nya

Baca Juga: 2 Cara Membuat Presentasi dengan AI, Bisa Atur Desain Lho!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya