TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard, Pakai Shortcut Ini

Lebih praktis dan mudah

ilustrasi laptop (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Untuk mematikan laptop bisa dengan mengakses menu shut down. Akan tetapi, opsi tersebut bukan satu-satu cara, lho. Ada cara mematikan laptop dengan keyboard yang tidak mengharuskanmu menggeser maupun mengeklik-klik mouse.

Terlihat canggih dan super cepat, opsi ini menggunakan berbagai shortcut yang bisa memerintah laptop agar mati dengan sendirinya. Bisa jadi solusi juga ketika mouse atau trackpad rusak, nih.

Cara mematikan laptop dengan keyboard

Keyboard pada laptop punya fungsi lebih dari sekadar untuk mengetik. Yup, dengan kombinasi tombol yang ada, kamu bisa mengakses shortcut untuk melakukan banyak perintah pada laptop, termasuk mematikannya. Cukup gunakan shortcut berikut dan sesuai dengan jenis perangkatmu, ya.

1. Alt + F4

ilustrasi laptop (unsplash.com/Crew)

Cara mematikan laptop dengan keyboard pertama dan paling sederhana dengan menekan tombol Alt+F4 secara bersamaan. Pada beberapa perangkat Windows, kombinasi tombol tersebut merupakan shortcut Windows untuk memanggil menu shut down.

Setelah menekan tombol Alt+F4 secara bersamaan, kamu bisa langsung memilih 'Shut Down' pada jendela 'Shut Down Windows'. Akan tetapi, beberapa perangkat memiliki fungsi lain dari tombol F4. Kamu perlu menyesuaikannya dengan laptopmu, ya.

2. Alt + Ctrl + Del

Shortcut berikutnya yang bisa kamu andalkan untuk mematikan laptop dengan cepat adalah Alt+Ctrl+Del. Kombinasi tombol pada keyboard tersebut akan mengarahkanmu ke halaman menu laptop yang menyajikan beberapa fitur.

Salah satunya ada ikon shut down di bagian pojok kanan bawah. Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu menggunakan tombol up atau down dan tekan enter pada ikon shut down. Selanjutnya, enter lagi pada menu shut down

3. Win + X

Ilustrasi keyboard (unsplash.com/rishi)

Kombinasi tombol Windows dan X yang ditekan bersamaan akan mengarahkanmu ke menu taskbar. Di dalamnya, terdapat beberapa tombol untuk perintah cepat yang bisa mengatur laptopmu. Termasuk opsi sign out atau shut down.

Setelah kamu menekan tombol Windows+X akan muncul menu di bagian kiri bawah. Selanjutnya, tekan tombol huruf 'U' untuk memilih menu shut down. Pada submenu yang muncul, tekan tombol huruf 'U' sekali lagi dan laptop akan otomatis mati.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca di Laptop

4. Akses melalui boks dialog 'Run'

Sama seperti cara mematikan laptop dengan keyboard sebelumnya, opsi keempat ini masih untuk laptop Windows. Caranya dengan melakukan perintah melalui 'Run' dialogue box, yakni boks yang memungkinkanmu memberikan perintah untuk dikerjakan laptop secara otomatis.

Caranya, tekan tombol Windows+R untuk membuka dialog boks. Selanjutnya ketik "shutdown -s" tanpa tanda petik. Laptop akan memunculkan konfirmasi bahwa laptop akan dimatikan.

5. Akses melalui Command Prompt

ilustrasi mengetik di Word (pexels.com/Vlada Karpovich)

Opsi cara mematikan laptop dengan keyboard berikutnya memanfaatkan fitur command prompt yang ada pada laptop Windows. Caranya mirip dengan langkah sebelumnya, tetapi lebih detail. Begini tutorialnya:

  1. Ketuk Windows+R pada keyboard 
  2. Setelah jendela 'Run' terbuka, ketikkan 'cmd' dan klik 'Enter'
  3. Jendela command prompt akan terbuka, ketikkan shutdown/s
  4. Tekan tombol 'Enter' dan laptop akan otomatis mati.

6. Command + Option + Control + Power

Cara mematikan laptop dengan keyboard ini berlaku untuk perangkat Mac dari Apple. Caranya dengan menekan tombol Command + Option + Control + Power secara bersamaan. Opsi ini akan mematikan laptop seperti kamu mengakses fitur shut down manual.

Shortcut ini tidak seperti ketika hanya menekan tombol power, ya. Langkah tersebut hanya menidurkan atau masuk pada mode Sleep. Selain itu, shortcut di atas juga otomatis menutup semua aplikasi.

Cara mematikan laptop dengan keyboard cukup mudah dilakukan, asalkan hapal shortcut-nya. Makin terlihat tech geek banget, tuh.

Baca Juga: 4 Cara Membersihkan Cache di Laptop, Windows hingga MacOS

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya