TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cek Plagiarisme Skripsi di Turnitin, Lengkap dengan Cara Bacanya

Ada panduan cara baca hasilnya juga, lho

ilustrasi mengetik (pexels.com/Vlada Karpovich)

Plagiarisme atau mengambil pendapat orang lain tanpa mencantumkan sumbernya hukumnya haram ketika membuat skripsi. Tindakan ini bisa dicegah dengan melakukan rewrite dan jangan lupa mencantumkan daftar pustaka. Selain itu, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu sebelum dipublikasi.

Cara cek plagiarisme skripsi ada banyak, salah satunya menggunakan Turnitin. Situs ini bekerja dengan membandingkan keseluruhan susunan skripsimu dengan data base konten yang besar. Ketika terdeteksi ada kalimat yang menjurus sama, maka dinyatakan sebagai plagiarisme.

Hasil pembandingan lalu disuguhkan dalam bentuk persentase. Plusnya, aplikasi ini bisa memberikanmu sumber yang dinilai ditiru. Begini cara menggunakannya dan cara membaca hasilnya.

Bagaimana cara cek plagiarisme skripsi di Turnitin?

tampilan turnitin (dok. turnitin.com)

Seperti disebutkan sebelumnya, Turnitin bekerja dengan membandingkan keseluruhan isi skripsi dengan karya tulis yang sudah ada. Termasuk pula yang berkaitan dengan konten di internet, publikasi akademik, hingga makalah. Nah, pengecekan melalui situs ini kerap jadi salah satu syarat sebelum sidang, lho.

Bagaimana cara cek plagiarisme skripsi di Turnitin? Sebelum memulai, pastikan kamu telah memiliki aksesnya. Pada beberapa instansi pendidikan, fitur ini disediakan oleh kampus. Jadi, coba tanyakan pada dosen atau petugas akademik di universitasmu, ya.

Berikut adalah langkah-langkah cek plagiarisme di Turnitin:

  1. Buka browser dan kunjungi situs turnitin.com
  2. Setelah terbuka, login menggunakan akun Turnitin yang kamu miliki
  3. Masuk ke halaman beranda
  4. Mulai unggah dokumen dengan klik menu 'Submit' di bagian kanan
  5. Setelah proses unggahan selesai, kamu akan diarahkan ke kotak dialog berisi identitas dokumen. Isi keseluruhan informasi yang dibutuhkan
  6. Klik 'Choose from this computer document' untuk mengunggah naskah skripsi yang ingin dicek plagiarismenya. Kamu juga dapat menghubungkan ke Google Drive atau DropBox
  7. Klik menu 'Up' dan tunggu proses unggah berhasil
  8. Setelah selesai, klik menu 'Confirm' berwarna biru dan menu 'Return to Assignment List'
  9. Tunggu Turnitin cek plagiarisme dokumenmu.

Jika hasilnya sudah selesai, kamu bisa masuk ke menu 'View'. Hasil pengecekan plagiarisme pun sudah jadi dan disajikan dalam bentuk persentase.

Baca Juga: 7 Situs Pengecekan Plagiarisme Terbaik, Berkarya Gak dengan Menjiplak

Ada filter apa saja di Turnitin?

Turnitin memiliki sejumlah filter yang dapat kamu sesuaikan untuk menyaring plagiarisme. Hal ini digunakan untuk menghindari bagian-bagian yang memang template agar tidak terindikasi duplikat. Contohnya, pada kutipan naskah yang tidak mungkin di-rewrite.

Saat menerapkan cara cek plagiarisme skripsi di Turnitin, kamu perlu tahu dulu jenis filternya. Ada 3 macam pengaturan penyaringan, yakni:

  • Filter exclude bibliography untuk mengecualikan daftar pustaka ikut terindeks
  • Filter exclude quote yang berfungsi mengecualikan kutipan yang tidak bisa diparafrase. Misalnya, ayat suci dan sebagainya
  • Filter exclude matches ini mengecualikan beberapa opsi. Pertama, matches word yang bisa menghindari beberapa susunan kata sebagai plagiarisme. Misalnya, susunan kata yang sama kurang dari 10 kata, maka tidak terdeteksi plagiarisme. Ada juga matches source yang mengecualikan plagiarisme jika ditulis sumber sama kurang dari jumlah tertentu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya