TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cek Plagiarisme di Turnitin dan Tips Menurunkan Skornya

Pastikan skornya rendahnya

ilustrasi mengerjakan skripsi (pexels.com/Anna Shvets)

Plagiarisme jadi salah satu hal yang harus dihindari saat membuat karya tulis, termasuk skripsi. Oleh karena itu, banyak instansi pendidikan yang mensyaratkan uji plagiarisme menggunakan alat bantu tertentu, seperti Turnitin. 

Adanya tools seperti Turnitin diharapkan membuat karya tulis bebas plagiat. Bagaimana cara cek plagiarisme di Turnitin? Begini tutorialnya untukmu. 

Bagaimana cara cek plagiarisme di Turnitin?

ilustrasi Turnitin (dok. Turnitin)

Turnitin bekerja dengan membandingkan keseluruhan isi skripsi dengan karya tulis yang sudah ada. Termasuk pula karya yang berkaitan dengan konten pada internet, publikasi akademik, hingga makalah. 

Bagaimana cara cek plagiarisme di Turnitin? Sebelum memulai, pastikan kamu sudah punya aksesnya. Di beberapa instansi pendidikan, fasilitas ini disediakan oleh kampus. Jadi, coba tanyakan kepada dosen atau petugas akademik di universitasmu, ya.

Berikut adalah langkah-langkah cek plagiarisme di Turnitin yang bisa diikuti:

  1. Buka browser dan kunjungi situs turnitin.com
  2. Setelah terbuka, login menggunakan akun Turnitin yang kamu miliki
  3. Masuk ke halaman beranda
  4. Unggah dokumen dengan klik menu 'Submit' di bagian kanan
  5. Setelah proses unggahan selesai, kamu akan diarahkan ke kotak dialog berisi identitas dokumen. Isi keseluruhan informasi yang dibutuhkan
  6. Klik 'Choose from this computer document' untuk mengunggah naskah skripsi yang ingin dicek plagiarismenya. Kamu juga dapat menghubungkan ke Google Drive atau DropBox
  7. Klik menu 'Up' dan tunggu proses unggah berhasil
  8. Setelah selesai, klik menu 'Confirm' berwarna biru dan menu 'Return to Assignment List'
  9. Tunggu Turnitin mengecek plagiarisi pada dokumenmu.

Jika hasilnya sudah selesai, kamu bisa masuk ke menu 'View'. Hasil pengecekan plagiarisme pun sudah jadi dan disajikan dalam bentuk persentase.

Bagaimana cara baca hasil cek plagiarisme Turnitin?

ilustrasi plagiarisme Turnitin (commons.wikimedia.org)

Hasil pengecekan plagiarisme Turnitin disajikan dalam bentuk persentase. Turnitin akan memberikan referensi lengkap terkait sumber-sumber rujukan yang disinyalir ditiru oleh penulis.

Pada bagian originally report, kamu akan menemukan angka persentase dengan warna merah di bagian kiri atas. Itu merupakan skor plagiarisme secara keseluruhan. Sementara itu, di bagian kanannya secara berderet menampilkan sumber-sumber yang diplagiasi.

Di bawahnya, ada bagian Primary Sources. Part ini menampilkan dokumen spesifik, hasil penelitian, skripsi, publikasi, jurnal, atau sumber mana saja yang ditiru penulis. Kamu bsia mengeklik keterangan warna-warni untuk mengarahkan ke sumber terkait.

Setelah mengikuti cara cek plagiarisme di Turnitin dan tahu bagaimana membacanya, bandingkan lagi dengan syarat yang diharuskan kampus, ya. Apabila hasil cek Turnitin-mu memiliki persentase plagiarisme lebih tinggi, segera rewrite bagian-bagian yang terdeteksi copy paste.

Baca Juga: 7 AI untuk Parafrase, biar Skripsi Gak Kena Plagiarisme

Tips menurunkan skor Turnitin

ilustrasi hasil cek plagiarisme Turnitin (commons.wikimedia.org/Rubinpsyc)

Mengerjakan karya tulis secara mandiri, tapi hasil pengecekan Turnitin skornya masih tinggi? Itu berarti kamu perlu mengecek kembali kalimat atau paragraf yang di-highlight oleh Turnitin. 

Setelah memastikan tulisan bukan hasil copy paste karya orang lain, kamu bisa melakukan tips berikut sebagai cara menurunkan skor Turnitin.

  • Baca kembali tulisan dan parafrase tanpa mengubah maknanya
  • Menuliskan teks kutipan dan referensi sesuai dengan ketentuan gaya tulisan resmi, misal APA Style
  • Pilih kutipan dari sumber terpercaya. Sumber yang kurang kredibel bisa menjadi alasan terdeteksinya plagiarisme
  • Ubah susunan kalimat dari aktif ke pasif. 

Filter di Turnitin

Turnitin memiliki sejumlah filter yang dapat digunakan untuk menyaring hasil plagiasi. Hal ini digunakan untuk menghindari bagian-bagian template agar tidak terindikasi duplikat. Contohnya, pada kutipan atau pernyataan tokoh yang tidak mungkin di-rewrite.

Nah, saat menerapkan cara cek plagiarisme di Turnitin, kamu perlu tahu dulu jenis filternya. Ada tiga macam pengaturan penyaringan, yakni:

  • Filter exclude bibliography untuk mengecualikan daftar pustaka ikut terindeks
  • Filter exclude quote yang berfungsi mengecualikan kutipan yang tidak bisa diparafrase. Misalnya, ayat suci atau undang-undang
  • Filter exclude matches ini mengecualikan beberapa opsi berikut:
    • Matches word yang bisa menghindari beberapa susunan kata sebagai plagiarisme. Misalnya, susunan kata yang sama kurang dari 10 kata, tidak terdeteksi plagiarisme
    • Matches source yang mengecualikan plagiasi jika ditulis sumber sama kurang dari jumlah tertentu.

Cara cek plagiarisme di Turnitin ini tidak  hanya bisa diterapkan pada karya tulis ilmiah, lho. Kamu pun bisa memanfaatkan fitur di atas untuk berbagai kebutuhan tulisan lainnya, misalnya artikel.

Baca Juga: Cara Review Jurnal Pakai AI, Coba Gunakan untuk Tugasmu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya