TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cek Kode Pos dan Maknanya yang Mewakili Tiap Wilayah

Ternyata, gak cuma kombinasi angka biasa

ilustrasi kode pos pada paket (pexels.com/Liza Summer)

Saat menulis alamat, biasanya diikuti dengan kombinasi lima angka atau disebut kode pos. Angka-angka tersebut melambangkan detail lokasi sebuah wilayah. Termasuk provinsi, kabupaten, hingga tingkat kecamatan. Kode pos ini penting dicantumkan ketika mengirim paket atau belanja daring. 

Dalam penggunaannya, kamu gak perlu mengartikan angka tersebut satu per satu. Sebab, telah tersedia cara cek kode pos dan maknanya yang bisa diakses melalui internet. Informasi seputar kode pos ini penting untuk diketahui, Guys!

Cara cek kode pos

Kode pos merupakan kombinasi karakter, bisa angka atau huruf, yang ditambahkan pada alamat pengiriman. Awalnya, kode pos digunakan untuk mempermudah pemilahan surat. Kala itu, di Amerika, kode pos disebut sebagai ZIP atau Zone Improvement Plan. 

Jerman merupakan negara pertama yang menerapkan penggunaan kode pos pada 1941. Kemudian, menyusul pula Inggris dan Amerika. Hingga saat ini, hanya beberapa negara yang gak menerapkan kode pos, di antaranya Panama, Hong Kong, Irlandia, dan Vietnam.  

Di Indonesia, kode pos berupa kombinasi lima angka. Angka-angka tersebut mewakili provinsi, kabupaten, dan kecamatan tertentu. Cara cek kode pos bisa kamu lakukan dengan beberapa tahap. 

Baca Juga: 9 Cara Cek Link Scam atau Bukan agar Terhindar dari Penipuan

1. Lewat situs pencarian kode pos

ilustrasi situs pencarian kode pos (IDN Times/Laili Zain)

PT Pos Indonesia telah menyediakan daftar kode pos untuk masing-masing wilayah se-Indonesia. Sayangnya, situs resminya gak lagi tersedia atau bisa diakses. 

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan situs gak resmi dari pihak ketiga. Salah satunya https://carikodepos.com/. Cara menggunakannya pun ringkas.

  1. Kunjungi situs Cari Kode Pos
  2. Di boks pencarian, masukkan nama tempat, desa, atau kota
  3. Klik 'Cari'
  4. Cek hasilnya di bawah boks pencarian. 

Situs ini terhitung lengkap. Kalau yang diketikkan kabupaten, maka akan muncul juga seluruh kecamatan yang termasuk dalam kabupaten tersebut. Selain itu, kamu dapat akan menemukan hasil pencarian mengandung kata yang sama. 

Misalnya, mengetikkan 'Sleman'. Maka, hasil yang keluar ada Kecamatan Slemanan, Kecamatan Sleman, hingga Kabupaten Sleman. 

2. Melalui Google

ilustrasi paket (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Ingat, kita punya 'si mbah pencarian' yang canggih. Google bisa menunjukkan kode pos lokasi yang kamu cari. Bukan hanya itu, peta lokasinya pun bisa termuat dengan lengkap. Caranya seperti ini:

  1. Buka mesin pencarian Google 
  2. Masukkan kata kunci kota, kabupaten, kecamatan, atau desa. Misalnya, 'kode pos Ngaglik, Sleman)
  3. Lihat hasil pencarian oleh Google. 

Selanjutnya, Google akan menampilkan informasi singkat terkait wilayah yang kamu cari. Biasanya juga memuat cakupan area kecamatan atau lebih detail lagi.

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket yang Benar dan Sesuai Ketentuan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya