TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cek Daftar Calon Kepala Daerah Pilkada 2024, Resmi dari KPU

Bisa cek visi misi paslon

ilustrasi surat suara Pilkada (commons.wikimedia.org)

Pelaksanaan pemilihan kepala daerah alias Pilkada sudah tinggal hitungan bulan. KPU pun telah mengumumkan sederet calon gubernur, bupati, hingga walikota serta wakilnya dari berbagai daerah. Kalau kamu sudah punya hak pilih, bisa mulai cari tahu siapa yang akan dicoblos nanti. 

KPU pun menyediakan cara cek daftar calon kepala daerah Pilkada 2024 yang bisa kamu akses dengan mudah. Informasi di dalamnya terhitung lengkap, dari nama calon pasangan kepala daerah, visi, misi, partai politik pengusung, hingga agenda kampanye. 

Cara cek daftar calon kepala daerah Pilkada 2024 di situs KPU

tampilan situs informasi Pilkada 2024 (dok. KPU)

Komisi Pemilihan Umum alias KPU menyediakan situs resmi yang memungkinkanmu lebih mengenal calon kepala daerah. Situs ini bisa diakses secara bebas, tanpa harus memasukkan identitas apa pun. Informasi di dalamnya juga di-update secara berkala oleh KPU daerah. 

Cara cek daftar calon kepala daerah Pilkada 2024 pun disesuaikan dengan wilayah serta jenis pemilihannya. Berikut langkahnya:

  1. Buka peramban di perangkatmu 
  2. Kunjungi situs informasi Pemilu dari KPU dengan menyalin dan menempelkan tautan https://infopemilu.kpu.go.id/
  3. Pada halaman beranda, pilih opsi 'Tahapan Pemilihan'
  4. Klik 'Bakal Pasangan Calon'. Kamu akan diarahkan ke halaman informasi lanjutan
  5. Pada bagian 'Jenis Pemilihan' pilih tingkatan calon kepala daerah yang ingin dicari. Bisa calon gubernur, walikota, atau bupati
  6. Pada bagian 'Nama Wilayah' pilih daerah yang ingin dicek. Kamu bisa mengetikkan beberapa kata dari nama daerah, lalu pilih opsinya pada menu dropdown yang muncul
  7. Klik 'Filter' dan gulir ke bawah untuk hasilnya.

Nama calon kepala daerah yang sudah ditetapkan akan muncul di bagian bawah. Kamu bisa membaca lebih dalam untuk mengetahui informasi lengkap seputar pasangan calon alias paslon. Pada laman ini tersedia juga visi misi dan program yang direncanakan.

Kamu bisa klik tombol 'Profil' di bawah foto calon atau calon wakil untuk mengetahui biodata lengkap. Termasuk nama lengkap, alamat, riwayat organisasi, pendidikan, hingga penghargaannya. 

Baca Juga: Cara Cek NIK Terdaftar Parpol, Jadi Tahu Jika Disalahgunakan

Cara mengetahui jadwal kampanye paslon Pilkada 2024

Ketua KPU Kota Cimahi, Anzhar Ishal Menandatangani Deklarasi Damai Pilkada 2024. (Rizki/IDN Times)

Selain menyediakan cara cek daftar calon kepala daerah Pilkada 2024, situs KPU juga bisa digunakan untuk memantau rangkaian kampanye. Idealnya, kamu bisa memantau jadwal, lokasi, tempat, kegiatan, hingga jumlah peserta kegiatan. 

Tak hanya itu, situs KPU ini juga menampilkan laporan APK atau Alat Peraga Kampanye yang meliputi tanggal pemasangan, jenisnya, hingga titik lokasi pemasangan. Cara mengecek kegiatan kampanye pasangan calon kepala daerah pun tidak jauh berbeda dari tutorial sebelumnya. Begini langkahnya:

  1. Buka peramban di perangkatmu 
  2. Kunjungi situs informasi Pemilu dari KPU dengan menyalin dan menempelkan tautan https://infopemilu.kpu.go.id/
  3. Pilih opsi 'Tahapan Pemilihan' di halaman beranda
  4. Klik 'Bakal Pasangan Calon', kamu akan diarahkan ke halaman informasi lanjutan
  5. Pilih tingkatan calon kepala daerah yang ingin dicari. Bisa calon gubernur, walikota, atau bupati di bagian 'Jenis Pemilihan'
  6. Pada bagian 'Nama Wilayah' pilih daerah yang ingin dicek. Agar lebih mudah, cari dengan mengetikkan nama daerahmu, ya
  7. Klik 'Filter' dan gulir ke bawah untuk hasilnya
  8. Lihat pasangan calon yang ingin kamu ketahui aktivitas kampanyenya
  9. Klik tombol 'Kampanye' yang tersedia.

Akan ada dua tabel yang terdiri dari jadwal kegiatan kampanye dan kelengkapan alat peraga kampanye. Untuk saat ini informasinya memang masih belum dipublikasi. Namun, KPU pun menyematkan disclaimer bahwa informasi akan disesuaikan dengan data masing-masing aplikasi.

Cara cek daftar calon kepala daerah Pilkada 2024 ini sangat penting diketahui oleh calon pemilih. Jadi, pastikan kamu mengenali kepala daerah yang akan kamu coblos, ya. Jangan asal pilih untuk perkembangan daerahmu agar lebih baik!

Baca Juga: 2 Cara Mengganti KTP yang Rusak Secara Online dan Offline

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya