TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tools Gratis untuk Mengatur Jadwal Post di Media Sosial

Buat jadwal posting medsosmu jadi lebih teratur!

Ilustrasi penggunaan tools untuk penjadwalan media sosial (freepik.com/freepik)

Apakah kamu sudah memanfaatkan efektivitas tools penjadwalan media sosial untuk bisnismu? Pada tahun 2022, hampir 4 miliar orang aktif di platform media sosial, menciptakan pasar yang sangat luas dan penuh peluang. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan media sosial untuk menemukan produk dan terhubung dengan brand, bagaimana cara kamu memaksimalkan kesempatan ini untuk bisnismu?

Tools penjadwalan media sosial membuat perencanaan dan publikasi konten jadi lebih mudah, sehingga visibilitas dan keterlibatan audiens bisnismu bisa maksimal! Kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk posting di setiap saluran, membuat berbagai jenis konten untuk audiens yang berbeda dan mengikuti tren terbaru di media sosial. Dengan begini, kamu bisa berinteraksi secara rutin dengan pengikutmu.

Untuk memudahkan kamu dalam mengatur jadwal posting di media sosial, kami telah merangkum lima tools penjadwalan terbaik yang pastinya gratis! Melansir dari laman Growth Collective, berikut lima tools keren yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan manajemen media sosialmu.

1. SocialBee

Tampilan antarmuka tools SocialBee (dok. socialbee.com)

SocialBee menjadi salah satu tools penjadwalan media sosial favorit bagi pemilik bisnis. Dengan kemudahan dan kepraktisannya, kamu dapat menjadwalkan dan membagikan postingan media sosial tanpa repot. Cukup atur postingan di kalender konten dan buat postingan dari awal dengan bantuan integrasi Canva yang sangat praktis.

Keunggulan dari tools ini adalah kemampuan untuk memantau interaksi pada postingan kamu, termasuk jumlah likes, shares dan komentar, serta frekuensi tampilan postingan tersebut. Melalui  informasi ini, kamu bisa merencanakan waktu posting yang optimal berdasarkan jenis konten, sehingga postingan menjadi lebih efektif dan mencapai audiens dengan lebih baik. Selain itu, tools ini juga membantu tim kamu bekerja lebih efisien dan terkoordinasi dengan baik.

2. Sprout Social

Tampilan antarmuka tools Sprout Social (dok. sproutsocial.com)

Sprout Social bukan hanya tools untuk menjadwalkan media sosial, tetapi juga solusi lengkap untuk memahami audiens dan menyampaikan pesan yang efektif. Keunggulannya terletak pada fitur pendengaran yang kuat untuk melacak percakapan tentang dirimu dan brand-mu. Kamu bisa menjadwalkan konten di berbagai platform, memanfaatkan optimasi posting, membuat laporan kustom dan menganalisis performa postinganmu dengan mudah.

Fitur utamanya meliputi penjadwalan, penerbitan, pembuatan draf dan pengaturan antrean untuk semua saluran. Tools ini juga dilengkapi dengan fitur yang memudahkan tim bekerja sama dalam mengelola ulasan pelanggan, serta kotak masuk media sosial all in one untuk menangani pertanyaan pelanggan. Selain itu, fitur lainnya mencakup pemantauan profil, kata kunci dan lokasi, serta promosi berbayar untuk meningkatkan ROI kampanye premium.

Baca Juga: 15 Tools WhatsApp Marketing untuk Bantu Tingkatkan Bisnismu

3. Planable

Tampilan antarmuka tools Planable (dok. planable.io)

Planable adalah tools terbaik untuk mengelola konten dan penjadwalan media sosial, dirancang khusus untuk memudahkan kolaborasi tim. Keunggulan Planable tidak hanya membantu mengelola konten, tetapi juga memudahkan penjadwalan posting. Dengan berbagai pilihan tampilan dan fitur kolaborasi yang lengkap, kerja sama tim menjadi lebih efisien.

Kamu bisa menyederhanakan alur kerja dengan fitur komentar dan persetujuan yang lengkap. Tools ini memudahkan anggota tim berbagi masukan tentang kampanye media sosial, menyempurnakan jadwal konten sebelum dipublikasikan dan mendapatkan persetujuan langsung dari ketua tim. Alur kerja persetujuan otomatis memastikan semua langkah berjalan lancar tanpa hambatan.

4. Buffer

Tampilan antarmuka tools Buffer (dok. buffer.com)

Buffer adalah tools untuk menjadwalkan dan merancang postingan di berbagai jaringan media sosial populer, seperti LinkedIn dan Facebook. Interaksi dengan audiens menjadi lebih mudah berkat fitur kotak masuk bersama yang memungkinkan kamu merespons pesan dan komentar dengan cepat. Tools ini hadir dengan fitur-fitur utama yang membuat postingan di media sosial jadi lebih seru dan mudah!

Kamu bisa menyesuaikan setiap postingan untuk tiap saluran dengan tampilan kalender khusus, serta memanfaatkan tautan terintegrasi untuk berbagi konten dengan mudah. Selain itu, kamu bisa mengatur gambar mini video, judul video dan komentar pertama di Instagram untuk strategi hashtag. Tools ini juga menyediakan analitik kinerja dan wawasan demografi berbasis pembelajaran mesin untuk memberikan saran postingan cerdas.

Verified Writer

Jubaedah Haryani

I find beauty in every story of life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya