TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Aplikasi Gratis untuk Bantu Anak Usia Dini Belajar Baca

Belajar membaca jadi lebih menyenangkan

ilustrasi belajar membaca melalui aplikasi di gadget (unsplash.com/Robo Wunderkind)

Membaca adalah salah satu hobi paling penting untuk anak-anak. Selain membantu meningkatkan konsentrasi, membaca juga membuatnya berpikir kritis dan membuatnya lebih mengenal dunia. Tetapi, belajar membaca bisa menjadi tantangan tersendiri bagi si kecil, lho. 

Menurut para ahli, kebanyakan anak mulai belajar membaca pada usia 6 atau 7 tahun. Sebagai orangtua atau tenaga pendidik, kamu bisa mendukung anak untuk belajar membaca sedari dini melalui aplikasi di gadget. Aplikasi gratis untuk bantu anak usia dini belajar baca ini dirancang khusus agar anak-anak usia rentang 6–7 tahun bisa mulai membaca lancar sebelum menginjak umur 8 tahun. 

Aplikasi gratis untuk bantu anak usia dini belajar baca berikut ini dijamin membuat mereka lebih mengenal bacaan secara menyenangkan dan interaktif. Tanpa berlama-lama, mari cek satu per satu aplikasi bermanfaat tersebut dan temukan yang paling cocok untuk mendukung proses belajar membaca anak-anak.

1. Khan Academy Kids

tampilan aplikasi Khan Academy Kids (dok. Khan Academy/Khan Academy Kids)

Aplikasi Khan Academy Kids dirancang khusus untuk anak-anak usia 2 hingga 7 tahun, menawarkan serangkaian aktivitas interaktif yang seru! Dari permainan edukatif hingga pelajaran menyenangkan, anak-anak bisa belajar membaca, matematika dan bahkan mengembangkan keterampilan sosial-emosional mereka sambil bersenang-senang. 

Tampilan aplikasi ini sangat ceria dan penuh warna, membuat setiap sesi belajar menjadi petualangan yang menyenangkan! Dengan desain yang menyesuaikan tingkat keterampilan dan kemajuan anak, aplikasi ini menawarkan pengalaman belajar yang benar-benar dipersonalisasi. Mulai dari mengenal huruf hingga belajar fonik, menghitung, serta memahami bentuk dan warna, semua disajikan dengan cara yang membuat anak-anak betah belajar berlama-lama.

Baca Juga: 4 HP vivo V40 Series yang Rilis 2024, Spek dan Harga Bervariasi

2. ABC Kids-Tracing & Phonics

tampilan aplikasi ABC Kids-Tracing & Phonics (dok. RV AppStudios/ABC Kids-Tracing & Phonics)

ABC Kids-Tracing & Phonics dirancang khusus untuk mengajarkan fonik dan alfabet kepada anak prasekolah dan balita. Aplikasi ini menawarkan permainan seru yang mengajak si kecil menelusuri bentuk huruf besar dan kecil, serta menghubungkannya dengan bunyi fonik yang sesuai.

Selain itu, aplikasi ini menyesuaikan pengalaman belajar anak dengan menggunakan pengetahuan alfabet yang sudah mereka miliki. Anak-anak dapat meningkatkan keterampilan mereka melalui latihan mencocokkan huruf yang seru. Untuk menambah keseruan, aplikasi ini memberikan stiker dan hadiah setelah anak berhasil menyelesaikan permainan yang melibatkan penelusuran huruf.

3. Starfall Learn To Read

tampilan aplikasi Starfall Learn To Read (dok. Starfall Education Foundation/Starfall Learn To Read)

Starfall Learn To Read menawarkan 15 buku mini yang menyenangkan, masing-masing dirancang khusus untuk mengajarkan satu vokal dengan fokus. Dengan pendekatan ini, anak-anak bisa dengan mudah menguasai pelafalan dan pengejaan kata. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan video dan aktivitas seru yang membuat proses belajar literasi menjadi lebih menyenangkan.

Zac the Rat, karakter kesayangan anak-anak, siap memandu mereka melalui setiap fitur yang ada di aplikasi ini. Dengan bantuan Zac, anak-anak dapat belajar bunyi dan pengejaan vokal melalui berbagai aktivitas seru, film dan lagu yang menyenangkan. Siap memulai petualangan belajar seru bersama Zac?

4. Epic-Kid’s Books & Reading

tampilan aplikasi Epic-Kid’s Books & Reading (dok. Epic! Creations Inc/Epic-Kid’s Books & Reading)

Epic adalah perpustakaan digital terbesar untuk anak-anak yang menawarkan aplikasi membaca yang tidak hanya aman dan interaktif, tetapi juga super menyenangkan! Anak-anak dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam membaca sambil memicu rasa ingin tahu dengan berbagai buku menarik. Selain buku elektronik tradisional, Epic juga menyediakan buku yang dibacakan dan buku audio yang bisa diunduh untuk dibaca secara offline.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti teman membaca, lencana dan kuis yang dirancang untuk memotivasi anak-anak. Selain itu, terdapat juga Spotlight Words dan kamus berbasis audio untuk meningkatkan kosakata dan membantu pengucapan. Dengan semua pilihan seru dari Epic, anak-anak pasti akan semakin betah membaca!

Verified Writer

Jubaedah Haryani

I find beauty in every story of life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya