TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Ekstensi Terbaik untuk Dipasang di Gmail, Makin Produktif

Cocok untuk kamu yang sering kerja lewat Gmail

Unroll.me (unroll.me)

Intinya Sih...

  • Gmail membutuhkan ekstensi untuk meningkatkan pengalaman pengguna, seperti Compose AI, ChatGPT Writer, dan Streak.
  • Dropbox for Gmail memungkinkan pengguna menyimpan dan melampirkan file langsung dari Dropbox ke email.
  • Eksistensi Zoom for Gmail membantu pengguna dalam menjadwalkan rapat virtual dan mengirim undangan rapat secara otomatis.

Gmail merupakan aplikasi surat elektronik atau email yang paling banyak digunakan. Komunikasi lewat Gmail menjadi semakin penting karena banyak alur kerja bergantung padanya. Sayangnya, bagi banyak orang, mengelola Gmail tidaklah mudah.

Untuk itu, kamu mungkin membutuhkan ekstensi untuk Gmail. Ekstensi Gmail menyediakan fitur yang membuat kotak masuk jauh lebih intuitif dan terorganisasi. Selain itu, kamu dapat mengandalkan fungsionalitas tambahan AI untuk meningkatkan produktivitas, dengan lebih banyak fitur di ujung jari.

Di sini, kita akan melihat beberapa ekstrensi untuk membantu meningkatkan pengalaman Gmail.

1. Compose AI

Compoese AI (chromewebstore.google.com)

Compose AI adalah ekstensi Gmail untuk menulis dan mengedit email dan memberikan respons saat kamu membutuhkannya. Untuk menggunakan Compose AI, kamu perlu memberi tahu AI apa yang ingin dilakukan, mulai dari membuat email dari awal hingga mengubah konten draf. 

Compose AI juga memiliki fitur pelengkapan otomatis, yang memberikan prediksi dan saran teks, sehingga memudahkan penulisan email. Juga, terdapat fitur Rephrase, yang dapat membantumu memvariasikan panjang, nada, atau pilihan kata dalam teks yang dipilih. 

2. ChatGPT Writer

ChatGPT Writer (chromewebstore.google.com)

ChatGPT Writer adalah alat yang didukung Open AI yang bekerja dengan Gmail untuk memberikan bantuan penulisan dan penyuntingan. ChatGPT Writer mampu melakukan segala hal yang sama dengan ChatGPT. Namun, ekstensi ini membawa hal-hal lebih jauh dengan mengintegrasikannya ke dalam email. Selain itu, kamu dapat membuat respons dalam berbagai bahasa dan menggunakan alat penerjemah untuk membaca teks dalam bahasa lain. 

Jika kamu sudah memiliki akun OpenAI, kamu bisa langsung menggunakan ChatGPT Writer secara gratis. Namun, jika kamu membayar biaya langganan, kamu dapat mengakses fitur pro, yang mencakup hasil yang lebih cepat, dukungan pelanggan, dan server khusus terpisah untuk hasil pencarian.

3. Streak

Streak (streak.com)

Streak mempermudah menyelesaikan berbagai hal dengan mengubah Gmail menjadi sistem customer relationship management (CRM) yang lengkap. Streak memiliki fitur-fitur seperti penjadwalan email, pelacakan, dan notifikasi real time. 

Streak juga terus memantau transaksi yang sedang kamu kerjakan, serta antrean dukungan dan layanan pelanggan. Pada dasarnya, Streak melakukan semua hal yang kamu harapkan dari CRM, tanpa ketidaknyamanan dalam menyiapkan dan menggunakan sistem eksternal.

Baca Juga: 7 Alternatif App Store untuk Download Aplikasi

4. Dropbox for Gmail

Dropbox for Gmail (gsuite.google.com)

Dengan Dropbox for Gmail, kamu dapat menelusuri dan melampirkan file yang disimpan di Dropbox langsung dari Gmail. Cukup klik ikon Dropbox dari bilah alat di jendela pesan email.

Di jendela pop-up Dropbox yang muncul, pilih file yang ingin kamu lampirkan, dan file tersebut akan secara otomatis ditambahkan ke gmail. Add-on ini juga memungkinkanmu menyimpan lampiran Gmail yang kamu terima ke Dropbox.

5. Zoom for Gmail

Zoom for Gmail (workspace.google.com)

Kamu bisa langsung menambahkan dan menggunakan ekstensi Zoom for Gmail lewat akun Gmail kamu. Dengan menggunakan ekstensi ini, kamu bisa langsung memulai dan menjadwalkan rapat virtual. Kamu juga dapat mengaktifkan hal-hal seperti kode sandi rapat dan ruang tunggu langsung di panel ini.

Zoom akan secara otomatis mengirimkan undangan rapat, beserta detail rapat, ke penerima email. Zoom juga akan menambahkan rapat ke Google Calendar.

6. Unroll.me

Unroll.me (unroll.me)

Unroll.me membantu menjaga kotak masuk tetap bersih dengan berhenti berlangganan dari email yang tidak pernah kamu buka. Setelah ekstensi terinstal, kamu dapat melihat daftar semua email dan buletin yang kamu berlangganan. Kemudian, kamu dapat langsung berhenti berlangganan dari email yang tidak lagi ingin kamu terima dari satu tempat yang mudah dijangkau.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya