TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Menjaga HP Android Agar Tetap Punya Performa Mulus

Mulai dari merawat baterai hingga menghindari game berat

ilustrasi Find My Device (unsplash.com/daniel romero)

Banyak orang yang lupa bahwa HP pada dasarnya merupakan PC dengan ukuran kecil dan karenanya, membutuhkan perawatan yang sama seperti PC atau laptop agar bisa awet. HP juga menjadi salah satu perangkat yang rentan mengalami kerusakan sehingga menjaga kesehatan HP sangatlah penting jika ingin HP punya masa pakai yang lama, di samping performa yang tetap mulus. Berikut tips menjaga HP Android agar tetap punya performa mulus.

1. Menghindari HP dari terkena air dan debu

ilustrasi HP terkena air (unsplash.com/Khiet Tam)

Tips yang pertama adalah sebisa mungkin hindari HP kamu dari terkena air dan debu. Sebab, dampak yang ditimbulkan dari masalah tersebut tidak langsung muncul dan baru ketahuan ketika sudah terlambat. Beberapa HP memang telah memiliki rating IP untuk ketahanan terhadap air dan debu, namun itu tidak serta merta membuat HP jadi kebal. Terlalu sering terkena air dapat membuat port pengisian daya menjadi berkarat dan debu yang masuk ke speaker atau mikrofon dapat berpengaruh pada kualitas suara ketika melakukan panggilan.

2. Mengikuti pedoman kesehatan baterai

ilustrasi baterai smartphone (Unsplash/Amanz)

Sebagai salah satu komponen paling kunci di sebuah HP, baterai berperan penting dalam kelancaran performa sebuah HP. Karenanya, penting untuk mengikuti pedoman kesehatan baterai seperti menghindari menggunakan HP di ruangan atau tempat dengan suhu ekstrem dan tidak menggunakan HP ketika sedang mengisi daya. Selain itu, hindari mengisi daya secara nirkabel, jangan mengisi baterai hingga penuh (sampai 80 persenan saja) dan hindari mengisi daya semalaman.

Baca Juga: 7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

3. Tidak menginstal terlalu banyak aplikasi tidak penting

ilustrasi aplikasi di HP Android (Unsplash/Azamat E)

Jika kamu sering mendapatkan notifikasi bahwa penyimpanan HP kamu penuh, maka jangan heran jika performa keseluruhan HP kamu tidak selancar biasanya. Jika tidak penyimpanan sisa untuk aplikasi atau file baru, HP bisa menjadi lambat sangat lambat. Cara terbaik untuk mengatasi itu adalah menghapus file-file sampah dan melakukan backup ke penyimpanan cloud. Selain itu, hindari pula untuk menginstal terlalu banyak aplikasi, terutama yang kurang begitu penting dan bakal jarang digunakan.

4. Selalu memastikan aplikasi dan sistem operasi telah diperbarui

ilustrasi aplikasi di HP Android (Unsplash/Rami Al-zayat)

Memperbarui sistem operasi sangat penting karena dapat membantu HP kamu mendapatkan performa yang lebih stabil, daya tahan baterai yang lebih awet, menghilangkan bug dan mendapatkan fitur baru. Selain sistem operasi, hal serupa juga perlu kamu terapkan pada aplikasi untuk meminimalisir error dan bug yang mungkin berpengaruh pada performa HP itu sendiri. Kamu bisa memperbarui sistem operasi di pengaturan dan aplikasi secara langsung di Play Store.

5. Menghindari game-game berat

ilustrasi bermain game berat di HP Android (Unsplash/Screen Post)

Jika HP yang kamu gunakan saat ini bukan HP gaming dengan spesifikasi kelas atas, hindari memaksa HP tersebut untuk bermain game-game berat. Bermain game berat di HP kelas entry-level atau mid-range dapat menyebabkan HP menjadi overheat dan akhirnya berdampak buruk terhadap performa HP itu sendiri. Sekalipun HP kamu sudah berkelas flagship, usahakan untuk tidak bermain game-game berat untuk waktu yang lama. Jika terpaksa, gunakan aksesoris seperti fan untuk membantu suhu HP agar tetap dingin.

6. Tidak mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak diketahui

unsplash.com/Benjamin Sow

Meski Play Store menyediakan banyak aplikasi atau game yang bisa diunduh secara legal, tak jarang beberapa orang lebih memilih untuk mengunduh aplikasi atau game dari situs yang ilegal. Padahal, keputusan tersebut bukan keputusan terbaik karena dapat berdampak pada performa HP. Karena berasal dari sumber yang tidak jelas asalnya, aplikasi atau game di luar Play Store kemungkinan besar mengandung malware atau virus yang ketika diinstal, akan menjangkit HP dan membuat performa HP jadi tidak maksimal.

Baca Juga: 7 Tips Bermain Game di PC dengan Spesifikasi Rendah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya