TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tanda HP Sudah Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya

Malware bisa curi data penting di HP-mu

ilustrasi serangan malware (pexels.com/Sora Shimazaki)

Intinya Sih...

  • Malware dapat menguras kuota HP tanpa alasan jelas, periksa pengaturan konsumsi kuota untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan.
  • Iklan pop-up yang tiba-tiba muncul atau baterai cepat habis bisa menjadi tanda adanya malware di HP mu.
  • Aplikasi error, overheat, dan munculnya aplikasi aneh tanpa sebab merupakan ciri-ciri HP terjangkit malware. Instal antivirus atau lakukan reset pabrik untuk mengatasinya.

Salah satu masalah yang perlu diwaspadai ketika memiliki gadget seperti laptop, tablet dan HP adalah malware. Malware sendiri merupakan singkatan dari malicious software yang artirnya, malware dirancang untuk merusak, mengganggu atau mencuri dari perangkat yang dijangkitnya. HP menjadi salah satu perangkat yang paling rentan terkena malware namun ada tanda-tanda yang perlu kamu ketahui sekaligus bagaimana cara mengatasi malware itu sendiri. Berikut ulasannya.

1. Kuota tiba-tiba cepat habis

ilustrasi menggunakan smartphone (pexels.com/Julio Lopez)

Malware biasanya berjalan diam-diam di latar belakang, melakukan aktivitas seperti mengirim informasi pribadi ke pihak ketiga atau mengunduh file berbahaya. Aktivitas semacam itu bisa mengkonsumi banyak kuota sehingga jika tiba-tiba kuota di HP mu cepat habis padahal tidak kamu gunakan untuk streaming YouTube atau mengunduh apapun, ada baiknya untuk langsung pergi ke pengaturan dan mengecek konsumsi kuota HP mu.

2. Iklan pop-up mulai bermunculan

Malware terkadang dirancang untuk menghasilkan pemasukan dengan cara menampilkan iklan, terutama iklan pop-up. Berinteraksi dengan iklan semacam itu bisa menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti masuknya jenis virus yang lainnya. Iklan pop-up memang umum untuk muncul ketika sedang browsing, namun kamu perlu waspada jika iklan semacam itu tiba-tiba muncul apalagi ketika kamu tidak sedang membuka browser sama sekali.

3. Baterai HP berkurang drastis semalaman tanpa alasan yang jelas

ilustrasi mengisi daya HP ( freepik.com/Mateus Andre)

Biasanya, baterai HP hanya akan berkurang sedikit ketika dibiarkan semalaman. Akan tetapi, jika baterai HP mu tiba-tiba berkurang drastis ketika dibiarkan semalaman tanpa alasan yang jelas, maka ada kemungkinan jika itu disebabkan oleh malware. Faktor ini akan lebih kentara apabila HP mu adalah HP baru yang kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah baterai yang menyebabkan baterai cepat habis secara tiba-tiba.

Baca Juga: Apa Itu Malware? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya

4. Aplikasi sering error dan HP tiba-tiba restart

ilustrasi pria memegang smartphone (pexels.com/Michael Burrows)

Aplikasi yang error merupakan sesuatu yang wajar dan bisa terjadi karena berbagai alasan. Namun, aplikasi yang sering error secara tidak wajar padahal sudah berkali-kali diinstal, bisa jadi tanda jika HP mu terkena malware. Tidak hanya itu, malware biasanya juga memungkinkan sang pemilik malware itu untuk mengontrol HP mu dari jauh dan membuat HP restart secara tiba-tiba.

5. HP jadi mudah panas atau overheat

Selanjutnya adalah overheat, masalah yang sebenarnya umum terjadi terutama ketika HP terus digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game berat dalam waktu yang lagi. Overheat perlu dicurigai apabila sering terjadi, sekalipun ketika HP hanya digunakan untuk membuka aplikasi ringan seperti browser, galeri dan kalkulator. Apabila HP mu jadi mudah panas karena alasan yang tidak jelas, malware bisa jadi salah satu penyebabnya.

6. Muncul aplikasi aneh secara tiba-tiba

ilustrasi smartphone (unsplash.com/@pathum_danthanarayana)

Salah satu ciri khas dari HP yang terkena malware adalah munculnya aplikasi aneh yang tidak pernah diinstal secara tiba-tiba. Aplikasi semacam itu biasanya terlihat tidak berbahaya, namun pada dasarnya dirancang untuk melacak data pengguna, membombardir HP dengan iklan dan mencuri informasi sensitif. Karenanya, ada baiknya untuk langsung menghapus aplikasi yang tiba-tiba muncul di HP mu tanpa sebab.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya