TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal Pertama yang Perlu Dilakukan Setelah Beli HP Samsung Galaxy Baru

Mulai dari ganti jenis navigasi hingga pengaturan baterai

ilustrasi HP Samsung (Unsplash/Ravi Sharma)

Intinya Sih...

  • Samsung menawarkan banyak varian HP dengan One UI yang smooth dan dukungan software yang sempurna.
  • Untuk navigasi yang lebih modern, aktifkan Swipe gestures di Settings > Display > Navigation bar.
  • Good Lock di Galaxy Store memberi pengguna kebebasan kustomisasi tampilan One UI dan mengatasi shutter lag di aplikasi kamera.

Samsung menjadi salah satu brand HP terbaik saat ini dan itu bukan tanpa alasan. Selain menawarkan banyak varian HP di berbagai kelas seperti entry-level, midrange dan flagship, mereka juga mengemas HP-HP tersebut dengan One UI yang smooth dan dukungan software yang sempurna.

Jika kamu baru beralih dari iPhone atau HP Android buatan brand lain ke HP Samsung Galaxy, berikut beberapa hal pertama yang perlu kamu lakukan.

1. Mengaktifkan navigasi gestur

fitur di HP Samsung Galaxy (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Google beralih dari navigasi tiga tombol melalui Android 10 yang dirilis September 2019. Namun, Samsung masih menjadikan navigasi semacam itu sebagai navigasi default di HP Galaxy mereka hingga saat ini. Untuk navigasi yang lebih modern menggunakan gestur, kamu bisa mengaktifkannya dengan pergi ke Settings, lalu klik bagian Display. Scroll ke bawah, klik Navigation bar dan pilih Swipe gestures. Untuk mengatur sensitivitas tweak, kamu bisa langsung ke bagian More options di bawahnya dan atur pada bagian Gesture sensitivity.

2. Memuat lebih banyak konten di layar

ilustrasi fitur Screen zoom di Samsung Galaxy (dok. Samsung)

Jika dibandingkan dengan HP brand lain seperti Pixel 9 Pro milik Google misalnya, HP Samsung seperti Galaxy S24 Ultra memuat lebih sedikit konten di layar, meski punya layar yang lebih besar dengan resolusi lebih tinggi. Untungnya, kamu bisa merubah level Screen Zoom untuk membantu mengatasi masalah itu. Pertama pergi ke Settings dan klik bagian Display. Jika sudah, pilih opsi Screen zoom dan atur slider hingga mentok ke kiri. Konfigurasi tersebut akan mengurangi ukuran konten, sehingga layar bisa memuat lebih banyak konten.

3. Menggunakan Good Lock untuk kustomisasi tambahan

fitur di HP Samsung Galaxy (IDN Times/Fatkhur Rozi)

One UI menawarkan banyak opsi kustomisasi dan Good Lock menjadi salah satu cara Samsung untuk memberi penggunanya lebih banyak kebebasan dalam mengatur tampilan One UI di HP Galaxy mereka. Good Lock sendiri membutuhkan module untuk berfungsi secara penuh seperti untuk mengkustomisasi lock screen dan bar navigasi, menambah trigger baru di Modes dan Routines, atau membuka fitur multitasking baru. Good Lock tidak ada di Play Store, karena hanya tersedia secara eksklusif di Galaxy Store.

Baca Juga: Samsung Galaxy A06 Bawa Fitur Keamanan yang Andal di HP Sejutaan

4. Mengurangi shutter lag menggunakan Camera Assistant

fitur di HP Samsung Galaxy (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Salah satu masalah besar dari semua HP Galaxy yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir adalah shutter lag di aplikasi kamera. Maka dari itu, Camera Assistant menjadi salah satu module pertama yang disarankan untuk dipasang melalui aplikasi Good Lock, guna mengatasi masalah itu. Camera Assistant memang tidak akan sepenuhnya menghilangkan shutter lag, namun bisa mengurangi masalah itu secara signifikan. Kamu hanya perlu mengunduhnya di Good Lock, membukanya dan aktifkan Quick tap shutter.

5. Mengaktifkan notifikasi berdasarkan kategori

ilustrasi notifikasi di Samsung Galaxy (dok. Samsung)

Untuk alasan yang tidak diketahui, Samsung merilis HP Galaxy terbaru dengan fitur notifikasi berdasarkan kategori dalam kondisi non-aktif. Padahal, fitur tersebut bisa sangat membantu memblokir notifikasi yang tidak diinginkan sembari tetap mendapat notifikasi lain di aplikasi yang sama. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu hanya perlu pergi ke Settings, pilih Notifications dan didalamnya klik Advanced settings. Jika sudah, kamu tinggal aktifkan Manage notification categories for each app di bagian bawah.

6. Mengatur Battery Protection ke Adaptive

fitur di HP Samsung Galaxy (IDN Times/Fatkhur Rozi)

Sebagian besar HP Galaxy memiliki daya tahan baterai yang luar biasa dan jika kamu termasuk orang yang sering mengisi daya HP semalaman, mengatur Battery Protection ke Adaptive dapat membantu memperpanjang usia baterai HP. Kamu bisa mengaturnya di Settings, klik Battery dan aktifkan terlebih dahulu Battery protection sebelum memilih mode Adaptive. Dalam mode ini, HP Galaxy akan secara otomatis menghentikan pengisian daya ketika kapasitas baterai sudah mencapai 80%.

7. Mengatur Phone Link

ilustrasi Phone Link di Samsung Galaxy (dok. Samsung)

Phone Link merupakan fitur yang menjembatani HP Android dan PC berbasis Windows. Aplikasi Link to Windows menjadi aplikasi bawaan di semua HP Galaxy dan bisa digunakan jika kamu ingin menampilkan notifikasi, foto atau mirroring layar HP Galaxy-mu ke PC atau laptop. HP Galaxy kelas flagship bahkan mendapatkan beberapa fitur eksklusif seperti Instant Hotspot. Cara menggunakan Phone Link sangatlah mudah, di mana kamu hanya perlu login akun Microsoft yang juga terhubung ke PC atau laptop-mu, di aplikasi Link to Windows di HP.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa hal pertama yang harus dilakukan setelah membeli HP Samsung Galaxy baru. Semoga informasi diatas bisa membantumu merasakan pengalaman yang lebih maksimal ketika menggunakan HP Galaxy.

Baca Juga: 5 HP Samsung dengan ROM 1TB Termurah di 2024, Puas Simpan File! 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya