TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Aplikasi Bawaan di HP Samsung, Mana yang Sering Kamu Pakai?

Ada opsi aplikasi yang lebih baik dari pihak ketiga

Samsung Members (dok. Samsung)

Intinya Sih...

  • Samsung Free mengganggu pengguna dengan banyak tab dan sub-menu yang membingungkan.
  • Samsung Cloud tidak bisa mencadangkan file penting seperti foto dan video.
  • Samsung Global Goals, Samsung Members, Gaming Hub, AR Zone, dan Samsung Internet Browser jarang digunakan dan bisa dihapus.

One UI dari Samsung menawarkan UI yang bersih dan smooth namun sayangnya, dicederai oleh aplikasi bawaan tidak penting yang dapat mengganggu performa keseluruhan.

Biasanya, aplikasi bloatware di HP Samsung merupakan aplikasi yang notabene punya fungsi sama dengan aplikasi bawaan lain atau memiliki fitur yang tidak diminta oleh banyak pengguna. Untuk performa HP yang lebih maksimal, berikut beberapa aplikasi bloatware di HP Samsung  yang sebenarnya dihapus pun tak masalah!

1. Samsung Free

Samsung Free (dok. Samsung)

Samsung Free merupakan aplikasi yang menawarkan konten yang bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store atau Samsung Galaxy Store. Aplikasi ini memiliki empat tab berbeda yaitu Watch, Listen, Read dan Play untuk membuat navigasi lebih mudah, namun faktanya masing-masing membombardir pengguna dengan lebih banyak tab dan sub-menu yang membingungkan. Karenanya, aplikasi ini wajib dihapus karena pasti jarang dipakai.

2. Samsung Cloud

Samsung Cloud (dok. Samsung)

Ada alasan mengapa Samsung Cloud jarang digunakan oleh banyak pengguna. Meski menawarkan fitur backup yang aman, aplikasi penyimpanan cloud ini ternyata hanya mencadangkan kalender, kontak dan pengaturan internet. Dengan kata lain, karena tidak bisa mencadangkan file-file yang lebih penting seperti foto dan video, pengguna jadi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti OneDrive atau Google Drive.

3. Samsung Global Goals

Samsung Global Goals (dok. Samsung)

Samsung Global Goals merupakan aplikasi yang ditujukan untuk memperbaiki dunia dengan membuat pengguna berkomitmen pada tujuan keberlanjutan seperti mengakhiri kelaparan, kemiskinan, ketidaksetaraan gender dan banyak lagi. Nah pengguna bisa mendonasikan dana lewat aplikasi ini hanya dengan menggunakan wallpaper dan menonton iklan yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Cara Uninstall Aplikasi Bawaan atau Bloatware di HP Android Baru

4. Samsung Members

Samsung Members (dok. Samsung)

Samsung Members menyamar sebagai aplikasi diagnosis, di mana pengguna bisa mencari solusi untuk masalah yang terjadi di HP mereka sekaligus melakukan pengujian seperti pengujian pengisian daya atau kamera. Selain itu, aplikasi ini juga mendorong pengguna untuk bergabung dengan Samsung Community untuk akses eksklusif ke forum, artikel dan membeli berbagai merchandise buatan Samsung sendiri.

5. Gaming Hub

Gaming Hub (dok. Samsung)

Game-game terbaik di HP Samsung seharusnya hanya bisa didapatkan di Google Play Store dan Samsung Store, namun Samsung, memberi pengguna satu aplikasi lagi untuk bermain game yaitu Gaming Hub. Selain memainkan beberapa game simpel yang tinggal dimainkan saja, Gaming Hub juga menjadi ‘game booster’ untuk membantu mengurangi konsumsi baterai dan mengoptimalkan performa ketika bermain game.

6. AR Zone

AR Zone (dok. Samsung)

AR Zone memuat banyak aplikasi seperti AR Doodle, Emoji Studio, Emoji Camera, Emoji Stickers, Deco Pic yang mana semuanya jarang digunakan oleh pengguna dan harusnya jadi aplikasi opsional alih-alih bloatware. AR Zone memang bisa cukup menghibur terutama untuk pengguna yang tertarik bermain-main dengan AR, namun diluar itu, aplikasi ini merupakan aplikasi yang tidak wajib dan tidak masalah untuk dihapus.

7. Samsung Internet Browser

Samsung Internet Browser (dok. Samsung)

Yang terakhir adalah Samsung Internet Browser yang sesuai namanya, adalah aplikasi browser milik Samsung. Aplikasi ini disarankan untuk dihapus karena setiap HP Samsung juga telah terpasang Google Chrome yang notabene jauh lebih bisa diandalkan sebagai browser sehari-hari. Samsung Internet Browser memang tidak buruk, tapi untuk apa memasang dua browser berbeda namun hanya menggunakan satu saja.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi bloatware Samsung yang perlu dihapus untuk dapatkan performa maksimal. Aplikasi-aplikasi diatas sebenarnya bukan aplikasi yang buruk, hanya saja kalau mau dihapus juga tak masalah karena kemungkinan jarang digunakan dan masih ada banyak alternatif dari pihak ketiga yang lebih baik.

Baca Juga: Xiaomi Berencana Kurangi Bloatware di Smartphone Mereka

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya