TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Aplikasi Android Keren yang Tidak Bisa Ditemukan di Play Store

Ada aplikasi launcher, catatan hingga cuaca

Kvaesitso (dok. Kvaesitso)

Intinya Sih...

  • F-Droid adalah alternatif toko aplikasi Android yang lebih lengkap daripada Play Store, dengan banyak aplikasi luar biasa yang tidak tersedia di Play Store.
  • Kvaesitso adalah launcher yang berfokus pada widget dan pencarian, sementara Auxio adalah aplikasi streaming lagu dengan desain UI ala Material You.
  • Breezy Weather merupakan alternatif cuaca open-source dan aman, sementara Table Habit membantu pengguna dalam membuat to-do list positif.

Google Play Store memang jadi tempat terbaik untuk mendapatkan aplikasi Android, namun toko aplikasi itu tidak selalu memiliki semuanya. Dengan regulasi yang cukup ketat, tidak sembarangan aplikasi bisa masuk ke Play Store. Tapi tenang, jika kamu ingin toko aplikasi Android yang lebih lengkap, ada alternatif bernama F-Droid.

F-Droid memiliki banyak aplikasi luar biasa yang tidak bisa ditemukan di Play Store dan berikut 7 di antaranya.

1. Kvaesitso

Kvaesitso (dok. Kvaesitso)

Jika sebagian besar launcher menampilkan kolom aplikasi, Kvaesitso hanya berfokus pada widget dan kemampuan untuk mencari apa yang pengguna inginkan. Pada launcher ini, home screen pengguna hanya akan menampilkan jam dan search bar saja. Pengguna bisa swipe ke atas untuk melihat semua widget yang disusun dalam satu kolom dan tap search bar atau swipe kebawah untuk mencari aplikasi, file, kontak dan yang lain.

2. Auxio

Auxio (dok. Auxio)

Selanjutnya adalah Auxio, aplikasi streaming lagu dengan desain UI ala Material You yang sederhana namun tetap menarik. Alih-alih mengemas terlalu banyak fitur yang membuatnya jauh berbeda dari aplikasi sejenisnya, Auxio malah sebaliknya. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup namun semuanya penting, sepenuhnya gratis dan tidak melacak kebiasaan mendengarkan pengguna.

3. Breezy Weather

Breezy Weather (dok. Breezy Weather)

Disaat ada banyak aplikasi cuaca yang jadi mimpi buruk privasi karena bisa melacak lokasi pengguna dan menjual informasi itu ke pihak ketiga, Breezy Weather menjadi alternatif yang sepenuhnya open-source dan lebih aman. Secara visual, aplikasi ini juga cukup atraktif dengan layout UI ala kartu dan banyak pilihan widget untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan live wallpaper yang bisa berubah tergantung cuaca di daerah pengguna.

Baca Juga: 6 Jenis Aplikasi Android yang Sebaiknya Jangan Diinstal

4. Table Habit

Table Habit (dok. Table Habit)

Table Habit merupakan aplikasi to-do list yang bisa membantu pengguna melakukan lebih banyak aktivitas positif atau mengurangi kebiasaan buruk. Ingin rutin menyirami tanaman setiap pagi atau mungkin menghabiskan waktu beberapa jam menonton film di Netflix? Kamu bisa dengan mudah membuat pengingat di aplikasi ini. Table Habit sangat membantu karena tidak menjual layanan berbayar untuk merubah hal positif di hidup pengguna.

5. Fridgey

Fridgey (dok. Fridgey)

Sesuai namanya, Fridgey merupakan aplikasi di mana pengguna bisa mencatat semua makanan yang tersimpan di kulkas untuk membantu mereka mengelola apa saja yang mereka miliki di kulkas. Meski penggunaannya tidak sesederhana itu karena pengguna harus memasukkan satu per satu secara manual, aplikasi tetap sangat berguna terlebih lewat fakta bahwa pengguna bisa menambahkan informasi seperti tanggal kadaluarsa.

6. Orgzly Revived

Orgzly Revived (dok. Orgzly Revived)

Orgzly Revived merupakan aplikasi catatan yang juga merangkap sebagai aplikasi to-do list. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa membuat catatan kapanpun mereka mau dan menyertakan daftar hal yang ingin dilakukan di dalamnya dan menandainya jika selesai. Orgzly sendiri tersedia di Play Store, namun versi tersebut tidak mendapatkan update selama bertahun-tahun. Orgzly Revived sendiri merupakan versi yang masih mendapatkan dukungan hingga saat ini.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya