TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Opsi yang Perlu Diubah untuk Maksimalkan Daya Baterai di Windows 11

Agar baterai lebih awet!

ilustrasi menghapus cache Windows 11 (unsplash.com/Windows)

Intinya Sih...

  • Power Mode di Windows 11 tidak membantu meningkatkan daya tahan baterai, mode terbaik adalah Best power efficiency.
  • Battery Saver memaksa laptop untuk menghentikan proses latar belakang yang menguras daya baterai, dapat diatur di Action Center.
  • Fitur refresh rate tinggi pada layar dan aplikasi startup dapat dikonfigurasi untuk menghemat daya tahan baterai.

Baterai laptop akan mengalami penurunan kualitas dan kapasitas seiring berjalannya waktu sehingga daya tahannya tidak akan seawet ketika pertama kali digunakan. Untungnya, sistem operasi seperti Windows 11 menyediakan banyak pengaturan yang bisa diutak-atik untuk meningkatkan atau memaksimalkan daya tahan baterai laptop. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Atur Power Mode

ilustrasi Power Mode di Windows 11 (dok. Microsoft)

Power Mode di Windows 11 menunjukkan penggunaan sumber daya di laptop-mu. Idealnya, kamu harus mengaturnya ke Balanced atau Maximum performance (jika terhubung ke charger), namun dua mode tersebut tidak membantu meningkatkan daya tahan baterai. Mode terbaik untuk digunakan adalah Best power efficiency. Kamu bisa mengaturnya dengan mengunjungi Settings, klik Power & Battery dan pilih mode tersebut didalam Power mode.

2. Aktifkan Battery Saver

ilustrasi Battery Saver di Windows 11 (dok. Microsoft)

Battery Saver akan memaksa laptop-mu untuk menghentikan proses yang berjalan di latar belakang, update dan apapun yang menguras daya tahan bateraimu. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa pencet tombol Win + A untuk membuka Action Center dan klik logo baterai di pojok kiri bawah. Jika sudah, pada bagian Battery saver, pilih di kapasitas berapa fitur Battery saver akan otomatis aktif (kisaran 10-50%) atau atur untuk selalu aktif dengan pilih Always.

3. Turunkan refresh rate layar

ilustrasi refresh rate di Windows 11 (dok. Microsoft)

Fitur refresh rate tinggi pada layar yang biasanya hanya ada di laptop flagship atau gaming merupakan fitur yang mengkonsumsi banyak daya baterai. Ketika daya tahan baterai menjadi prioritas, fitur ini menjadi fitur pertama yang harus diturunkan atau bahkan dimatikan. Caranya, pergi ke Settings dan pada bagian System pilih Display. Klik Advanced display dan pada bagian Choose a refresh rate kamu tinggal pilih 60Hz.

Baca Juga: 3 Cara Clear Cache Windows 11 untuk Tingkatkan Kecepatan Sistem

4. Mengubah pengaturan layar dan sleep

ilustrasi pengaturan layar dan sleep di WIndows 11 (dok. Microsoft)

Mengubah pengaturan layar dan sleep bisa membantu menghemat daya tahan baterai ketika laptop sedang tidak digunakan. Pencet tombol Win + I untuk masuk ke Settings dan langsung pergi ke System > Power & battery > Screen and sleep. Jika sudah, pilih antara 3-5 menit pada bagian On battery power, and turn off my screen after, dan pilih 5 menit atau lebih pada bagian On battery power, put my device to sleep after.

5. Matikan aplikasi startup dan background

ilustrasi startup di Windows 11 (dok. Microsoft)

Aplikasi startup mengurangi daya tahan baterai karena akan otomatis berjalan ketika kamu masuk ke Windows. Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal pergi ke Settings, pilih Apps dan klik bagian Startup. Disana akan ada banyak pilihan aplikasi startup dan pilih yang sekiranya tidak perlu untuk otomatis berjalan seperti aplikasi game client dan aplikasi pihak ketiga lainnya. Pastikan untuk tidak menonaktifkan aplikasi yang berkaitan hardware laptopmu.

6. Konfigurasi pengaturan GPU untuk aplikasi

ilustrasi konfigurasi GPU untuk aplikasi di Windows 11 (dok. Microsoft)

Jika laptopmu memiliki GPU diskrit seperti dari NVIDIA atau AMD, kamu bisa memaksa aplikasi tertentu untuk menggunakan GPU bawaan (yang jadi bagian CPU) untuk menghemat daya tahan baterai. Caranya pergi ke Settings > System > Display > Graphics. Nantinya akan ada daftar aplikasi yang muncul, klik aplikasi tersebut dan pilih Options. Akan ada tiga opsi untuk dipilih dan pastikan untuk memilih opsi Power saving.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya