TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Rumus Dasar Excel untuk Admin yang Harus Dikuasai

Penghitungan data bisa dilakukan dalam hitungan detik

ilustrasi rumus dasar Excel untuk admin (pexels.com/Serpstat)

Apakah kamu bercita-cita menjadi staf administrasi atau biasa disebut admin? Wah, jika iya, kamu perlu menguasai rumus dasar Excel untuk admin berikut ini.

Sebagai admin, kamu pasti akan sering menggunakan Microsoft Excel untuk menghimpun dan menghitung data numerik. Nah, penggunaan Excel akan makin mudah dan cepat bila memakai rumus-rumus tertentu, misalnya rumus mencari rata-rata, rumus mencari angka tertinggi, dan sebagainya.

Ada banyak rumus Excel. Namun, kamu gak perlu menguasai semua rumusnya dalam sekejap. Untuk permulaan, kuasai rumus dasar Excel yang biasanya dipakai oleh admin.

Apa saja rumus dasarnya? Simak penjelasan ini, ya.

Apa itu rumus Excel?

ilustrasi tabel Excel (freepik.com/rawpixel.com)

Microsoft Excel merupakan aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan menghitung data angka. Bukan cuma itu, kamu juga bisa menganalisis dan menyajikan data Excel secara rinci dan menarik.

Sebelum pada tahap penyajian data, kamu pasti perlu mengumpulkan dan menghitung data dulu. Hal inilah yang juga kerap dilakukan oleh admin.

Supaya pengolahan data lebih gampang dan gak perlu pakai cara manual, gunakan rumus dasar Excel untuk admin.

Rumus Excel adalah kumpulan instruksi atau perintah pada Excel yang digunakan untuk menghitung data. Rumus Excel dapat berupa operasi matematika, seperti penjumlahan,  pengurangan, ataupun mencari penghitungan data yang lebih kompleks.

Kamu hanya perlu menuliskan rumusnya, maka Excel akan menunjukkan hasil penghitungan data. Selama data, rumus, perintah yang diberikan tepat, maka hasil penghitungan akan akurat.

Baca Juga: Cara Memasukkan Nomor Telepon Awalan 0 di Excel Tanpa Hilang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya