TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menjadi Shot Caller Efektif dalam Tim Mobile Legends

Bawa tim menang beruntun!

ilustrasi bermain game (pexels.com/RDNE Stock project)

Shot caller adalah salah satu tugas yang wajib ada dalam sebuah tim Mobile Legends. Ini agar pergerakan, koordinasi, dan strategi dapat berjalan dengan mulus.

Shot caller sendiri berarti pemain yang ditugaskan memberikan arahan kepada teman satu tim. Shot caller bisa dibilang juga pemimpin dalam tim.

Buat kamu yang saat ini menjadi shot caller di dalam tim, tetapi masih sering mengalami kesalahan, sebaiknya simak artikel di bawah ini. Ada lima cara menjadi shot caller efektif dalam tim Mobile Legends.

1. Kamu harus paham karakteristik hero dan role tiap pemain

daftar hero di Mobile Legends (Moonton/Mobile Legends)

Menjadi seorang shot caller memerlukan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik masing-masing hero dan peran yang dimainkan tiap pemain dalam tim. Dengan memiliki wawasan yang luas terhadap hal ini, kamu akan mampu memberikan arahan yang lebih terperinci dan relevan kepada anggota tim. Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang karakteristik hero dan peran tiap pemain juga akan memudahkan kamu dalam mengembangkan strategi yang sesuai dan efektif. Ini tidak hanya memungkinkan untuk meningkatkan koordinasi dalam tim, tetapi juga memperbesar peluang kemenangan dalam tiap pertandingan.

2. Komunikasi yang efektif dan tidak berbelit-belit

ilustrasi sedang berkomunikasi (dok. Moonton/Mobile Legends)

Komunikasi biasa menjadi kunci dalam permainan tim. Seorang shot caller wajib memiliki kemampuan dalam menentukan gaya komunikasi paling efektif tanpa berbelit-belit. Hal ini dilakukan agar tim dapat memahami perintah dengan benar. Selain itu, manfaatkan juga fitur ping chat agar lebih cepat dalam memberikan perintah itu. Terakhir, meski seorang shot caller, jangan ragu meminta masukan dari rekan satu tim dalam pengambilan keputusan.

Baca Juga: Skin Collector Harith Terbaru di Mobile Legends

3. Fokus kepada perintah objektif dalam game

ilustrasi sedang push turret (dok. Moonton/Mobile Legends)

Sebaiknya kamu jangan terlalu banyak memerintah dan memberikan instruksi, kecuali berkaitan dengan hal-hal yang penting seperti objektif. Hal ini dilakukan agar kamu tidak menggangu konsentrasi mereka saat bermain. Komunikasi yang penting bisa dilakukan saat sedang perang, sedang merebutkan lord dan turtle, atau ada bahaya yang sedang mengintai.

4. Shot caller harus beradaptasi dengan meta

ilustrasi bermain game Mobile Legends (pexels.com/RDNE Stock project)

Mobile Legends adalah permainan dinamis yang mana strategi dan kemampuan tiap hero dapat berubah-ubah tiap waktu. Sebagai seorang shot caller, kamu harus beradaptasi dengan hal ini agar bisa menentukan strategi yang paling tepat saat bermain. Sama seperti sebelum, libatkan juga timmu dengan meminta pendapat tentang meta terkini dan strategi apa yang paling sesuai.

Verified Writer

Sumahir Hidayanto

Bersatu kita teguh, bercerai kita bebas🇮🇩

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya