TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Persiapan sebelum Main DLC Elden Ring Shadow of Erdtree

Biar gak bingung dengan ekspansi Elden Ring satu ini

Elden Ring Shadow of Erdtree (dok. FromSoftware/Elden Ring)

Intinya Sih...

  • Elden Ring adalah RPG terbaru dari FromSoftware dengan cerita tentang dunia Lands Between dan peran Tarnished dalam mencari Elden Ring.
  • DLC Shadow of the Erdtree berlatar di Land of Shadow yang hanya bisa diakses setelah mengalahkan bos Mohg, Lord of Blood.
  • Respec penting untuk reset build karakter sebelum memainkan DLC, sementara Item Discovery meningkatkan kesempatan mendapatkan item langka dalam permainan.

Elden Ring (2022) adalah waralaba action role-playing game (RPG) terbaru dari FromSoftware. Ia menceritakan tentang dunia epik bernama Lands Between yang magis. Kamu berperan sebagai Tarnished yang dikirim untuk menemukan Elden Ring dan menjadi Elden Lord.

Tak cukup dengan cerita utama, Elden Ring akhirnya akan segera merilis ekspansi cerita pertama mereka bertajuk Shadow of the Erdtree dalam bentuk downloadable content (DLC). Jika kamu sedang memainkan Elden Ring, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengakses DLC ini. Berikut ini lima persiapan sebelum main DLC Elden Ring Shadow of the Erdtree!

1. Kamu harus kalahkan Mohg, Lord of Blood

Mohg, Lord of Blood (dok. FromSoftware/Elden Ring)

DLC Shadow of the Erdtree bakal berlatar di tempat baru bernama Land of Shadow. Namun, untuk mengaksesnya bukan perkara mudah. Sudah dikonfirmasi bila portal akses menuju Land of Shadow adalah Miquella Cocoon. Itu berarti, kamu harus mengalahkan bos yang menjaga tempat tersebut. Bos yang dimaksud tak lain dan tak bukan adalah Mohg, Lord of Blood.

Selain lokasinya yang tersembunyi, Mohg, Lord of Blood adalah salah satu bos opsional terkuat. Ia memiliki area of effect (AoE) yang bakal bikin build up efek status bleed, yang membunuh Tarnished seiring waktu. Damage serangan dari Mohg juga tinggi. Jika kamu tak cukup level atau build kamu kurang sip, ia bakal jadi mimpi buruk. 

2. Naikkan level untuk tantangan baru

Tarnished sedang menaikkan level. (dok. FromSoftware/Elden Ring)

Membeli DLC ini bukan berarti kamu akan langsung bisa memainkannya begitu saja. DLC ini termasuk salah satu konten endgame yang idealnya dimainkan setelah mempunyai cukup level dan build yang sudah matang. Jadi, kira-kira berapa level yang diperlukan untuk bertualang mengikuti Miquella di Land of Shadow?

Berdasarkan pemain yang menghadiri preview dari FromSoftware, level mereka kisaran antara 120—150. Ini sesuai dengan rekomendasi level untuk melawan Mohg, Lord of Blood yang berada pada level 100—110. Jika kamu berhasil mengalahkan Mohg, itu artinya kamu sudah layak untuk berhadapan dengan Messmer the Impaler dan bos lainnya dalam DLC ini.

Baca Juga: 6 Bos Terkuat Elden Ring, Bikin Gamer Frustrasi!

3. Kamu juga harus taklukkan Starscourge Radahn

Starscourge Radahn (dok. FromSoftware/Elden Ring)

Mohg, Lord of Blood bukan satu-satunya bos yang harus kamu taklukkan untuk bisa menikmati DLC ini. Kamu juga harus menaklukkan Starscourge Radahn, bos opsional kuat yang bikin banyak pemain Elden Ring frustrasi. Namun, dengan level yang sudah di atas 100, Starscourge Radahn relatif mudah untuk dikalahkan.

Radahn adalah bos masif yang kuat, baik dari jarak jauh maupun jarak dekat. Ia bakal menghujani pemain dengan anak panah sihir dan akan membunuh Tarnished dalam sekali serangan. Dalam jarak dekat, ia bakal membantai dengan dua pedangnya yang punya AoE menyebalkan. Untungnya, kamu bisa summon delapan NPC untuk membantumu mengeroyok Radahn.

4. Siapkan item untuk Respec/Rebirth stat

menu Respec/Rebirth dalam Elden Ring (dok. FromSoftware/Elden Ring)

Respec atau disebut Rebirth dalam Elden Ring merupakan sebuah mekanisme untuk reset build. Ia mengembalikan poin atribut dan bisa kamu distribusikan kembali untuk membuat build baru pada karakter Tarnished. Tentu saja ini bukan hal wajib, tapi sebenarnya sangat penting tiap memainkan sebuah DLC.

Shadow of the Erdtree pastinya bakal menghadirkan banyak hal baru. Dari trailer pun sudah diperlihatkan senjata, item, dan Ash of War baru. Melakukan Rebirth bakal mempermudah kamu menyesuaikan build dengan senjata-senjata baru yang bisa jadi tidak cocok dengan build kamu sebelumnya. Ini artinya, kamu harus item farming Larval Tear.

5. Naikkan stat Item Discovery untuk mempermudah farming

berbagai item langka dalam Elden Ring (dok. FromSoftware/Elden Ring)

Item Discovery adalah stat dasar yang meningkatkan kesempatan kamu untuk dapat item drop dari bos dan musuh yang kamu kalahkan. Makin tinggi level stat Item Discovery kamu, makin besar pula kesempatan kamu untuk mendapatkan item langka. Meski kita membantu dalam gameplay kombat, stat ini sangat krusial. Jadi, kamu harus perhatikan baik-baik.

Dengan stat Item Discovery yang tinggi, kamu bisa lebih mudah menemukan banyak item baru dalam DLC ini. Artinya, kamu tak perlu banyak menyita waktu untuk farming dan grinding. Jika kamu telanjur kesulitan mendapatkan poin atribut karena level tinggi, kamu bisa Respect/Rebirth ke Rennala di Raya Lucaria Academy.

Lima hal di atas bakal bikin pengalaman bermain Elden Ring Shadow of the Erdtree lebih menyenangkan. Apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk DLC perdana yang bakal rilis 21 Juni mendatang?

Baca Juga: 11 Game Paling Menarik dalam Summer Game Fest 2024

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya