TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Harvest Moon yang Tokoh Utama Cewek dan Cowoknya Bisa Nikah

Biasanya, kalau pilih satu, satunya lagi gak masuk cerita

Harvest Moon: Home Sweet Home (dok. Natsume/Harvest Moon: Home Sweet Home)

Tujuan game Harvest Moon ialah memberikan pengalaman simulasi kehidupan yang imersif. Untuk mewujudkan hal tersebut, Harvest Moon menghadirkan fitur-fitur yang bikin kamu seolah berada dalam game tersebut. Adapun, yang bisa kamu lakukan ialah memilih jenis kelamin tokoh utamamu. Ini sangat penting karena berpengaruh pada non-playable characters (NPC) yang bisa kamu nikahi.

Bicara soal menikah, beberapa game Harvest Moon membolehkan kamu untuk menikahi versi cowok atau cewek yang tidak kamu pilih, lho. Ini cukup unik, ya. Pasalnya, kebanyakan game Harvest Moon tidak ada fitur tersebut. Bahkan tokoh utama yang gak dipilih biasanya tidak dimasukkan dalam cerita. Ingin coba menikahi karakter yang gak kamu pilih? Berikut tiga game Harvest Moon yang punya fitur tersebut!

1. Harvest Moon: Island of Happiness (2007)

pernikahan Chelsea dan Mark dalam Harvest Moon: Island of Happiness (dok. Natsume/Island of Happiness)

Harvest Moon DS: Island of Happiness (2007) adalah game Harvest Moon pertama yang menawarkan fitur untuk menikahi tokoh utama yang gak kamu pilih. Dalam game ini, opsi protagonis utamanya ada Mark dan Chelsea. Masing-masing juga memiliki kepribadian yang menarik sebagai NPC dan lumayan menantang jika ingin kamu dekati.

Jika memilih salah satu dari mereka, karakter yang tidak kamu pilih akan menjadi seorang petani pendatang yang akan tiba di desa. Ini terjadi setelah kamu memenuhi semua persyaratan yang ditentukan, termasuk membangun jembatan dan merenovasi hotel. Beda dengan NPC lain yang suka hadiah, poin afeksi akan bertambah lebih banyak jika berbicara dengan mereka. Bahkan, jika mengabaikan Mark/Chelsea selama 30 hari berturut-turut, mereka akan meninggalkan desa. 

Memang cukup menantang untuk memunculkan mereka dalam game, tapi kamu bisa santai saat PDKT dengan mereka. Pasalnya, baik Mark atau Chelsea tidak memiliki saingan asmara seperti para gadis dan jejaka dalam game ini. Mekanisme yang menarik, ya?

Baca Juga: 5 Game Harvest Moon Klasik Terbaik, Masih Dikembangkan Marvelous

2. Harvest Moon DS: Sunshine Island (2008)

Pernikahan Mark dan Chelsea dalam Harvest Moon: Sunshine Island. (dok. Natsume/Harvest Moon: Sunshine Island)

Game ini bisa dikatakan sebagai sekuel dari game Harvest Moon DS: Island of Happiness. Harvest Moon DS: Sunshine Island (2008) hadir dengan karakter baru dan alur cerita baru. Namun, kamu masih akan memainkan protagonis utamanya, yakni Mark dan Chelsea. Sama seperti game pendahulunya, karakter yang gak kamu pilih akan menjadi NPC dan masuk dalam kategori bachelor dan bachelorette yang bisa kamu nikahi.

Mereka bakal jadi karakter terakhir yang kamu buka dalam game ini. Kamu harus membuka semua karakter utama, 15 pulau, dan membangun jembatan untuk menghubungkan semua pulau. Ceritanya, Mark/Chelsea adalah seorang petani muda yang ingin mencari ilmu pertanian dengan berkeliling ke berbagai tempat. 

Dalam gameplay-nya, mereka juga akan sering mengunjungi peternakanmu untuk meminta berbagai nasihat tentang pertanian. Seperti dalam game sebelumnya, kamu juga gak memiliki rival dalam percintaan saat PDKT dengan mereka. Mendekati mereka juga sangat mudah karena masing-masing tidak memiliki hadiah yang tidak disukai.

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya