TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Game Harvest Moon Game Boy yang bisa Kamu Mainkan di Android

Game retro yang gak kalah adiktif dan mendalam

Harvest Moon yang rilis di Game Boy. (dok. Natsume Inc./Harvest Moon: Friends of Mineral Town | Harvest Moon 3 GBC)

Harvest Moon adalah waralaba game simulasi populer yang telah hadir di berbagai platform, tak terkecuali smartphone Android. Sayangnya, beberapa Harvest Moon yang rilis di Android terasa kurang, baik dari segi gameplay maupun alur ceritanya. Ini membuat gamers beralih menggunakan aplikasi emulator untuk main game Harvest Moon lawas di smartphone mereka.

Buat kamu yang suka main dengan emulator, sudah pernah mencoba game Harvest Moon dari handheld jadul, Game Boy? Meski dari segi visual terlihat jadul banget, game Harvest Moon dari Game Boy punya gameplay yang gak kalah seru, lho! Mau tahu game Harvest Moon Game Boy apa saja yang bisa kamu mainkan di Android? Yuk, simak di bawah ini!

1. Harvest Moon GB/GBC (1997)

Harvest Moon GB (dok. Natsume Inc./Harvest Moon GB)

Harvest Moon GB (1997) adalah game kedua dari waralaba Harvest Moon yang rilis di Game Boy dan Game Boy Color yang membuatnya jadi yang pertama rilis di konsol handheld. Ia menceritakan usaha karakter utama untuk meneruskan pertanian sang kakek yang baru saja meninggal.

Game dengan visual retro ini punya gameplay yang cukup menantang. lho! Kamu harus memenuhi capaian kriteria yang diberikan dan dinilai tiap akhir musim dingin. Jika kamu gak memenuhinya, game bakal selesai dengan bad ending.

Untuk main game ini di Android, kamu membutuhkan emulator GBC. Kamu bisa mengunduh Pizza Boy A Basic dan SuperGBC yang bisa kamu unduh gratis di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan GBC.emu yang bisa kamu bisa beli seharga Rp42 ribu. Untuk ROM atau digital copy dari gamenya sendiri bisa kamu temukan di berbagai web penyedia ROM game gratis.

2. Harvest Moon: Friends of Mineral Town (2003)

Harvest Moon: Friends of Mineral Town (dok. Natsume Inc./Harvest Moon: Friends of Mineral Town)

Game ini mungkin sudah familier buat kamu. Pasalnya, Harvest Moon: Friends of Mineral Town (2003) adalah salah satu game paling populer dari waralaba ini. Ia adalah remake dari game Harvest Moon: Back to Nature (1999) yang rilis di PlayStation, mengubah grafiknya dari 3D menjadi piksel. Pada akhirnya, ia juga kembali di-remake menjadi Story of Seasons: Friends of Mineral Town (2019) untuk konsol Nintendo Switch.

Game ini memiliki cerita yang sama dengan Harvest Moon: Back to Nature. Kamu harus mengelola pertanian terbengkalai di Mineral Town. Di game ini, fitur bersosialisasi mulai disempurnakan. Kamu bisa PDKT, berkencan, hingga akhirnya menikahi gadis di Mineral Town.

Untuk memainkan game ini di Android, kamu butuh emulator Game Boy Advance (GBA). My Boy! - GBA Emulator adalah salah satu pilihan terbaik dengan emulasi yang sempurna. Kamu bisa membelinya seharga Rp68 ribu. Kamu juga bisa mengunduh versi Lite secara gratis. Ingin yang gratis? Ada Lemuroid dan mGBADroid yang bisa jadi pilihan.

Baca Juga: 7 Game Harvest Moon Garapan Natsume, Saingi Story of Seasons?

3. Harvest Moon 2 GBC (1999)

Harvest Moon 2 GBC (dok. Natsume Inc./Harvest Moon 2 GBC)

Seri Harvest Moon kedua untuk handheld Game Boy Color ini juga gak kalah keren dari game pertama. Ia hadir dengan berbagai inovasi baru, seperti membangun rumah kaca dan beternak domba. Ia juga memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi dunianya secara langsung, sesuatu yang belum disempurnakan di Harvest Moon GB.

Harvest Moon 2 GBC (1999) menceritakan perjuangan petani muda untuk menggarap lahan sehingga tidak dijadikan taman hiburan oleh pemerintah setempat. Kamu diberikan waktu tiga tahun untuk mengubah lahan tak terawat menjadi peternakan yang maju. Soal mekanisme bercocok tanam, game kedua ini dibuat lebih kompleks dan adiktif.

Sama seperti game Harvest Moon GB, untuk main game ini kamu harus punya emulator GBC. Pizza Boy A Basic SuperGBC, dan GBC.emu masih jadi pilihan terbaik. Pasalnya, emulasi untuk game ini di aplikasi di atas sudah sempurna, tanpa bug dan glitch.

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya