TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Game Ini Menyadarkan Betapa Berharganya Setiap Detik Waktumu

Waktu terus berjalan, nggak mau terbuang percuma kan?

Radiant Historia (dok. Atlus/Radiant Historia)

Manipulasi waktu adalah sebuah tema yang populer digunakan dalam kisah fiksi. Salah satu media yang populer adalah video game. Selain sangat epik sebagai cerita, tema tersebut juga bisa di ramu menjadi mekanisme gameplay unik. 

Selain gameplay dan storyline, para developer game juga menyampaikan nasihat berbekal konsep waktu tersebut. Para pengembang seolah ingin pemain belajar memanfaatkan dan menghargai waktu karena di dunia nyata tidak ada teknologi dan kekuatan untuk memutar balikkan waktu. Tawarkan suatu keunikan tersendiri, intip deretan rekomendasi game yang menyampaikan konsep tentang berharganya waktu ini, yuk!

Baca Juga: 6 Game Bergenre Simulasi Paling Unik dan Nyeleneh di Android

1. Radiant Historia adalah game RPG tentang mengulang waktu

Gameplay Radiant Historia (dok. Atlus/Radiant Historia)

Radiant Historia adalah salah satu game RPG eksklusif di platform handheld Nintendo DS dan 3DS. RPG yang satu ini sering disebut sebagai hidden gem karena ceritanya tak kalah epik dengan game RPG bernama besar, seperti Final Fantasy atau Legend of Heroes. Game ini punya tema unik tentang mengubah sejarah dengan mengulang waktu.

Game ini berpusat pada seorang tentara bayaran bernama Stocke yang mendapat buku ajaib dengan kekuatan memutar balik waktu. Dengan buku itu, Stocke harus memperbaiki semua keputusan salah yang berakibat fatal di masa depan. Game ini mengajarkan untuk menghargai waktu dan tidak tergesa-gesa mengambil keputusan sekecil apa pun. 

2. Life is Strange mengajari pemain betapa pentingnya kesempatan kedua

Gameplay Life Is Strange (dok. Square Enix/Life Is Strange)

Game bergenre interactive story dari Square Enix ini sudah tidak asing lagi di jagat gaming. Life is Strange bagaikan buku cerita hidup, di mana kamu bisa ikut andil dalam menentukan cerita dari karakter utama dengan berbagai pilihan yang kamu buat. Game ini lebih berfokus pada storyline dibandingkan gameplay.

Life is Strange menceritakan seorang fotografer bernama Max yang punya kemampuan unik untuk memutar balik waktu. Dengan kekuatannya, Max berusaha menyelamatkan temannya yang bernama Chloe sekaligus kota mereka dari bencana yang akan terjadi di masa depan. Dalam game episodik ini kamu harus belajar memanfaatkan waktu semaksimal mungkin karena hari bencana terjadi tidak tercantum dalam kalender.

3. Legend of Zelda: Majora Mask sajikan kisah di mana dunia akan kiamat dalam 3 hari

Gameplay The Legend of Zelda: Majora Mask (dok. Nintendo/The Legend of Zelda: Majora Mask)

Legend of Zelda: Majora Mask adalah salah satu seri dari franchise Legend of Zelda yang jadi game unggulan eksklusif Nintendo. Di game ini kamu tetap memainkan karakter Link yang lagi-lagi harus menyelamatkan dunia dan juga Putri Zelda. Game ini tersedia di platform konsol GameCube dan Nintendo 64. Namun, kamu juga bisa memainkannya menggunakan bantuan emulator.

Game ini punya mekanisme unik. Kamu harus menyelamatkan dunia dalam 3 hari atau sekitar 50 menit di dunia nyata. Untungnya, kamu bisa mengulang hari dengan sebuah item di dalam game. Sayangnya, jika kamu lupa melakukannya, otomatis game kamu akan berakhir. Game ini membatasi kamu banget sehingga kamu perlu menentukan prioritas karena waktu sedang tidak berpihak padamu.

4. 999: Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors menawarkan sensasi panik dihimpit waktu

gameplay 999: Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors (dok. Spike Chunsoft/999: Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors)

999: Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors atau dikenal juga dengan judul The Nonary Game adalah visual novel interaktif. Setiap keputusanmu sebagai pemain akan memengaruhi cerita secara signifikan. Di game ini kamu benar-benar dituntut untuk menggunakan waktu sebaik mungkin untuk bisa mendapat ending terbaik.

Game ini mengisahkan sembilan orang asing yang dipaksa bekerja sama dalam sebuah permainan mematikan. Mereka punya 9 jam untuk menemukan pintu yang tepat sebelum kapal di mana mereka disekap tenggelam. Game ini penuh dengan puzzle rumit yang menuntut otak kamu berpikir kreatif sekaligus efektif.

5. Game RPG yang menuntut pemain cerdik membagi waktu berjudul Persona

Gameplay Persona 5 (dok. Atlus/Persona 5)

Seri game Persona adalah salah satu game RPG simulasi terbaik sepanjang masa. Gameplay pada game ini dibagi menjadi dua. Pemain akan menjelajahi dungeon dan mengumpulkan monster pada malam hari, lalu menjalani kehidupan normal pada siang hari. Di game ini waktu berjalan seperti dunia nyata.

Dalam mode simulasi kamu harus pergi sekolah, belajar, kerja paruh waktu, bahkan berkencan. Sayangnya, kamu tidak akan bisa melakukan semuanya secara bersamaan. Seperti di dunia nyata, kamu harus atur jadwal sesuai prioritas. Kamu harus pintar mengatur waktu dan aktivitasmu dalam game ini.

Baca Juga: Most Anticipated Game versi The Game Awards yang Rilis pada 2023

Verified Writer

Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya