TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Main Game Harvest Moon Seri Pertama

Susah-susah gampang, sih

Harvest Moon (dok. Natsume Inc./Harvest Moon)

Harvest Moon adalah waralaba game life simulation bertema pertanian yang sangat populer. Waralaba ini sudah menelurkan puluhan seri game untuk berbagai platform. Beberapa game, seperti Harvest Moon: Back to Nature (1999) dan Harvest Moon: Friends of Mineral Town (2003), menjadi ikonis dan dikenal luas sebagai game simulasi kehidupan terbaik.

Namun, masih banyak gamer yang melewatkan seri pertamanya, Harvest Moon (1996), yang dirilis di Super Nintendo Entertainment System (SNES). Padahal, game dengan visual retro piksel tersebut juga tidak kalah seru dan adiktif. Tertarik mencobanya? Nih, ada beberapa cara untuk main game Harvest Moon seri pertama yang bisa kamu ikuti.

1. Bermain di SNES secara langsung

ilustrasi bermain dengan konsol SNES (pexels.com/[Ravi Palwe])

Jika kamu kebetulan masih punya konsol selawas Super Nintendo Entertainment System (SNES), kamu beruntung karena bisa memainkan game-game retro secara langsung. Harvest Moon adalah salah satu game terbaik yang bisa kamu mainkan di konsol ini. Untuk bermain game Harvest Moon di SNES, tentunya kamu membutuhkan cartridge dari game ini.

Sayangnya, pada zaman sekarang, cartridge orisinal dari game SNES relatif mahal dan susah didapatkan. Kamu bisa menemukan cartridge Harvest Moon (1996) di lokapasar seperti eBay dan Amazon dengan harga mulai Rp4 jutaan. Kamu juga bisa mendapatkan versi kopi dengan harga yang lebih murah. Sepertinya, hanya kolektor yang bakal repot-repot menggunakan cara ini.

Baca Juga: 3 Fakta Harvest Moon: Home Sweet Home, Game Baru Natsume

2. Bermain di Nintendo Switch menggunakan layanan Nintendo Switch Online

Harvest Moon termasuk salah satu game yang tersedia di Nintendo Switch Online. (nintendo.com)

Ternyata kamu juga bisa main game Harvest Moon pertama langsung dari Nintendo Switch. Caranya dengan menggunakan layanan berbayar Nintendo Switch Online (NSO). NSO adalah layanan online yang punya banyak benefit. Salah satunya adalah akses perpustakaan game klasik dari Nintendo yang telah tersedia, seperti Nintendo Entertainment System (NES), Game Boy Color (GBC), dan Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Harvest Moon adalah salah satu game yang sudah tersedia dalam perpustakaan game SNES di NSO. Untuk berlangganan layanan NSO, kamu harus membayar sekitar 19,99 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp320 ribu per tahun. Selain main game SNES, layanan ini memberikan akses bermain multiplayer secara online dan cloud saving. Dengan harga cukup terjangkau, layanan ini cukup layak.

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya