TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Turnamen Esports dengan Penonton Terbanyak di Asia Tenggara  

Edisi semester pertama 2024

ilustrasi MPL ID Season 13 (id-mpl.com)

Intinya Sih...

  • Mobile Legends menjadi game esports paling populer di Indonesia dengan MPL Indonesia S13 sebagai turnamen paling banyak ditonton.
  • Arena of Valor juga masih diminati di Asia Tenggara, dengan Arena of Glory Spring 2024 dan AOV Premier League 2024 masuk dalam daftar turnamen paling banyak ditonton.
  • PUBG Mobile juga tetap diminati di Asia Tenggara, terbukti dengan PMSL - SEA Spring 2024 yang berhasil menjadi salah satu turnamen paling banyak ditonton.

Telah banyak event esports yang dilalui di wilayah Asia Tenggara hingga September 2024. Beberapa game esports populer di wilayah Asia Tenggara, antara lain Mobile Legends, Arena of Valor, dan PUBG Mobile sukses menyelenggarakan berbagai turnamen. Beberapa di antaranya sukses menggaet penonton terbanyak dari berbagai platform

Situs Esports Chart melaporkan kompetisi esports mana saja yang berhasil menjadi turnamen game paling banyak ditonton sepanjang semester pertama 2024. Menariknya, tidak ada kompetisi Honor of Kings dalam daftar ini. Hal itu cukup wajar karena Honor of Kings baru saja dirilis secara global. Nah, apakah kamu penasaran apa saja lima turnamen esports paling banyak ditonton di Asia Tenggara sepanjang semester pertama 2024? Yuk, kita cari tahu!

1. MPL Indonesia S13 disaksikan sebanyak 110,26 juta penonton

Fnatic ONIC, juara MPL ID S13 (instagram.com/onic.esports)

Di peringkat pertama ada MPL Indonesia S13. Ini menjadikan Mobile Legends sebagai game esports paling banyak menarik perhatian di Tanah Air. Fnatic ONIC berhasil keluar sebagai juara di edisi kali ini. Antusiasme pecinta esports nasional terhadap MPL Indonesia memang tak pernah padam sejak turnamen besar ini pertama kali diadakan pada 2018 lalu. Selain itu, pertandingan final antara Fnatic ONIC dan EVOS Glory menjadi laga paling banyak ditonton di kanal YouTube MPL Indonesia. 

Baca Juga: 10 Hero Unik Baloyskie di Leg Pertama MPL ID S14, Ada Helcurt! 

2. Arena of Glory Spring 2024 catatkan 21,56 juta penonton

Saigon Panthom, juara Arena of Glory Spring 2024 (instagram.com/saigonpanthom.aov)

Berikutnya ada Arena of Glory Spring 2024. Ini adalah turnamen reguler Arena of Valor di Vietnam. AOV mungkin sudah kurang populer di Indonesia. Namun, di negara lain seperti Vietnam, AOV masih sangat digandrungi. Arena of Glory Spring 2024 dimenangi oleh Phantom Saigon. Dengan begitu, AOV sebenarnya masih punya popularitas cukup tinggi di wilayah Asia Tenggara. 

3. AOV Premier League 2024 mendapatkan total 19,91 juta penonton

para peserta AOV Premier League 2024 (instagram.com/garenaaovid)

Posisi nomor tiga masih ditempati oleh turnamen AOV. Kali ini, ada AOV Premier League 2024 yang merupakan turnamen pertengahan musim yang digelar di Bangkok, Thailand. Turnamen ini turut diikuti oleh tim Kagendra dari Indonesia. Namun, sayangnya mereka belum bisa berbicara banyak. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Garena ini dimenangi oleh Banmei Gaming asal Taiwan. 

4. MPL Philippines S13 disaksikan oleh 17,37 juta penonton

Liquid ECHO, juara MPL PH S13 (instagram.com/echophillppines)

Selain di Indonesia, Mobile Legends juga merupakan game populer di Filipina. Jadi, tak heran kalau MPL PH S13 berhasil menjadi salah satu turnamen esports paling banyak ditonton di Asia Tenggara. Filipina sendiri merupakan saingan utama Indonesia di ranah esports Mobile Legends. Turnamen ini dimenangi oleh Liquid ECHO setelah mengalahkan AP.Bren di final. Bukan hanya ditonton oleh penggemar dari Filipina, MPL PH S13 juga mendapatkan banyak penonton dari Indonesia. Terbukti, partai final turnamen ini berhasil mendapatkan lebih dari 2 juta penonton di kanal YouTube MPL Indonesia. 

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya