TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan Harvest Moon dan Story of Seasons, kok, Bisa Mirip?

Story of Seasons hadirkan elemen Harvest Moon klasik

Story of Seasons: A Wonderful Life (dok. Marvelous/SoS: A Wonderful Life)

Intinya Sih...

  • Harvest Moon dan Story of Seasons adalah dua seri game simulasi kehidupan pertanian yang memiliki banyak kesamaan, namun keduanya memiliki sejarah dan developer yang berbeda.
  • Marvelous adalah pengembang dari semua seri Harvest Moon sebelum 2014, namun Natsume memiliki hak penamaan Harvest Moon. Setelah 2014, Marvelous merilis game dengan nama Story of Seasons.
  • Natsume akan merilis Harvest Moon: Home Sweet Home ke platform mobile tanpa mikrotransaksi, sementara Marvelous masih enggan membawa Story of Seasons ke platform mobile.

Nama Harvest Moon dan Story of Seasons tak bisa dilepaskan dari industri game, khususnya dalam genre simulasi kehidupan pertanian. Keduanya sama-sama menghadirkan seri video game dengan tema kehidupan di desa. Harvest Moon dan Story of Seasons punya banyak kesamaan, bahkan publisher dan developer kedua franchise game tersebut pernah bekerja sama.

Meski begitu, masih ada sebagian gamer yang salah paham dan belum bisa membedakan antara Harvest Moon dan Story of Seasons. Saat ini, seri Harvest Moon dimiliki oleh Natsume yang dulunya menerbitkan game-game Harvest Moon buatan Marvelous. Nah, Marvelous inilah yang sekarang menjadi developer dari franchise game Story of Seasons. Lalu, bagaimana sejarah dan perbedaan kedua game ini? Mari bahas!

1. Berawal dari kerja sama Marvelous dan Natsume di tahun 1996

Harvest Moon 1996 (dok. Natsume/Harvest Moon)

Game pertama Harvest Moon awalnya hanya dirilis di Jepang pada 1996 dengan judul Bokujou Monogatari. Game ini dikembangkan oleh Marvelous Entertainment sebagai permainan simulasi kehidupan dan pertanian di konsol SNES. Game tersebut kemudian dirilis di Amerika Utara pada 1997 oleh Natsume dengan nama Harvest Moon

Harvest Moon cukup sukses hingga Marvelous dan Natsume menjalin kesepakatan menerbitkan sejumlah sekuel. Nama Harvest Moon kemudian dikenal sebagai merek dagang milik Natsume. Di sisi lain, Marvelous sebagai pengembang memiliki hak kekayaan intelektual berupa karakter atau apapun elemen yang ada di dalam game buatan mereka. 

Baca Juga: 3 Game Farming yang Patut Ditunggu pada Agustus 2024

2. Natsume dan Marvelous memutuskan berpisah pada 2014

Harvest Moon terakhir yang dikembangkan Marvelous (dok. Harvest Moon; A New Beginning)

Setelah bekerja sama selama hampir 20 tahun dengan merilis serangkaian game Harvest Moon, Natsume dan Marvelous akhirnya memutuskan untuk berpisah. Hak distribusi Harvest Moon antara keduanya berakhir pada 2014. Seri Harvest Moon terakhir yang merupakan hasil kerja sama antara Natsume dan Marvelous adalah Harvest Moon 3D: A New Beginning. Game ini dirilis pada 2012 untuk Nintendo 3DS. Hak penamaan Harvest Moon tetap dimiliki oleh Natsume, sedangkan hak kekayaan intelektual, termasuk hak remake dimiliki oleh Marvelous dengan nama Story of Seasons. Game pertama yang dikembangkan Marvelous tanpa bantuan Natsume adalah Story of Seasons yang dirilis pada 2014 untuk Nintendo 3DS. 

3. Story of Seasons punya elemen inti dari Harvest Moon versi lawas

Story of Seasons: FoMT (dok. Marvelous/SoS: FoMT)

Marvelous adalah pemilik hak cipta sekaligus pengembang dari semua seri game Harvest Moon sebelum 2014. Mereka hanya tidak memiliki hak penamaan saja. Semua game Story of Seasons besutan Marvelous memiliki elemen inti dan cita rasa yang sama dengan seri Harvest Moon asli, mulai dari Back to Nature, Save the Homeland, A Wonderful Life, atau Hero of Leaf Valley. 

Oleh karena itu, semua game Harvest Moon yang dirilis sebelum 2014 berhak dibuat ulang oleh Marvelous dengan judul Story of Seasons. Adapun, seri Harvest Moon asli yang pernah di-remake oleh Marvelous adalah Friends of Mineral Town dan A Wonderful Life. Di sisi lain, Natsume tidak punya hak lisensi untuk membuat ulang game-game Harvest Moon yang dulunya dikembangkan Marvelous.

4. Harvest Moon sekarang sudah berbeda dengan game Harvest Moon klasik

Harvest Moon: The Winds of Anthos (dok. Natsume/Harvest Moon: The Winds of Anthos)

Natsume yang berhak atas merek dagang Harvest Moon tetap melanjutkan seri ini dengan memberikannya pada studio lain. Game pertama Harvest Moon yang tidak dikembangkan Marvelous adalah Harvest Moon: The Lost Valley yang diluncurkan pada 2014. Karena dikembangkan oleh studio lain, seri Harvest Moon versi terbaru sudah sangat berbeda dari Harvest Moon klasik. Hal ini dikarenakan elemen dan gameplay yang baru. Karena hal itu, sebagian penggemar sering kali melemparkan kritik terhadap game-game Harvest Moon rilisan terbaru setelah 2014.

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya