TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Terunik Harvest Moon, Menginspirasi Stardew Valley

Game simulasi pertanian dengan jutaan penggemar

Harvest Moon: The Winds of Anthos (dok. Natsume/Harvest Moon: The Winds of Anthos)

Harvest Moon atau sekarang juga dikenal sebagai Story of Seasons merupakan franchise seri game simulasi kehidupan pertanian yang sangat populer. Sebagian dari kamu mungkin mengenalnya lewat seri Harvest Moon: Back to Nature yang fenomenal di era 2000-an. Harvest Moon kini telah menelurkan banyak seri, baik itu oleh Natsume maupun Marvelous. 

Dalam sejarahnya, telah banyak cerita dilalui oleh Marvelous sebagai pengembang. Sejak diluncurkan pertama kali pada 1996, Harvest Moon memiliki sejumlah fakta terunik yang mungkin tidak semua penggemar game mengetahuinya. Yuk, cari tahu beberapa fakta Harvest Moon terunik berikut ini!

1. Harvest Moon terinspirasi dari kehidupan nyata

Harvest Moon (dok. Marvelous/Harvest Moon)

Yasuhiro Wada, kreator Harvest Moon, mengaku bahwa konsep game ini terinspirasi dari masa kecilnya di pedesaan Jepang. Dia ingin menangkap esensi dari kehidupan desa yang damai dan tenang dalam sebuah game. Pada 1995 Wada mulai mengembangkan dan merancang Harvest Moon bersama dengan timnya di Marvelous Entertainment. Pada 1996, Harvest Moon dirilis di Jepang untuk konsol SNES dan sukses besar. 

Baca Juga: 5 Game Harvest Moon Terbaik dengan Grafis Berbalut Piksel

2. Sudah ada empat seri Harvest Moon dibuatkan remake

Story of Season: A Wonderful Life (dok. Marvelous/Story of Seasons)

Sebagai franchise yang sudah berusia puluhan tahun, wajar jika beberapa judul lama Harvest Moon dibuat ulang. Harvest Moon pertama yang dibuat remake adalah Back to Nature (1999) lewat Frends of Minetal Town (2003). Lalu, ada Save the Homeland PS2 yang dibuat ulang menjadi Hero of Leaf Valley di PSP. Adapun, dua seri Harvest Moon yang mendapatkan remake terbaru di Story of Seasons adalah Friends of Mineral Town dan A Wonderful Life. 

3. Perubahan nama Harvest Moon menjadi Story of Seasons

Story of Seasons: Trio of Town (dok. Marvelous/Story of Seasons: Trio of Town)

Seri Harvest Moon yang dikenal sekarang sebenarnya disebut Story of Seasons. Perubahan ini terjadi karena hak atas nama Harvest Moon di luar Jepang dimiliki oleh perusahaan Natsume. Saat pengembang aslinya (Marvelous) berpisah dari Natsume, mereka harus menggunakan nama baru, yaitu Story of Seasons. Game Harvest Moon yang dirilis oleh Natsume setelah perpisahan ini bukanlah bagian dari seri aslinya. Inilah yang membuat sebagian orang awam bingung dan mengira game Harvest Moon terbaru masih dikembangkan oleh developer yang sama. 

4. Harvest Moon adalah game yang sangat berpengaruh untuk genrenya

Stardew Valley, game yang terinspirasi Harvest Moon (dok. ConcernedApe/Stardew Valley)

Harvest Moon dikenal sebagai seri game yang mempengeruhi genre simulasi pertanian. Salah satu game tersukses yang terinspirasi Harvest Moon adalah Stardew Valley. Game Stardew Valley meminjam banyak elemen Harvest moon, mulai dari bercocok tanam, tinggal di sebuah desa, dan bersosialiasi dengan warga. Selain itu, gaya gameplay dan simulasi pertanian ala Harvest Moon juga banyak diikuti oleh sejumlah game lainnya. 

Verified Writer

Hilman Azis

I love tech, game, and...movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya