TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Rekomendasi Game Santai Bertema Kucing di Nintendo Switch

Ada game dari studio Indonesia

Little Kitty, Big City (dok. Double Dagger Studio/Little Kitty, Big City)

Ada beragam rupa game kucing di Nintendo Switch, mulai dari yang bergenre petualangan sampai simulasi. Little Kitty, Big City (2024), misalnya, hadir dalam bentuk game santai yang membuat pemainnya bisa merasakan pengalaman menjadi seekor kucing di kota besar di Jepang.

Selain Little Kitty, Big City, ada pula Kitaria Fables, game kucing dari Indonesia bergenre role-playing game (RPG). Dengan tingkat kesulitan yang sedikit lebih menantang dari Little Kitty, Big City, ia menawarkan pengalaman bermain game fantasi dengan sistem sendiri yang cocok untuk mengisi waktu luang. Selengkapnya, coba simak rekomendasi game santai bertema kucing di Nintendo Switch berikut ini. Pastikan kamu bisa menentukan game yang paling pas untuk diri sendiri.

1. Cat Quest II (2019) bisa untuk main berdua

Cat Quest II (The Gentlebros/Cat Quest II)

Cat Quest II (2019) merupakan suksesor Cat Quest (2017) besutan The Gentlebros. Sama seperti pendahulunya, game ini masih mengusung genre action RPG. Perbedaannya, kamu punya pilihan untuk main sendiri atau berdua. Skor ulasannya sejauh ini mirip-mirip. Sejumlah pengulas game memberinya nilai yang baik.

Pemain akan memainkan tokoh hewan berupa Raja Kucing dan Raja Anjing yang terpaksa turun dari takhta mereka. Keduanya kemudian berusaha merebut kembali kerajaan dari tiran. Jika bermain sendirian, pemain akan mengontrol salah satu karakter, sementara komputer mengambil alih karakter lainnya. Pemain bisa berpindah kontrol dari karakter kucing ke anjing secara manual.

Jika bermain berdua, masing-masing pemain bisa mengontrol karakter pilihan. Saat pemain pertama memilih kucing, pemain kedua akan memilih anjing. Keduanya punya kekuatan yang sama sehingga tidak perlu khawatir game berjalan timpang.

2. Little Friends: Dogs & Cats (2019) cocok buat kamu yang ingin memelihara hewan

Little Friends: Dogs and Cats (dok. Fireshine Games/Little Friends: Dogs & Cats

Nintendo cukup sering menawarkan game bertema hewan peliharaan dari berbagai developer. Mereka pun menawarkan di konsol terbaru mereka: Nintendo Switch. Little Friends: Dogs & Cats (2019) hadir untuk gamer yang suka memelihara hewan dalam bentuk digital seperti pada game Nintendogs (2005) yang tersohor.

Game besutan Fireshine Games ini punya gameplay yang mirip seperti kebanyakan game memelihara hewan, terutama Nintendogs. Ini seperti memainkan Tamagotchi dalam bentuk mutakhir. Pemain bisa memelihara anjing dan kucing hingga tiga ekor.

Genrenya, seperti yang sudah bisa ditebak, adalah simulasi dan lifestyle. Game ini cocok sekali untuk kamu yang ingin bermain dengan santai. Sebab, gameplay-nya terbilang sederhana saja.

3. Calico (2020) punya grafik menarik dengan sentuhan warna yang lembut

Calico (dok. Peachy Keen Games/Calico)

Berbeda dengan Cat Quest II, Calico rekaan Peachy Keen Games yang rilis pada 2020 terbilang santai. Ia mengusung genre life simulation. Grafiknya dibuat menarik dengan sentuhan warna yang lembut.

Sayangnya, ulasan-ulasan Calico tidak seragam. Beberapa memang menyukainya, tetapi beberapa justru mengeluhkannya. Sejumlah kekutu (bugs) membuat para pengulas enggan merekomendasikannya.

Meski begitu, Calico tetap laik masuk rekomendasi game kucing di Nintendo Switch. Game ini tidak mengandung kekerasan. Misinya juga melibatkan tugas-tugas sederhana. Ia cocok buat mereka yang ingin keluar dari gaming burnout. Pemain bisa mengontrol karakter yang mewarisi kafe kucing di negeri ajaib penuh warna dan hewan. Pemain juga bisa menjelajahi dunia, mengadopsi hewan, dan memperluas kafe sedemikian rupa.

Baca Juga: 4 Serial Animasi Adaptasi Game MOBA Terbaik, Ada Honor of Kings!

4. .cat (2021) yang simpel dan menggemaskan

.cat (dok. Game Nacional/.cat)

Karena grafiknya, .cat (2021) disebut-sebut sebagai game 2D yang menggemaskan. Mengusung genre platformer sekaligus action adventure, game karya Game Nacional ini bisa dimainkan saat santai. Gameplay-nya memang sederhana, tetapi sedikit menantang.

Pemain diminta untuk mengontrol seekor kucing putih dalam melewati rintangan. Permainannya terbagi ke dalam beberapa tahap. Masing-masing punya rintangan dan lawannya sendiri.

Meski begitu, .cat kurang populer di kalangan gamer, terutama di Nintendo Switch sendiri. Sebab, kesederhanaan game ini tidak jarang malah membuat pemainnya bosan. Karena itu, ia hanya cocok dimainkan sambil lalu, saat waktu santai atau benar-benar luang. Setidaknya, kamu bisa menikmati grafiknya yang menggemaskan.

5. Kitaria Fables (2021) jadi wakil Indonesia dalam daftar game kucing di Nintendo Switch

Kitaria Fables (dok. Twin Hearts/Kitaria Fables)

Beberapa game Indonesia belakangan mampu mendunia. Kitaria Fables (2021) termasuk di dalamnya. Game besutan studio indie Twin Hearts ini bisa dimainkan di beberapa konsol, salah satunya Nintendo Switch.

Sama seperti Cat Quest II, Kitaria Fables juga mengusung genre RPG. Pemain akan berperan sebagai seekor kucing bernama Nyanza. Ia memiliki misi menyelamatkan dunia.

Kitaria Fables dibalut dengan gameplay khusus sebagai pengganti sistem kelas tradisional. Dalam pertempurannya, tiap tombol punya fungsi masing-masing, mulai dari menyerang lawan, menghindari serangan, dan merapalkan mantra. Pemain juga dapat meningkatkan kualitas senjata dan zirah menggunakan bahan-bahan yang diperoleh dari menumpas monster. Pemain bahkan bisa menanam tanaman untuk memulihkan tubuh. Permainannya sendiri sejauh ini telah mendapat ulasan beragam. Ada yang menilainya tinggi, ada pula yang menilainya biasa saja.

6. Cat Cafe Manager (2022) buat kamu yang ingin mengurus kafe sekaligus kucing

Cat Cafe Manager (dok. Roost Games/Cat Cafe Manager)

Sesuai judulnya, Cat Cafe Manager (2022) menjadi game kucing yang menuntut pemainnya untuk mengurus sebuah kafe dan hewan. Saat memainkannya, kamu akan mewarisi sebuah kafe tua di Caterwaul Way. Kamu diminta mengembangkannya menjadi tempat terbaik untuk para penduduk dan kucing liar di sana.

Roost Games mengembangkan game ini dalam balutan genre strategi. Sebagai game indie, ia terbilang menarik untuk dimainkan, terutama di Nintendo Switch. Suasananya yang santai membuat pemain bisa memainkannya sambil rebahan di balik konsol hibrida andalan Nintendo.

Meski begitu, Cat Cafe Manager terbilang medioker. Ia memang laik dimainkan saat santai dengan tawaran grafik dan musiknya yang menarik. Namun, level tantangannya terlalu sederhana. Cat Cafe Manager tidak akan cocok untuk mereka yang membutuhkan sedikit tantangan meski dalam kondisi santai. Tidak heran sejumlah pengulas memberinya nilai di tengah-tengah.

Verified Writer

G.N. Putra

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya