TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Mendapat Palu di Harvest Moon: Home Sweet Home

Berguna untuk menambang

Harvest Moon: Home Sweet Home (dok. Natsume Inc/Harvest Moon: Home Sweet Home)

Sama seperti kapak, palu telah menjadi perkakas populer sejak seri pertama Harvest Moon di Super Famicom, yang juga dikenal sebagai Super Nintendo Entertainment System (SNES), berjudul Harvest Moon (1996). Palu sendiri umumnya berguna untuk memecahkan batu hingga mineral, seperti besi, perunggu, perak, dan emas. Batu ini biasanya berguna untuk membangun atau meningkatkan sesuatu.

Palu kembali hadir di Harvest Moon besutan Natsume Inc terbaru, Harvest Moon: Home Sweet Home (2024). Ia bisa didapatkan pada akhir babak kedua. Kebetulan seri terbaru yang hadir sebagai mobile game di iOS dan Android ini memang terdiri dari beberapa babak permainan.

Coba saja simak uraian berikut agar bisa mendapatkan palu yang berguna untuk keperluan sehari-hari. Caranya sebetulnya terlewat mudah. Meski begitu, kamu perlu strategi terbaik agar bisa mendapatkannya dengan potongan harga yang terbilang oke. Kamu juga mesti mempelajari cara meningkatkan kualitasnya agar bisa digunakan untuk memecahkan batu yang lebih keras.

1. Dapatkan palu seharga 300G dengan melewati setidaknya dua babak permainan terlebih dahulu

Harvest Moon: Home Sweet Home (dok. Natsume/Harvest Moon: Home Sweet Home)

Kapak tua (Old Axe) bisa didapat dengan harga 300G di Victoria's Market di pusat Alba Village, latar tempat Harvest Moon: Home Sweet Home, tepat di samping Andy's Carpentry. Begitu pun dengan palu tua (Old Hammer). Mereka akan hadir setelah kamu melewati setidaknya dua babak permainan berupa tutorial berkebun bersama Willis, salah satu karakter di dalam game.

Kamu sebenarnya bisa segera membeli palu dengan harga normal. Apalagi, kamu akan dibekali uang 500G pada awal permainan. Namun, jika tertarik membelinya dengan harga yang lebih murah, maka kamu bisa menunggu diskon di Victoria's Market pada hari ke-11 musim semi tahun pertama. Harga diskonnya mencapai 200G.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kapak di Harvest Moon: Home Sweet Home

2. Kumpulkan uang untuk membeli palu di Victoria's Market lewat foraging

Harvest Moon: Home Sweet Home (dok. Natsume/Harvest Moon: Home Sweet Home)

Modal 500G pada awal permainan tentu terlalu sedikit untuk membeli perkakas yang dibutuhkan. Harga palu tua di Victoria's Market saja sudah 300G sendiri. Belum lagi kapak dengan harga yang sama. Kamu setidaknya memerlukan 600G untuk membeli kedua perkakas dengan harga normal.

Oleh karena itu, kamu perlu strategi yang pas sejak memulai permainan agar bisa membeli perkakas berikut kebutuhan lainnya. Selain menanam bibit di ladang, cobalah berkeliling ke hutan dan laut di Alba Village. Temukan hasil hutan dan laut, mulai dari berupa jenis jamur hingga berupa jenis tiram, untuk dijual ke kota lewat shipping bin yang tersedia di perkebunan.

Kegiatan mengumpulkan hasil hutan dan laut biasanya disebut foraging. Ini lazim dilakukan dalam farming simulation game seperti Harvest Moon. Foraging sangat berguna pada awal permainan karena hasil panen dan ternak tidak akan berpengaruh saat itu.

Penghasilan dari perkebunan baru akan terasa pada pertengahan game. Sementara, foraging bisa memiliki dampak instan. Selain dijual lewat shipping bin, yang hasilnya baru diterima pada hari berikutnya, mereka juga bisa dijual ke toko-toko di Alba Village. Hasil hutan dan laut yang dijual ke toko-toko itu akan langsung masuk ke kantongmu.

3. Tingkatkan kualitas palu perlahan-lahan setelah setidaknya melewati empat babak permainan

Harvest Moon: Home Sweet Home (dok. Natsume/Harvest Moon: Home Sweet Home)

Palu digunakan untuk memecahkan batu hingga mineral. Pecahan yang dikumpulkan bisa diolah ke bentuk material yang lebih baik. Batu, misalnya, bisa diolah menjadi material stone. Material stone sendiri berguna untuk membangun atau meningkatkan sesuatu.

Meski begitu, tidak semua jenis batu bisa dipecahkan palu tua seharga 300G. Apalagi, mineral yang didapat di tambang. Ini memerlukan jenis palu khusus yang lebih tahan banting.

Kamu perlu meningkatkan kualitas Old Axe yang kamu beli dari Victoria secara berangsur-angsur untuk memecahkan batu yang lebih keras dan berkualitas. Kamu bisa mulai meningkatkan Old Axe menjadi Expert Hammer dengan meminta bantuan Andy di Andy's Carpentry pada akhir babak keempat. Harga jasanya mencapai 1.500G.

Uang saja tentu tidak akan cukup untuk meningkatkan kualitas palu di Andy's Carpentry. Sebab, kamu membutuhkan 10 square lumber dan 5 material stone sebagai pelengkap untuk mengubah Old Axe menjadi Expert Hammer. Kumpulkan saja kayu dan batu sebanyak mungkin setelah membeli kapak dan palu tua pada awal permainan, lalu mintalah bantuan Andy untuk mengolahnya menjadi square lumber dan material stone.

Palu dalam Harvest Moon: Home Sweet Home sendiri bisa mencapai potensi maksimalnya yang dikenal sebagai Harvest Goddess Axe. Namun, peningkatannya ke sana tidak akan bisa dilalui dengan mudah. Cobalah untuk menikmatinya perlahan-lahan saja, mulai dari mengubah Old Axe menjadi Expert Axe, lalu ke tingkatan kualitas palu selanjutnya. Proses peningkatannya mirip. Hanya biaya dan bahannya yang berbeda.

Baca Juga: Cara Membuka Kebun Buah di Harvest Moon: Home Sweet Home

Verified Writer

G.N. Putra

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya