TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

FIFA 18 vs PES 18, Mana yang Lebih Baik Tahun Ini?

Kamu tim FIFA 18 apa PES 18?

redbull.com

Ketika bicara tentang sepak bola pastinya gak akan lepas dari persaingan rival, yang biasa disebut big match atau derby. Rangers vs Celtic, Manchester United vs Manchester City, Real Madrid vs Barcelona hingga Ronaldo vs Messi adalah contoh dari rivalitas yang terjadi di dunia sepak bola.

Sementara jika bicara soal gamenya FIFA 18 vs PES 18 adalah big match yang paling ditunggu setiap tahunnya. Rivalitas diantara EA dan Konami masih tetap berlanjut sampai tahun ini, tidak ada yang dapat menggantikannya.

Kedua developer game raksasa tersebut terus berlomba-lomba mendapatkan hati fans sepak bola di seluruh dunia. Berbagai fitur terus mereka kembangkan demi memanjakan para pemain. Saling mengalahkan, mereka berdua pun memiliki senjatanya masing-masing.

Pertanyaannya, siapakah yang lebih baik tahun ini?

1. Penyajian, lisensi dan roster.

mein-mmo.de

Pertama mari bicara soal penyajian game, pada poin ini FIFA 18 bisa dikatakan unggul telak dibandingkan pesaingnya. Seperti yang kita ketahui, PES memiliki masalah dengan lisensi yang mereka pegang khususnya untuk gamer Xbox.

Karena kamu hanya dapat menginstal fan-made kit pada platform PC dan Playstation. Jadi, buat kamu yang memainkan PES di Xbox kamu harus puas bermain dengan Manchester Red bukan Manchester United.

Sementara FIFA, hampir memiliki lisensi lengkap dari tim dan liga di seluruh dunia, bahkan liga-liga kecilnya sekalipun sehingga kamu memiliki lebih banyak pilihan. Gak cuman itu aja, FIFA juga menyajikan animasi wajah pemain yang lumayan akurat.

FIFA juga telah mengembangkan tampilan interface mereka menjadi lebih tahun ini, jika dibandingkan dengan interface PES yang terlihat flat dan tidak banyak berubah. Poin pertama ini, sepertinya kita harus memberikan 3 poin untuk FIFA 18.

2. Gameplay.

theboxhub.com

Kita masuk ke dalam lapangan di mana peluit sudah ditiupkan dan 90 menit permainan pun dimulai.

FIFA 18

Pada FIFA 18 atmosfir stadion akan terasa lebih megah ketika chant-chant suporter mengisi ruangan bermain kamu. Kamu fans Liverpool? Mungkin akan mengenal chant khas "You'll Never Walk Alone" yang jelas terdengar kala bermain di Anfield, permainan akan sangat terasa lebih nyata.

Shooting dan responsif dribbling merupakan keunggulan dari FIFA 18, ditambah lagi kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda ketika menendang penalti maupun free-kick. Lucunya sekarang, menurut review dari Gamespot pada FIFA 18 kamu akan lebih mudah mencetak gol lewat crossing dan tendangan jarak jauh. Sehingga kamu kan melihat gol-gol cantik.

PES 18

Permainan terlihat begitu memuaskan dan mengesankan, megahnya stadion pun tak kalah dibandingkan dengan FIFA 18. Lewat gameplay ini Gamespot memberikan skor sebesar 8/10, sangat baik walaupun masih ada beberapa kekurangan.

Contohnya adalah ketika kita sedang bertahan, kadang kamu akan merasa heran dengan gerakan pemain yang terkesan aneh. Gak heran kenapa banyak pemain yang kesal ketika kebobolan, tapi jangan dijadikan alasan kalah juga yah.

Pada poin ini FIFA terlihat lebih baik walaupun PES masih tetap memegang tahta "king on the pitch".

3. Game modes.

couriermail.com

Selesai pertandingan kita kembali ke luar lapangan. Bisa dibilang untuk inovasi, FIFA 18 unggul telak dibandingkan PES 18. Itu karena adanya game modes single-player yaitu The Journey dimana Alex Hunter memasuki musim keduanya berpetualang di industri sepak bola.

Inovasi ini pun mendapatkan respon positif dari para pemainnya dan dapat dijadikan sebagai "pembeda" antara FIFA 18 dengan game olahraga lainnya. Manager mode pun dibuat lebih realistik dengan menambahkan beberapa cut-scene terbaru ketika pemain melakukan negosiasi dan fitur release clause yang kali ini sudah tersedia.

Yang cukup menganggu pada manager mode mungkin adalah "pesan spam" yang akan mengisi inbox kamu, mungkin kamu akan bosan membaca template pesan yang sama setiap waktunya. Master League dan Become a Legend sudah menjadi mode unggulan PES dari tahun ke tahun, sampai saat ini pun hampir tidak banyak perubahan selain tampilan interface yang lebih memudahkan para pemainnya.

Selain itu kamu juga akan menemui tantangan baru sebagai manager, kamu akan menganggapi beberapa permintaan pemain dan interaksi antara manager dan pemain akan lebih terasa. Perubahan juga tak banyak terjadi pada game modes online milik kedua game tersebut.

FIFA 18 dengan FIFA Ultimate Team (FUT) dan PES dengan MyClub. Pada fitur online PES lebih unggul dibandingkan dengan FIFA 18, adanya Random Selection Mode dan 3v3 online co-op menjadi alasannya. Bisa dibilang inovasi dari FIFA 18 adalah yang terbaik tapi PES 18 memiliki sensasi permainannya sendiri.

Verified Writer

A. Garuda

Provehito in altum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya