TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fakta The Plucky Squire, Game Gabungan 2D dan 3D yang Unik 

Game platformer yang serupa dengan Astro Bot

kover game The Plucky Squire (dok. Devolver Digital/The Plucky Squire)

Game platformer merupakan salah satu genre yang cukup populer. Dalam game ini, kamu dituntut untuk melewati berbagai macam rintangan menggunakan karakter dalam game tersebut. Kadang dipadukan dengan aksi-aksi seru dan tantangan menarik tergantung dari kreativitas dan inovasi developer.

Astro Bot (2024) merupakan salah satu game platformer yang cukup disukai dan telah dirilis tahun ini eksklusif di PlayStation 5 (PS5). Jika kamu merupakan salah satu di antara pemain Astro Bot, maka wajib mencoba game The Plucky Squire (2024). Game platformer ini telah dirilis pada hari Selasa (17/9/2024) lalu. Apakah game ini layak dimainkan? Yuk, cari tahu bersama dalam artikel ini!

1. The Plucky Squire dikembangkan oleh Devolver Digital, pengembang Katana ZERO

Katana ZERO merupakan salah satu game Devolver Digital yang banyak disukai. (dok. Devolver Digital/Katana ZERO)

Game petualangan aksi ini merupakan hasil kerja sama Devolver Digital selaku developer dan All Possible Futures sebagai penerbit game The Plucky Squire. Jika kamu salah satu pemain dari game Cult of the Lamb (2022) dan Katana ZERO (2019) pasti tak asing dengan developer ini. Devolver Digital merupakan salah satu developer indie terbesar di dunia yang berhasil menciptakan game indie yang berkesan.

Devolver Digital rutin menerbitkan game yang menawarkan gaya seni yang estetik dan unik. Sebelumnya, developer ini telah menerbitkan Sumerian Six (2024), The Crush House (2024), dan Anger Foot (2024). Uniknya, ketiga game tersebut dirilis dalam waktu berjarak satu bulan, lho!

Baca Juga: 7 Game Kirby Terbaik yang Pernah Dibuat, Wajib Coba!

2. Perpaduan konsep 2D dan 3D yang penuh warna

cuplikan gameplay The Plucky Squire (dok. Devolver Digital/The Plucky Squire)

The Plucky Squire memadukan konsep 2D dan 3D dengan visual yang memukau dan penuh warna. Dalam game ini, kamu akan mengendalikan karakter buku cerita bernama Jot yang menyadari bahwa dirinya hanya karakter dalam buku. Karena itu, dia memutuskan untuk keluar dari buku dan memulai petualangannya dalam dunia nyata.

Transisi antara visual 2D pada buku anak dan 3D pada dunia nyata menjadi keunggulan game ini karena menyajikan visual yang indah dan gameplay yang inovatif. Konsep visual 2D pada game ini menghidupkan para karakter melalui warna yang cerah dan desain yang menggemaskan. Penerjemahan konsep 2D ke 3D menjadikannya sebagai salah satu daya tarik game ini.

3. Terinspirasi dari game The Legend of Zelda

cuplikan gameplay The Plucky Squire (dok. Devolver Digital/The Plucky Squire)

Mekanik permainan The Plucky Squire mengingatkan para pemainnya dengan game klasik waralaba The Legend of Zelda. Salah satu judulnya, The Legend of Zelda: A Link Between World (2013), memberikan kontribusi besar dalam pengembangan The Plucky Squire. Selain itu, ada pemain yang mengatakan The Plucky Squire memadukan konsep dari game It Takes Two (2021) dan Toy Story 3: The Video Game (2011).

Pengaruh dari game-game tersebut memberikan kesan nostalgia kepada para pemainnya. Hal itu dikarenakan The Plucky Squire memiliki gameplay yang tak jauh berbeda dengan The Legend of Zelda: A Link Between World. Meski begitu, keunggulan The Plucky Squire terletak pada transisi 2D ke 3D yang menarik.

4. The Plucky Squire hadir di PC dan PlayStation 5

pertarungan dalam The Plucky Squire (dok. Devolver Digital/The Plucky Squire)

Saat artikel ini ditulis, The Plucky Squire mendapat rating 84 dari 62 ulasan di situs Metacritic. Game ini mendapat predikat sangat positif dengan rating sebesar 93% dari 131 ulasan di Steam. Jika kamu merupakan salah satu penggemar The Legend of Zelda, maka harus memainkan The Plucky Squire.

Game ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp245 ribu dan versi Deluxe Edition seharga Rp326 ribu dari diskon 15 persen di Steam. Jika ingin memainkan game ini di PS5, kamu dapat membeli The Plucky Squire seharga Rp429 ribu. Game ini juga dapat kamu mainkan di Nintendo Switch dan Xbox seri X dan S dengan harga 29.99 dolar Amerika Serikat atau Rp460 ribu.

Verified Writer

Binnar Kurnia Ramadhan

Penggila film dan game. Basketball and football is my favorite sport. Kunjungi blog saya yang namanya Mabok Nonton, yah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya