TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game Terbaik yang Terinspirasi oleh Resident Evil

Beberapa disutradarai oleh kreator Resident Evil itu sendiri

Resident Evil (dok. Capcom)

Ketika game pertama Resident Evil dirilis, itu mengubah semuanya. Game tersebut dipuji oleh banyak orang karena perpaduan genre survival dan horornya yang luar biasa. Karenanya, tak mengherankan jika kemudian Resident Evil menginspirasi banyak game lain baik yang mengusung genre survival, horor atau bahkan keduanya sekaligus. Berikut 7 game terbaik yang terinspirasi Resident Evil.

1. Devil May Cry

Game Devil May Cry pertama pada awalnya dikembangkan sebagai Resident Evil 4 sebelum akhirnya tim pengembangan memutuskan untuk mengambil arah yang berbeda. Karenanya, sangat jelas jika Devil May Cry berakhir sebagai game aksi layaknya Resident Evil 4. Selain genre yang sama, Devil May Cry juga berlatar di dunia yang suram seperti halnya Resident Evil 4 dan punya musuh yang tampaknya terinspirasi oleh game horor tersebut.

2. Dead Space

Dead Space memang berlatar di luar angkasa, namun game ini punya karakteristik horor berbasis aksi seperti Resident Evil 4. Terlepas dari fakta bahwa banyak yang menilai Dead Space sedikit lebih berfokus pada sisi horor, tidak dapat disangkal jika game tersebut juga menghadirkan banyak momen aksi. Selain itu, sama seperti Resident Evil 4, Dead Space juga punya sudut pandang kamera third-person.

Baca Juga: 7 Game Resident Evil yang Harus Diremake Setelah Resident Evil 4

3. Dino Crisis

Tidak mengejutkan ketika mengetahui jika Dino Crisis terinspirasi Resident Evil karena game ini dibuat oleh salah satu kreator seri Resident Evil itu sendiri yaitu Shinji Mikami. Dino Crisis menghadirkan dinosaurus alih-alih zombie sebagai ancaman, dan tetap mempertahankan cita rasa horor yang menegangkan. Tidak mengejutkan ketika mengetahui jika Dino Crisis terinspirasi Resident Evil karena game ini dibuat oleh salah satu kreator seri Resident Evil itu sendiri yaitu Shinji Mikami. Dino Crisis menghadirkan dinosaurus alih-alih zombie sebagai ancaman, dan tetap mempertahankan cita rasa horor yang menegangkan. 

4. Parasite Eve

Sebagian besar bagian dari Parasite Eve terasa seperti game Resident Evil namun dengan sistem combat yang dialihkan ke RPG. Game ini punya cerita yang ambisius sekaligus dewasa, membuatnya mudah disukai oleh penggemar Resident Evil. Bagi pemain yang suka dengan game klasik Resident Evil namun butuh sesuatu yang baru pada gameplay-nya, mekanisme yang fresh dari Parasite Eve akan sangat menarik.

5. The Evil Within

Selain Dino Crisis, The Evil Within juga jadi salah satu game yang terinspirasi oleh Resident Evil tidak lain tidak bukan karena disutradarai oleh Shinji Mikami. The Evil Within menghadirkan atmosfer yang mencekam, dan menambahkannya dengan tingkat kesulitan yang terbilang brutal. Pada masanya, game ini juga tampak sangat terinspirasi oleh seri Silent Hill, namun dengan pesona yang dimiliki oleh Resident Evil.

6. Silent Hill

Sangat sulit untuk tidak membandingkan Silent Hill dan Resident Evil mengingat keduanya merupakan dua game seri horor terbesar. Meski tidak ada konfirmasi langsung, kemungkinan besar game pertama Silent Hill mengambil banyak inspirasi dari Resident Evil. Hampir semua mekanisme gameplay yang ada di Resident Evil, bisa ditemukan di Silent Hill meski di beberapa momen, Silent Hill jauh lebih menyeramkan.

Baca Juga: 7 Perbedaan Resident Evil 4 Remake dengan Versi Original

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya