TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game Stealth Paling Berpengaruh di Industri Gaming

Menginspirasi banyak game-game stealth terkini

Tom Clancy’s Splinter Cell (dok. Ubisoft)

Intinya Sih...

  • Alien: Isolation membawa musuh cerdas dengan AI canggih, menjadikan Xenomorph sangat menyeramkan.
  • Batman: Arkham Asylum mempengaruhi mekanisme stealth dengan taktik dan gadget yang digunakan oleh Batman.
  • Assassin's Creed 2 tetap berperan besar dalam perkembangan serinya, khususnya dalam gameplay stealth yang ikonik.

Saat ini, stealth menjadi genre yang umum digunakan oleh game yang menonjol elemen aksi, mulai dari game horor hingga sci-fi. Tak heran, stealth sendiri merupakan salah satu genre paling berpengaruh di industri gaming yang melahirkan banyak mekanisme gameplay baru yang kemudian diadaptasi oleh game-game lain sebagai sumber inspirasi. Penasaran? Berikut daftarnya.

1. Alien: Isolation

Alien: Isolation mungkin game horor pertama yang mengadaptasi pendekatan stealth, namun game ini revolusioner karena membawa musuh yang cerdas. Xenomorph di game ini jadi versi yang paling menyeramkan karena Creative Assembly selaku developer menyematkan AI canggih, sehingga alien ikonik itu bisa mempelajari gerak gerik atau taktik pemain. Karenanya, game ini jauh dari kata mudah untuk dimainkan apalagi ditamatkan.

2. Batman: Arkham Asylum

Selain menjadi game superhero yang apik, Batman: Arkham Asylum juga memberi pengaruh besar terhadap perkembangan mekanisme stealth di industri gaming. Pada game ini, Batman bukanlah superhero yang kebal, melainkan superhero yang mengandalkan taktik dan gadget. Dengan kata lain, pemain dituntut untuk memanfaatkan lingkungan untuk menghabisi anak buah Joker satu per satu secara efektif.

3. Assassin’s Creed 2

Meski bukan game pertama di serinya, Assassin’s Creed 2 tetap berperan besar terhadap perkembangan serinya, mulai dari sistem traversal ala parkour hingga gameplay stealth yang ikonik. DNA serinya memang sempat memudar di beberapa game terbaru, namun stealth masih menjadi salah satu metode yang lebih disarankan untuk pemain ambil dalam menjalankan misi atau menghabisi target.

Baca Juga: 7 Game Stealth dengan AI Paling Pintar

4. Hitman: Codename 47

Hitman: Codename 47 mengajak pemain untuk berpikir layaknya pembunuh bayaran modern. Game ini secara tidak langsung akan menghukum pemain yang tidak bermain secara stealth ketika menjalankan misi, bergerak melewati kerumunan dan menghabisi target. Game ini juga dilengkapi dengan NPC yang bisa “cepu” jika pemain tidak melakukan beberapa langkah aman seperti menyembunyi mayat, menggunakan baju samaran dan banyak lagi.

5. Tom Clancy’s Splinter Cell

Dengan Michael Ironside sebagai pengisi suara Sam Fisher, Tom Clancy’s Splinter Cell yang awalnya akan jadi game James Bond, mengguncang industri gaming dengan gameplay stealth-nya yang luar biasa. Sebagai Sam Fisher, bayangan atau kegelapan menjadi rekan setia pemain ketika bergerak dari satu titik ke titik lainnya , disamping gadget teknologi tinggi untuk membantu pemain mengecoh musuh atau menghabisi target.

6. Metal Gear Solid

Salah satu game yang membuat Hideo Kojima begitu terkenal adalah Metal Gear Solid yang dirilis pada tahun 1998. Pada kala itu, hanya ada sedikit game yang bisa menyamai kualitas sinematik dari game ini, baik dari segi cutscene maupun sudut pandang kamera. Lewat banyak cara, Metal Gear Solid merubah arah berkembangnya industri gaming, entah dari perspektif cerita maupun gameplay.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya