TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game Stealth dengan AI Paling Pintar

Buat gameplay jadi terasa lebih realistis

Hitman 3 (dok. IO Interactive)

Intinya Sih...

  • Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, game lama dengan AI tercanggih pada masanya, melibatkan pakar militer untuk menentukan reaksi musuh terhadap pemain.
  • Hitman 3 menampilkan pencapaian luar biasa dalam urusan AI game, menciptakan AI cerdas yang peka terhadap lingkungan dan merespon keputusan dinamis pemain.
  • The Last of Us Part 2 memiliki elemen stealth penting dan AI cerdas yang membuat musuh manusia memiliki ikatan emosional dengan rekannya, meningkatkan tingkat kesulitan permainan.

Salah satu tantangan terbesar ketika bermain game stealth adalah AI yang dibuat sepintar mungkin agar memberi bumbu tantangan terhadap pemain. Sejak lahirnya genre stealth itu sendiri, AI terus menjadi fokus yang disempurnakan oleh para developer.

AI yang cerdas juga tidak hanya diimplementasikan ke game dengan fokus stealth saja, namun game bergenre lain yang memberi pilihan kepada pemain untuk menyelesaikan misi secara stealth. Berikut daftarnya.

1. Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty

Jika menggunakan standar saat ini, Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty mungkin tidak akan masuk jajaran game stealth dengan AI tercerdas. Namun pada masanya, game garapan Konami ini menjadi salah satu yang dipuji karena kecanggihan AI-nya. Pengembangan game ini bahkan melibatkan pakar militer untuk menentukan bagaimana musuh bereaksi terhadap pemain. Hingga kini, game ini masih dianggap sebagai yang paling berpengaruh untuk genre stealth.

2. Hitman 3

Dari perspektif teknis, terutama Hitman 3, game ini memamerkan pencapaian luar biasa untuk urusan AI di game. Dengan memberi pemain kebebasan untuk menyelesaikan misi dengan cara apapun, game ini menciptakan AI cerdas yang peka terhadap lingkungan sekitar dan dapat merespon keputusan dinamis dari pemain. Hanya ada beberapa game yang punya AI semacam itu dan Hitman 3 menjadi salah satu yang paling sempurna.

3. The Last of Us Part 2

Meski bukan game dengan fokus stealth, elemen stealth di The Last of Us Part 2 punya peran penting terhadap dinamika gameplay-nya dan game ini juga punya AI yang terbilang cerdas. Tidak seperti game lainnya, musuh manusia di game ini punya ikatan emosional dengan rekannya. Membunuh salah satu musuh dapat meningkatkan agresifitas rekannya untuk mencari dan menghabisi pemain, membuat game ini jadi bisa lebih menantang.

Baca Juga: 7 Game Stealth Paling Seru yang Hanya Tersedia di PC

4. Middle-Earth: Shadow of War

AI cerdas yang dimiliki Middle-Earth: Shadow of War diimplementasikan dalam bentuk Nemesis System. Simpelnya, sistem tersebut membuat musuh yang pemain hadapi jadi terasa lebih hidup dan punya karakter. Sistem tersebut meningkatkan mode campaign game ini ke level yang lebih imersif layaknya bermain game online multiplayer. Meski bukan game stealth murni, stealth menjadi salah satu pendekatan yang bisa pemain ambil untuk menghabisi musuh di game ini.

5. Wildfire

Wildfire merupakan salah satu stealth indie paling underrated. Seiring berjalannya permainan dan kemampuan yang terbuka, pemain akan melihat bahwa musuh yang mereka hadapi ternyata lebih adaptif dari yang disangka. AI musuh di game ini dapat menunjukkan beragam respon terhadap tindakan pemain. Mereka bisa diintimidasi untuk kabur, dibujuk ke dalam perangkap, diprovokasi untuk menyerang atau dipaksa untuk mundur.

6. Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain

Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain menonjol dibanding game Metal Gear lainnya karena menghadirkan AI yang adaptif kedalam musuhnya. Pada game ini, respon musuh disesuai secara dinamis berdasarkan tindakan pemain. Jika pemain menghabisi terlalu banyak tentara, pos terdekat akan memperkuat pertahanan mereka. Perilaku adaptif ini memastikan musuh bereaksi secara cerdas terhadap gaya bermain yang dipilih pemain.

7. Echo

Dikembangkan oleh Ultra Ultra, musuh di Echo secara unik akan meniru tindakan pemain. Ketika lampu menyala, musuh AI akan mengamati dan mempelajari setiap gerakan yang dilakukan pemain, mulai dari menembak senjata api hingga melewati rintangan. Di siklus berikut ketika lampu disetel ulang, musuh baru yang dihadirkan akan menggunakan taktik yang telah dipelajari untuk melawan pemain.

 

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game stealth dengan AI paling pintar. Tertarik memainkan salah satu game di atas?

Baca Juga: 7 Game Stealth Sebagai Ninja, Seru!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya