TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game Reboot Terbaik yang Pernah Dirilis Sejauh Ini

Semuanya sukses dan melahirkan banyak sekuel

Wolfenstein: The New Order (dok. MachineGames)

Sejak video game memulai debutnya di awal tahun 1970-an, ada banyak seri game yang muncul dan menghilang. Beberapa masih tetap menghilang sampai saat ini, namun tidak sedikit yang justru dilahirkan kembali dalam kemasan yang lebih modern. Game-game semacam itu disebut sebagai game reboot yang memperkenalkan ulang serinya atau ‘soft reboot’, yang masih tersambung dengan game lain di serinya, namun hadir dengan kisah yang sepenuhnya baru. Berikut 7 game reboot terbaik yang pernah dirilis sejauh ini.

1. Tomb Raider

Bertahun-tahun setelah Tomb Raider: Underworld dirilis dan kurang laku di pasaran, seri Tomb Raider tidak pernah mendapat game baru lagi. Lalu pada 2013, Tomb Raider mendapatkan game baru berjudul ‘Tomb Raider’ yang diposisikan sebagai game reboot. Game ini menceritakan petualangan pertama Lara Croft ketika kapal ia terdampar di pulau yang dikendalikan oleh ratu Jepang yang hilang. Game ini sukses secara komersil dan mendapat banyak ulasan positif.

2. Wolfenstein: The New Order

Wolfenstein dikenal sebagai game klasik di mana pemain menyerang kastil Adolf Hilter. Wolfenstein: The New Order hadir sebagai game reboot yang lebih modern dengan fokus pada cerita, kontrol intuitif dan sistem combat yang memuaskan. Game ini berhasil mengembalikan BJ Blazkowicz dan menceritakan kisah baru yang menarik sembari memperkenalkan konsep baru yang berakhir sesuai dan pas dengan serinya.

3. God of War

Ketika diumumkan bahwa akan ada game reboot God of War, banyak pemain yang bingung bagaimana kisah Kratos di game tersebut. Ternyata, game ini menawarkan kisah penebusan Kratos sembari menghadirkan dunia mitologi Nordik yang tak kalah menarik mitologi Yunani. Selain itu, hubungan antara Kratos dan anaknya – Atreus juga sangat menyentuh hati dan memiliki salah satu sistem combat terbaik di seri God of War.

Baca Juga: Luar Biasa, 7 Game Reboot Ini Selamatkan Franchise yang Sedang Sekarat

4. Resident Evil 7

Resident Evil 7 diposisikan sebagai game soft-reboot yang mengembalikan seri Resident Evil ke akarnya setelah beberapa game sebelumnya terlalu fokus pada elemen aksi. Game ini mengusung perspektif kamera first-person dengan lingkungan yang punya atmosfer mencekam. Resident Evil 7 berakhir menjadi game yang sukses dan kesuksesan tersebut, membuat Capcom jadi berani untuk merilis versi remake dari game-game Resident Evil klasik.

5. Doom

Doom akan selalu dikenal sebagai game FPS klasik yang ikonik, namun di sisi lain, juga dikenal karena game remake atau reboot-nya yang dirilis pada 2016. Dengan judul yang sederhana yaitu ‘Doom’, game ini mempertahankan estetika dari game aslinya, termasuk soundtrack yang luar biasa dan sistem combat dengan pace cepat. Meski tidak memperkenalkan cerita yang sepenuhnya baru, Doom tetap berhasil memikat pemain veteran maupun baru.

6. Hitman

Hitman merupakan salah satu seri game stealth terpopuler sepanjang masa yang di soft reboot pada 2016 lewat game berjudul ‘Hitman’. Selain memulai ulang seri Hitman, game ini juga memulai trilogi baru untuk kisah Agent 47. Visualnya jadi lebih baik dan mekanisme stealth-nya juga lebih disempurnakan. Selain itu, game ini juga memiliki lebih banyak cerita, terutama hubungan menarik dari Agent 47 dan Diana.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya