TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game Post-Apokaliptik Paling Realistis yang Pernah Dibuat

Beri gambaran nyata dari dunia pasca kiamat

The Long Dark (dok. Hinterland Studios)

Intinya Sih...

  • The Division 2 menawarkan realisme latar post-apokaliptik dengan detail kota Washington DC yang akurat dan ikonik.
  • The Walking Dead menyajikan karakterisasi dan beban emosional untuk menggambarkan kondisi manusia di tengah-tengah wabah zombie.
  • This War of Mine memberikan gambaran rasanya menjadi warga sipil di negara yang sedang dilanda perang dengan bijak.

Dunia pasca kiamat atau post-apokaliptik merupakan latar waktu dan tempat yang umum di game, di mana latar tersebut menawarkan gambaran mengenai bagaimana jika dunia hancur dan hanya dihuni oleh segelintir makhluk hidup.

Beberapa game post-apokaliptik memang menambahkan elemen-elemen yang tidak masuk akal, namun tidak sedikit yang tetap berpegang teguh pada unsur realistis untuk menghasilkan pengalaman gameplay yang lebih nyata. Game apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. The Division 2

Sesuai namanya, The Division 2 merupakan sekuel dari The Division. Game looter shooter ini berlatar di kota Washington DC, di mana virus rekayasa genetik membuat ibukota Amerika Serikat itu menjadi terbengkalai. Realisme pada latar post-apokaliptik game ini terletak pada lokasinya. Game ini menciptakan kota Washington DC dengan sangat detail, lengkap dengan monumen atau lokasi ikonik di dunia nyata seperti White House, Washington Monument, Capitol Building dan banyak lagi.

2. The Walking Dead

The Walking Dead merupakan game garapan Telltale Games yang mengadaptasi seri komik dengan judul yang sama. Game ini mengusung gameplay cerita berbasis pilihan pemain untuk menciptakan cerita yang imersif dan emosional di dunia yang dipenuhi oleh zombie. Wabah zombie di game ini mungkin bukan contoh yang paling realistis, namun game ini dengan apik menyajikan karakterisasi dan beban emosional untuk menggambarkan kondisi manusia di tengah-tengah wabah zombie dengan realistis.

3. The Long Dark

The Long Dark merupakan game survival di mana bencana geomagnetik menjerumuskan dunia ke dalam musim dingin permanen. Game ini menggunakan aspek bertahan hidup yang mendalam (seperti mengontrol kalori dan suhu tubuh) dan menantang untuk menggambarkan contoh realistis dari tema post-apokaliptik itu sendiri. Bencana yang membuat dunia mengalami perubahan iklim ekstrim di game ini juga bukanlah sesuatu yang tidak realistis, mengingat dunia pernah mengalami Zaman Es.

Baca Juga: 7 Developer Aktif yang Masih Belum Merilis Game Setelah 2020

4. This War of Mine

This War of Mine menjadi salah satu game yang dengan sempurna memberikan gambaran mengenai bagaimana rasanya menjadi warga sipil di negara yang sedang dilanda perang. Latar game ini punya semua yang dibutuhkan oleh game post-apokaliptik, dengan penambahan elemen warga sipil yang mencoba terus hidup di tengah-tengah konflik. This War of Mine menangani tema sensitif yang diusungnya dengan bijak, namun di sisi lain tetap bisa memberikan pengalaman bermain yang tak terlupakan.

5. Plague Inc: Evolved

Plague Inc: Evolved merupakan game yang memadukan elemen strategi dan simulasi untuk menciptakan pengalaman bermain yang unik sekaligus menarik. Pada game ini, pemain punya misi untuk menciptakan virus yang nantinya bakal berujung pada kiamat. Contoh paling nyata dari realisme di game ini datang dari bagaimana virus di game ini bisa menyebar dengan sangat cepat seperti halnya virus di dunia nyata. Jika pemain kurang tertarik membuat virus, ada mode yang memungkinkan pemain untuk menyelamatkan populasi dari virus itu sendiri.

6. Rust

Rust merupakan game yang sangat populer di kalangan pemain yang menggemari game survival hardcore. Sebagaimana game survival pada umumnya, pada game ini, pemain bisa membangun markas, mengumpulkan senjata dan melucuti pemain lain untuk mengambil item-item mereka. Game ini dengan cerdik memberikan gambaran dari bagaimana manusia sebenarnya berinteraksi, seandainya kiamat melanda dunia. Pada game ini, kebanyakan pemain memilih untuk bertarung alih-alih bersekutu, karena sulit untuk mempercayai siapapun.

7. Project Zomboid

Project Zomboid merupakan game simulasi survival bertema zombie yang menjadi hits dalam beberapa tahun terakhir. Meski mengusung perspektif isometrik yang simpel, game ini tetap membawa mekanisme gameplay survival yang kompleks layaknya game survival lainnya. Zombie mungkin bukan bagian paling realistis di game ini, namun lapar, haus, suhu, penyakit, listrik, bahan bakar, edukasi dan banyak lagi yang membuat game ini terasa seperti game simulasi kehidupan, namun dengan tambahan zombie sebagai tantangannya.

 

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game post-apokaliptik paling realistis yang pernah dibuat. Tertarik menjajal game-game di atas?

Baca Juga: 7 Game Sci-Fi Terbaik Garapan Capcom, Ada Mega Man!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya