TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game Populer yang Ternyata Digarap oleh Sutradara Hollywood

Ada James Wan, Steven Spielberg hingga J.J. Abrams

Guillermo del Toro di Death Stranding (dok. Kojima Productions)

Sutradara Hollywood merupakan salah satu yang paling kreatif di industri hiburan. Meskipun begitu, terlepas dari fakta bahwa mereka telah melahirkan banyak film-film luar biasa, tidak sedikit yang ikut ambil bagian dalam pengerjaan video game. Beberapa terlibat sebagai penulis naskah atau aktor dan tidak sedikit yang hanya mengerjakan konten seperti trailer atau animasi pendek dari suatu game. Berikut 7 di antaranya.

1. James Wan – Dead Space

James Wan merupakan salah satu sutradara film horor terkenal yang membuat film-film horor kenamaan seperti The Conjuring dan Insidious. Pada 2008 silam, Wan menyutradarai trailer untuk Dead Space yang berjudul “Loved Ones”. Trailer tersebut tayang perdana di E3 2008 dan punya gaya sinematografi khas Wan. Melalui press release, Wan juga mengatakan bahwa ia tertarik untuk terlibat dalam pengembangan Dead Space setelah melihat gameplay-nya.

2. Guillermo Del Toro – Death Stranding

Guillermo Del Toro menjadi salah satu sosok paling kreatif di industri perfilman, melahirkan film-film dengan visual unik seperti Pan’s Labyrinth da The Shape of Water. Pada The Game Awards 2016, ia muncul dalam trailer game garapan Hideo Kojima – Death Stranding. Banyak yang mengira jika ia terlibat dalam pengembangan game tersebut, namun ternyata ia tak lebih dari sekedar memerankan karakter bernama Deadman di Death Stranding.

Baca Juga: 5 Game yang Pernah Dianggap Meniru Game Lain, Termasuk MLBB!

3. Steven Spielberg – Medal of Honor

Steven Spielberg merupakan sutradara senior yang kualitas film-filmnya tidak perlu diragukan lagi. Pada 1995 silam, Spielberg mendirikan studio pengembangan game yang diberi nama Dreamworks Interactive. Lewat studio yang didirikannya, ia menciptakan game Perang Dunia II berjudul Medal of Honor. Pengembangan game tersebut sempat menuai kontroversi, di mana banyak pihak yang mengkritik judul dan isi konten dari game tersebut.

4. Michael Bay – Need for Speed: The Run

Setiap sutradara selalu memiliki ciri khas dan ciri khas Michael Bay adalah ledakan dan permainan kamera yang bombastis. Hingga kini, Bay memang belum mendapatkan Oscar namun karyanya selalu menjadi yang ditunggu-tunggu penonton. Pada 2011 silam, Bay juga sempat menyutradarai trailer untuk Need for Speed: The Run yang menampilkan permainan kamera dan efek ledakan ala Bay yang sangat khas.

5. Eli Roth – Dark Souls 3

Dark Souls merupakan salah satu seri game ternama yang ikut mempopulerkan genre “soulslike” ke lebih banyak pemain. Pada 2016 silam, sutradara film kenamaan yaitu Eli Roth berkesempatan untuk menyutradarai animasi pendek untuk perilisan Dark Souls 3. Animasi pendek itu berjudul “The Witches” dan menampilkan seorang ksatria di semesta Dark Souls yang menemui nasib buruk setelah bertemu dengan penyihir.

6. James Gunn – Lollipop Chainsaw

Sebelum menyutradarai trilogi Guardians of the Galaxy, James Gunn sempat terlibat sebagai penulis untuk film Scooby-Doo dan Dawn of the Dead. Pada 2012 silam, Warner Bros. mendekati Gunn dan mengatakan bahwa ada kesempatan untuknya terlibat dalam proyek rahasia bersama Goichi Suda. Proyek tersebut berakhir menjadi Lollipop Chainsaw di mana Gunn diberi kendali penuh untuk mengerjakan naskah game tersebut.

Baca Juga: 7 Game yang Mengunci Ending Aslinya di DLC Berbayar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya