TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unik, Ini 7 Game Horor Terbaik dengan Perspektif Kamera Isometrik

Nomer 5 menuai banyak kontroversi

Hatred (dok. Destructive Creations)

Intinya Sih...

  • Dead State: Reanimated adalah game horor pasca kiamat dengan fokus pada gameplay dan manajemen persediaan.
  • Stasis menghadirkan nuansa sci-fi futuristik dengan cerita misterius di kapal luar angkasa.
  • Gorky 17 adalah game RPG horor survival dengan elemen point-and-click dan combat berbasis giliran.

Pada dasarnya, ada segudang sub-genre di genre horor yang begitu populer di industri gaming. Meski kebanyakan sub-genre berbeda dalam bentuk pendekatan horor yang diusung seperti horor survival dan horor psikologis, tidak sedikit yang justru berbeda karena perspektif kamera.

Selain first-person dan third-person yang sangat mainstream, ternyata ada banyak game horor yang menggunakan perspektif kamera isometrik yang unik namun di sisi lain tetap bisa memberikan kesan mencekam lewat caranya sendiri. Berikut daftarnya.

1. Dead State: Reanimated

Dirilis pada 2015, Dead State: Reanimated merupakan rilisan ulang dari Dead State yang meluncur satu tahun sebelumnya. Game ini berlatar dunia pasca kiamat yang diambil alih zombie. Meski visualnya bukan yang paling memanjakan mata, game ini lebih menonjolkan gameplay-nya. Ada banyak karakter menarik yang bisa bergabung kedalam kelompok pemain dan selain combat, game ini juga berfokus pada mengelola persediaan, memaksa pemain untuk membuat keputusan tentang bagaimana membagi perbekalan ke tiap anggota kelompok.

2. Stasis

Stasis berlatar di dunia futuristik yang kental akan nuansa sci-fi. Pada game ini, pemain berperan sebagai protagonis misterius bernama John yang baru saja terbangun dari tidur kriogenik. Pasca terbangun di Groomlake (kapal luar angkasa yang jadi latar utama game ini), ia menyadari jika seluruh kru telah mati. Meski John perlahan akan mengungkap cerita dibalik apa yang terjadi di kapal tersebut lewat catatan dari kru yang telah mati, Groomlake tetap jadi yang paling bersinar dari game garapan Brotherhood Games ini.

3. Gorky 17

Gorky 17 merupakan game klasik yang dirilis pada 1999 dan juga dikenal sebagai Odium di pasar Amerika Utara. Secara garis besar game ini merupakan game RPG, namun dengan banyak elemen horor survival. Game ini mengajak pemain untuk bergabung dengan sekelompok kecil agen NATO yang ditugaskan untuk mengungkap misteri di balik makhluk mengerikan yang muncul di dekat bekas pangkalan militer Soviet. Game ini mengusung dua gaya gameplay utama yaitu point-and-click dan combat berbasis giliran.

Baca Juga: Daftar 7 Game Horor Mengerikan yang Berlatar Abad Pertengahan

4. Death Trash

Death Trash merupakan game horor RPG imersif yang langsung mengajak pemain untuk membuat karakter mereka sendiri sedari awal. Game ini menyambut pemain dengan fasilitas mengerikan yang dipenuhi robot android futuristik yang memberi tahu mereka bahwa pemain kini merupakan mantan warga dari masyarakat yang pernah mereka huni dan dipaksa untuk pergi. Pemain kemudian bertemu dengan Fleshkraken yang menyuruh pemain untuk mencari lebih banyak teman di dunia Death Trash yang kejam.

5. Hatred

Hatred merupakan game horor, namun yang tidak biasa. Alih-alih mengambil peran karakter baik yang harus mengalahkan karakter jahat, game ini malah menempatkan pemain kedalam peran seorang pembunuh keji yang terus menerus mencari korban untuk dihabisi. Karakter pemain diceritakan mengamuk dan bersikap kejam karena kebenciannya terhadap umat manusia. Hatred mengusung mekanisme gameplay shoot-em-up dalam balutan visual hitam putih yang akan beralih ke perspektif isometrik ketika cutscene sinematik atau eksekusi brutal.

6. Sanitarium

Sanitarium merupakan horor psikologis klasik di mana pemain berperan sebagai pria misterius yang terbangun dari koma pasca kecelakaan mobil. Tidak yakin sedang berada dimana dan siapa ia, karakter pemain kemudian menemukan fakta bahwa ia dirawat di sanatorium yang kumuh. Disana, ia dipanggil “Max” karena penghuni lain juga tidak mengetahui identitas aslinya. Sanitarium pada dasarnya adalah game point-and-click dengan gameplay yang berfokus pada eksplorasi dan puzzle.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya