TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game Adaptasi Film yang Berakhir Dilupakan

Banyak yang gagal sesukses filmnya

Wanted: Weapons of Fate (dok. Grin)

Ketika berbicara mengenai game adaptasi film, ada sangat banyak game semacam itu yang dirilis dalam beberapa dekade terakhir. Game-game seperti Mad Max, GoldenEye 007 dan Alien: Isolation menjadi beberapa contoh dari game adaptasi film yang sukses, sama seperti filmnya.

Sayangnya, tidak semua game adaptasi film seperti itu di mana banyak juga yang malah berakhir dilupakan. Berikut beberapa di antaranya.

1. R.I.P.D. The Game

Bukan rahasia umum lagi jika film R.I.P.D. yang tayang pada 2013 merupakan film yang gagal. Mencoba untuk meniru konsep ‘buddy cop’ seperti seri Men in Black, film yang dibintangi Ryan Reynolds dan Jeff Bridges itu gagal total. Yang menarik, film tersebut sempat mendapatkan adaptasi game yang dirilis dua hari sebelum filmnya tayang di bioskop. Hasilnya tak jauh berbeda dengan filmnya, di mana R.I.P.D. The Game juga sama-sama gagal.

2. Platoon

Film Platoon karya Oliver Stone dianggap sebagai salah satu film perang terbaik yang pernah dibuat. Menyajikan penggambaran Perang Vietnam yang brutal, film yang tayang pada 1986 itu berhasil menyabet Oscar dalam kategori Best Picture. Menyusul kesuksesan itu, Platoon mendapatkan adaptasi game. Ada dua game adaptasi Platoon di mana yang pertama dirilis satu tahun setelah filmnya tayang dan yang kedua diluncurkan pada 2002.

Baca Juga: 7 Game yang Mengunci Ending Aslinya di DLC Berbayar

3. Reign of Fire

Reign of Fire merupakan film yang punya banyak potensi. Dibintangi oleh Christian Bale dan Matthew McConaughey, film tersebut berpusat pada umat manusia yang berusaha selamat dari kiamat naga. Di tahun yang sama, film tersebut juga mendapatkan game adaptasi. Memungkinkan pemain untuk bermain sebagai manusia atau naga, game Reign of Fire menawarkan gameplay yang cukup bagus, namun sama seperti filmnya, berakhir dilupakan.

4. Rango

Gore Verbinski merupakan sutradara Hollywood yang bertanggung jawab untuk tiga film Pirates of the Caribbeans dan remake The Ring. Pada 2011, ia menyutradarai film animasi berjudul Rango. Selain meraih piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature, Rango juga meraih keuntungan hingga ratusan juta dollar. Di tahun yang sama, Rango juga mendapat game adaptasi yang dikembangkan oleh developer asal Canada yaitu Behavior Interactive.

5. Fight Club

Fight Club merupakan film garapan David Fincher yang diakui secara global sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat, meski di awal sempat dikritik dan gagal ketika tayang di bioskop. Pada 2004 silam, film tersebut diadaptasi ke dalam bentuk game dengan judul yang sama oleh Genuine Games. Sayangnya, game fighting dengan gameplay seperti Tekken itu gagal menarik minat penikmat filmnya.

6. Independence Day

Dari sekian banyak film yang disutradarai oleh Ronald Emmerich, Independence Day yang tayang pada 1996 menjadi yang paling ikonik. Film tersebut sukses besar dan seperti banyak film sukses pada kala itu, Independence Day juga mendapat adaptasi game. Game Independence Day dikembangkan oleh Radical Entertainment dan merupakan game simulasi terbang yang berakhir banyak dikritik karena dinilai terlalu repetitif.

Baca Juga: 7 Game Zombie Baru Paling Ditunggu Kehadirannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya