TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Game AAA yang Dibuat dengan Budget Mepet, Tapi Berkualitas!

Semuanya berakhir sukses!

Hitman 3 (dok. IO Interactive)

Dengan skala cerita dan teknologi dalam pengembangannya yang semakin besar, budget game AAA juga ikut membengkak dan tak jarang setara dengan biaya pembuatan film blockbuster Hollywood. Beberapa contohnya adalah Cyberpunk 2077 dan Red Dead Redemption 2 yang menelan biaya pengembangan masing-masing mencapai US$313 juta dan US$540 juta.

Meskipun begitu, tidak semua game AAA dikembangkan dengan budget yang masif, di mana ada beberapa yang justru tidak menelan biaya pengembangan yang banyak. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Horizon Zero Dawn – US$49 juta

Mengingat game eksklusif PlayStation lainnya seperti Marvel’s Spider-Man menelan biaya hingga US$100 juta dan sekuelnya yaitu Horizon Forbidden West menghabiskan uang US$212 juta, biaya pengembangan Horizon Zero Dawn terbilang sangat rendah. Dengan visual, variasi musuh, karakter dan desain dunianya, sulit dipercaya jika budget game ini tidak setinggi itu. Biaya pengembangan game rilisan 2017 ini bahkan sama seperti Killzone 2 yang rilis pada 2009.

2. Control – US$33 juta

Control terasa seperti game AAA dengan budget tinggi terlebih dengan semua elemen uniknya, kualitas visual yang memukau dan cerita yang kompleks. Faktanya, biaya pengembangan game ini sangat rendah dan membuktikan jika Remedy mampu meracik game istimewa dengan dana terbatas. Pada game ini, pemain berperan sebagai Jesse Faden yang berusaha mengungkap misi di dalam gedung Federal Bureau of Control.

Baca Juga: 5 Game AAA Nintendo Switch yang Akan Rilis di Tahun 2023, Apa Saja?

3. Detroit: Become Human – US$33 juta

Game eksklusif PlayStation lainnya yang ternyata hanya menelan biaya pengembangan sedikit adalah Detroit: Become Human. Game ini menghabiskan dana sedikit lebih tinggi dari game-game Quantic Dream sebelumnya yaitu Heavy Rain (US$22 juta) dan Beyond Two Souls (US$27 juta). Budget pengembangan game ini mengejutkan mengingat aktor dan aktris Hollywood seperti Clancy Brown, Lance Henriksen dan Jesse Williams tampil di dalam game ini.

4. Borderlands 2 – US$30 juta

Borderlands 2 menjadi contoh sempurna bahwa biaya pengembangan yang tinggi tidak selalu menghasilkan game yang sukses. Game ini menelan biaya pengembangan US$110 juta lebih rendah dari Borderlands 3 yang terbilang gagal. Di luar itu, game ini juga mengalahkan beberapa game FPS lainnya yang rilis di 2012. Borderlands 2 punya kualitas yang meningkat dibanding game sebelumnya dan memperkenalkan musuh utama ikonik, Handsome Jack.

5. BioShock – US$25 juta

Meski hanya dikembangkan dengan biaya sedikit, BioShock tetap berhasil menjadi salah satu game horor paling berpengaruh sepanjang masa. Game ini menetapkan standar baru untuk game AAA terutama yang bergenre FPS pada 2007 dan kala itu, tidak ada game yang punya latar, cerita dan mekanisme gameplay sebagus BioShock. Sebagai perbandingan, Stranglehold menelan biaya US$30 juta namun tidak sesukses game ini.

6. Hitman 3 – US$22,5 juta

Banyak yang mengira jika Hitman 3 akan menghabiskan banyak uang untuk pengembangannya padahal pada faktanya, biaya pengembangan game ini kurang dari US$25 juta. Meski rendah, game ini tetap sukses dalam menyajikan misi pembunuhan terbaik di lokasi yang menarik pula. Semua misi dan lokasi dari game garapan IO Interactive ini terasa seperti di film-film Mission Impossible, namun dengan budget yang lebih rendah.

Baca Juga: 7 Game AAA dengan Durasi Gameplay Terpendek

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya