TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 DLC Ekspansi Terbaik dari Era Xbox 360

Mulai dari DLC ekspansi untuk Battlefield hingga Fallout

Far Cry 3: Blood Dragon (dok. Ubisoft)

Intinya Sih...

  • DLC ekspansi adalah dukungan developer untuk game dengan konten baru dan cerita yang besar
  • Battlefield Bad Company 2: Vietnam menambahkan mode multiplayer dan senjata dari perang Vietnam
  • Fallout New Vegas: Old World Blues menawarkan loot, humor, dan wilayah menarik untuk dijelajahi

DLC ekspansi menjadi salah satu dukungan yang diberi oleh developer untuk terus menghidupkan game rilisan mereka. Tidak seperti DLC biasa, DLC ekspansi biasanya mengusung konten atau cerita baru dengan skala yang tak kalah besar dari game utamanya.

DLC ekspansi sudah ada sejak lama, namun era Xbox 360 dianggap sebagai era yang tidak hanya memulai mainstream-nya DLC ekspansi, tapi juga membuat konten pasca rilis itu impresif lewat caranya sendiri. Berikut 7 DLC ekspansi terbaik di era Xbox 360.

1. Battlefield Bad Company 2: Vietnam

Battlefield Bad Company 2 punya mode campaign yang luar biasa namun alasan banyak orang memainkan game ini adalah mode multiplayer-nya. Mode itu dirilis dalam bentuk DLC ekspansi bernama Battlefield Bad Company 2: Vietnam yang dibuat untuk menciptakan ulang game klasik Battlefield: Vietnam. DLC ekspansi ini menambahkan berbagai senjata dari perang Vietnam dan sejumlah map dari game rilisan tahun 2004 itu.

2. Halo 3: ODST

Sebelum sepenuhnya move on dari seri Halo, Bungie ditugaskan untuk dua game Halo baru. Salah satu diantaranya adalah Halo 3: ODST, game (atau yang juga sering dianggap sebagai DLC ekspansi terpisah untuk Halo 3) berdurasi 6 sampai 8 jam yang mengajak pemain untuk bermain sebagai prajurit ODST, alih-alih prajurit SPARTAN. Halo 3: ODST punya cerita yang luar biasa dan beberapa soundtrack terbaik di serinya.

3. Fallout New Vegas: Old World Blues

Apa yang membuat Fallout New Vegas: Old World Blues luar biasa adalah DLC ekspansi ini lebih condong ke loot alih-alih cerita. Pada DLC ekspansi ini, pemain disajikan dengan wilayah yang dipenuhi denagn berbagai tempat menarik untuk dijelajahi dan hadiah menarik untuk ditemukan. Selain itu, Old World Blues juga sangat lucu dari awal hingga akhir dan tidak mengorbankan cerita yang berusaha disampaikan.

Baca Juga: 7 Game yang Mengunci Ending Aslinya di DLC Berbayar

4. Elder Scrolls V: Skyrim – Dragonborn

Di saat DLC ekspansi sebelumnya yaitu Dawnguard berakhir mengecewakan, Dragonborn menawarkan segudang konten baru untuk pemain di dunia yang juga baru. Pulau Solstheim diposisikan sebagai latar tempat utama DLC ekspansi Elder Scrolls V: Skyrim ini, sama seperti DLC ekspansi Bloodmoon untuk Morrowid. Selain musuh baru, game ini juga menghadirkan kisah baru mengenai Miraak, Dragonborn pertama dan hubungannya dengan Hermaeus Mora.

5. Far Cry 3: Blood Dragon

Untuk beberapa aspek, Blood Dragon menawarkan pengalaman yang lebih seru dari Far Cry 3. Hal tersebut tak lepas dari fakta bahwa DLC ekspansi ini punya tema ala film aksi tahun 80-an, lengkap dengan protagonis baru dan keren bernama Rex “Power” Colt. Sama seperti game utamanya, game ini berlatar di pulau yang bebas untuk dijelajahi dan membawa desain level yang tidak dieksekusi dengan baik di game utamanya.

6. Fallout 3: Point Lookout

Fallout 3: Point Lookout merupakan DLC ekspansi menyeramkan yang latar tempat utamanya ditutupi oleh kabut tebal yang menyembunyikan banyak ancaman dibaliknya. Fallout bukan seri yang familiar dengan tema supernatural namun DLC ekspansi ini, mencoba untuk menjajal tema tersebut tapi di tingkatan yang tepat sehingga dapat meninggalkan pengalaman yang berkesan. Dibanding DLC ekspansi lainnya untuk Fallout 3, Point Lookout jadi yang paling wajib dicoba.

7. Red Dead Redemption: Undead Nightmare

Red Dead Redemption: Undead Nightmare berhasil merubah game koboi melankolis menjadi game menyenangkan dengan zombie untuk dihabisi. DLC ekspansi ini benar-benar merubah game utamanya hingga di titik melakukan perubahan di banyak elemen. Selain itu, Undead Nightmare juga menawarkan banyak konten yang sepadan dengan harganya seperti cerita baru, mode horde, senjata baru, musuh baru dan banyak lagi.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa DLC ekspansi terbaik di era Xbox 360. Pernah memainkan salah satu DLC ekspansi di atas?

Baca Juga: 7 DLC Tersulit dari Game Soulsborne, Ada DLC Elden Ring!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya